Sekian Kuliner Ponorogo Wajib Dicobain, Biar nggak Cuman Tahu Satenya saja

05 October 2018, at 15:15
0
0
Sekian Kuliner Ponorogo Wajib Dicobain, Biar nggak Cuman Tahu Satenya saja

Kuliner Ponorogo memiliki ciri khas menarik dengan sejuta rasa. Dari cara penyajian hingga bumbu dasar yang dimasak cukup istimewa. Bikin siapapun saja yang datang berkunjung ke kota Reog ingin terus kembali.

Eits, tapi tahu kah kamu kalau ada mitos tersembunyi tentang satu kuliner di Ponorogo?  Ada yang bilang kalau makan satu mangkuk kuliner ini bisa mendatangkan jodoh secara cepat. Waduh, kira-kira kuliner yang mana ya? Simak saja yuk,

1. Rujak Petis Welirang

rujak petis welirang
transkurir.com

Kalau Kota Pahlawan, Surabaya terkenal dengan rujak cingur dengan bumbu petis hitam dan hidung sapi. Ternyata kota Reog ini juga memiliki rujak khas dengan bumbu yang mirip dengan rujak cingur.

Hanya saja isiannya yang berbeda. Kalau rujak cingur Surabaya berisikan cingur sapi potong. Kalau rujak petis welirang berisikan kikil atau daging sapi yang sudah direbus hingga empuk. Jadi kamu nggak perlu khawatir bakal menggigit kikil sapi alot yang bikin gusi gigi ngilu. 

rujak petis welirang
instagram.com/yogie_art_salon_

Disajikan menggunakan daun pisang sebagai alas makanannya. Kerupuk puli, lontong, sayur rebus, dan timun iris. Cocok banget dimakan saat siang hari.

Pesan saja, rujak petis welirang dengan ulekan tujuh cabai agar pedasnya lebih merasa di lidah. Tenang saja, nggak perlu khawatir perut sakit karena kepedasan. Ada minuman cincau hitam segar yang selalu dijual di penjual rujak Ponorogo.

Harganya juga merakyat banget loh, hanya lima ribu rupiah. Enaknya menikmati satu bungkus daun pisang rujak petis di bawah pohon yang rindang dengan minuman es yang melegakan tenggorokan. Wah, bikin berliur terus nih.

Berlokasi di : Jalan Pacar, Tonatan, Ponorogo.

Buka dari : 09:00-18:00 Wib.

2. Sego Tahu

sego tahu
instagram.com/hendysanjaya888

Sego Tahu dalam bahasa Indonesia artinya adalah nasi tahu. Tapi kalau di Ponorogo sego juga berarti lontong. Karena memiliki bahan dasar yang sama yaitu beras.

Masakan khas yang satu ini terbuat dari telur yang telah digoreng dalam keadaan setengah matang.

sego tahu ponorogo
instagram.com/zainmaftukhin

Kemudian telur tersebut dipotong-potong sebelum disajikan kepada pelanggan. Lalu, dimasukan ke dalam sepiring nasi atau lontong yang sudah disiapkan sebelum menabur bawang goreng, kacang goreng, dan seledri. Isiannya memang sederhana sekali. Itulah yang menjadi ciri khas kota Ponorogo yang juga sederhana.

Untuk kuahnya sendiri diracik dari kecap manis kental dengan campuran cuka dan air. Memang disajikan sedikit, hanya untuk menambah rasa tahu putih gorengnya saja.

Saat pertama kali masakan ini diantarkan ke tangamu, mungkin kamu akan merasa makanan ini mirip dengan Tahu Gimbal dari Semarang. Bedanya Sego Tahu punya potongan telur yang gurih. Harga satu piring hanya lime ribu rupiah.

Berlokasi di : Jalan Soekarno-Hatta no.275, Ponorogo.

Buka dari : 09:00-habis.

3. Es Dawet Jabung

es dawet jabung
beritamagetan.com

Konon katanya, kalau meminuman semangkuk mungil es dawet jabung bisa cepat mendatangkan jodoh loh. Mungkin karena minumannya yang mempunyai rasa manis dan menghilangkan haus seketika. Jadi bisa membuat aura orang yang meminumnya langsung kembali positif.

