Sekian Tempat Bersejarah di Klungkung Bali untuk Liburan Penuh Makna

29 December 2018, at 11:00
2
0
Sekian Tempat Bersejarah di Klungkung Bali untuk Liburan Penuh Makna

Liburan ke Bali hanya untuk mengincar wisata pantainya saja? Padahal masih ada tempat menarik di Pulau Dewata, lho.

Salah satunya ya bangunan bersejarahnya. Ditambah lagi dengan ornamen khas Bali yang menjadi daya tariknya.

Kalau bangunan bersejarah kerap diidentikkan dengan suasana yang membosankan, hal tersebut berbeda dengan tempat yang akan Qupas sajikan di bawah ini.

Desainnya yang klasik dan tentunya punya nilai sejarah tinggi, pasti akan membuatmu terpesona. Nggak percaya? Sebaiknya simak dulu deh ulasan di bawah ini!

1. Taman Kertha Gosa Bali

taman kertha gosa klungkung
instagram.com/pocahontaskania

Objek wisata satu ini dulunya merupakan komplek bangunan dari Kerajaan Klungkung yang dibangun oleh pemegang kekuasaan pertama, Ida I Dewa Agung Jambe pada tahun 1686.

Sayangnya, pada tahun 1908, semua bangunan kerajaan Klungkung nyaris hancur karena invasi kolonial Belanda. Tapi masih ada beberapa lokasi yang masih utuh, seperti:

  • Bangunan Medal Agung (pintu gerbang utama Kerajaan Klungkung)
  • Bale Kambang (bangunan yang dikelilingi kolam dan disebut Taman Gili)
  • Bale Kertha Gosa

Perlu kamu ketahui, Bale Kertha Gosa sendiri ternyata dibangun di akhir abad 18. Dahulu, tempat ini pun memiliki beberapa fungsi yang meliputi:

  • Tempat diskusi mengenai situasi keamanan, keadilan dan kemakmuran wilayah Kerajaan Bali
  • Tempat pengadilan di Bali

taman kertha gosa klungkung bali
instagram.com/dekyupawitri

Daya tarik utama dari tempat wisata di Bali Timur ini adalah arsitektur bangunan yang khas di abad ke-17. Coba saja lihat area Taman Gili.

Selain itu, kamu juga akan menyaksikan keunikan di Bale Kertha Gosa dan Bale Kambang, dimana langit-langit bangunan terdapat lukisan wayang.

Siapa sangka, ternyata lukisan tersebut menggambarkan kasus yang disidangkan sekaligus hukuman jika melakukan kesalahan.

Yakin nih nggak ingin liburan ke sini? Apalagi di sebelah barat masih ada museum yang ramai dikunjungi wisatawan. Di sana, kamu bisa menyaksikan koleksi benda bersejarah peninggalan Kerajaan Klungkung.

Lokasi: Jalan Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WITA

Tiket masuk: Dua belas ribu rupiah per orang (lengkap dengan sarung dan selendang untuk masuk ke area Taman Kertha Gosa Klungkung)

Jangan lupa review di sini, Taman Kertha Gosa Bali

2. Pura Goa Lawah Bali

pura goa lawah
instagram.com/_yar1k_

Tempat bersejarah sekaligus disucikan di kawasan Klungkung ini dibangun pada abad ke-11. Sesuai dengan namanya, tempat ini didirikan di sekitar gua yagn dipenuhi kelelawar.

Pura Goa Lawah sendiri dibangun sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Laut (Bhatara Baruna). Tepat di depan gua, dibangun pura suci yang digunakan utnuk melakukan upacara Nyegara Gunung.

Kegiatan tersebut merupakan acara keagamaan umat Hindu sebagai penutup upacara Atma Wedana (Nyekah, Memukur atau Maligia).

Begitu masuk ke dalam area pura, kamu akan melihat bale-bale serta terdapat pintu besar yang menghadap ke selatan.

Tepat di atas pintu yang selalu ditutup ini, kamu akan menemukan simbol kelelawar yang mengepakkan sayap. Jadi kamu hanya bisa masuk ke dalam gua di bagian timur maupun barat.

pura goa lawah bali
instagram.com/joha_lina

Sementara di sebelah utara pura terdapat gua tempat ribuan kelelawar tinggal. Bahkan hewan malam tersebut akan menggantung di dinding.

Tertarik untuk berkunjung? Eits! Sebelumnya kamu harus menghormati beberapa adab di sini, seperti menggunakan selendang dan sarung yang telah disediakan.

Kamu juga perlu menjaga ketertiban ketika beada di Pura Goa Lawah. Khususnya ketika prosesi ibadah tengah berlangsung.

Lokasi: Jalan Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00-19.00 WITA

Tiket masuk: Lima belas ribu rupiah per orang (lengkap dengan sarung dan selendang untuk masuk ke area Taman Kertha Gosa Klungkung)

Jangan lupa review di sini, Pura Goa Lawah Bali

Baca juga: 6 Wisata di Bali Timur dengan Pemandangan dan Spot Foto Cantik

3. Monumen Puputan Klungkung Bali

monumen puputan klungkung bali
instagram.com/adi_darmaputra_

Terletak di pusat kota, tempat bersejarah satu ini menyajikan bentuk bangunan yang cukup unik. Bahkan memungkinkan untuk mengundang rasa penasaran, apalagi kalau kamu baru pertama kali ke wilayah Klungkung.

Penasaran dengan sejarah Kabupaten Klungkung? Maka Monumen Puputan adalah tempat yang pas untuk belajar mengenai bagaimana kehidupan dan perjuangan rakyat wilayah ini di zaman dahulu.

Menariknya lagi, di sini juga terdapat diorama yagn menggambarkan paras Raja Klungkung pada zaman itu, yakni Ida I Dewa Agung Jambe.

Nggak lupa juga ada diorama yang memperlihatkan kehidupan keseharian masyarakat Klungkung hingga kejadian bersejarah seperti perang di kawasan tersebut.

monumen puputan klungkung
instagram.com/rahmadsetyawan

Bentuk monumennya sendiri mengusung konsep Lingga-Yoni, di mana persatuan keduanya melambangkan kesuburan.