Selain itu juga dawet jabung sangat erat kaitannya dengan legenda warok Suromenggolo yang sudah terkenal memiliki kekuatan yang sakti mandraguna.

es dawet jabung ponorogo
beritamagetan.com

Sampai saat ini, minuman khas yang menyegarkan tersebut masih banyak dijual di daerah Alun-Alun Ponorogo. Tanpa meninggalkan cerita mitos dibaliknya, banyak penjual yang sampai hari ini masih mempertahankan rasa dan isian yang hampir sama.

Berisikan dewet jabung dengan tape ketan hitam, dawet yang terbuat dari tepung aren, dan irisan nangka yang manis.

Harga setiap mangkuk kecil dawet jabung hanya lima ribu rupiah saja. Pasti seru ya, menikmati menu es menyegarkan di tengah cerahnya sore hari.

Berlokasi di : Jalan Taman Pd.Jati no.D7, Geluran, Taman.

Buka dari : 09:00-17:00 Wib.

Baca juga: 10 Makanan Khas Pacitan Dengan Citarasa Khas, Ngangenin!

4. Es Janggelan

es janggelan ponorogo
instagram.com/solofoodgram

Es jagelan di Ponorogo ini terbuat dari potongan daun jagelan kering yang sudah dimasak terlebih dahulu menjadi agar-agar yang kenyal. Daun janggelan memang terkenal dengan khasiatnya untuk menghilangkan panas dalam.

Ponorogo merupakan daerah dengan perkebunan tanaman janggelan yang berada di mana-mana. Selain itu juga harga daun janggelan yang dibanderol di sana cuman enam belas ribu per satu kilogramnya. Cukup murah bukan?

minuman khas ponorogo
bundanyafalih.blogspot.com

Nggak heran kalau minuman menyegarkan yang satu ini menjadi kuliner khas Ponorogo yang wajib dicicipi. Ada banyak pedagang janggelan yang menjajakan segelas janggelan sirup di pinggir jalan.

Bahkan selalu menjadi primadona saat bulan Ramadhan tiba. Berburu minuman murah meriah dengan khasiat yang lumayan banyak. Para penjual biasanya menyajikan dengan camilan legit seperti pisang goreng dan ubi goreng.

Biar nggak berliur terus menerus, langsung saja deh ke Ponorogo. Kalau kejauhan bisa buka youtube untuk mendapatkan tips dan trik membuat es janggelan ini.

Berlokasi di : Bulak, Balong, Ponorogoro.

Buka dari : 07:30-16:30 Wib.

5. Gethuk Golan

gehtuk golan
instagram.com/nindiapuuus

Bukan hanya Magelang yang terkenal dengan gethuk trio atau eco. Tapi kota Reog juga punya camilan khas dengan parutan kelapa muda yang gurih bernama Gethuk Golan.

Nama dari gethuk diambil dari nama sebuah desa yang pertama kali membuat jajanan ini. Desa Golan, namanya. Yang pertama kali membuat gethuk dari singkong dan gula yang ditumbuk menjadi satu di wilayah Ponorogo.

gethuk golan khas ponorogo
instagram.com/sam_kuliner

Lalu apa bedanya dengan gethuk dari daerah lainnya? tentu saja ada. Pada cara penyajiannya yang unik dengan menambahkan ketan hitam dan gula merah yang kental.

Tapi sayang seribu sayang, di kota Ponorogo camilan khas ini sudah sulit ditemui. Kamu harus pergi sendiri ke Desa Golan yang memiliki jarak sekitar delapan kilometer dari Alun-Alun Ponorogo.

Harganya dua ribu hingga tiga ribu rupiah saja untuk satu bungkus daun pisang. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati sajian khas nan langka di daerah tersebut.

Berlokasi di : Gethuk, Desa, Jalan Onggolono no.14, Golan.

Buka dari : 07:00-21:00 Wib.

Kelima kuliner Ponorogo yang salah satunya memiliki cerita menarik dibaliknya, memang menggoda. Yang sudah pernah datang ke Ponorogo dan mencicipi sendiri setiap suapan masakan yang disajikan pasti rasanya ingin kembali lagi. Bikin kangen betul ya.

0 Comment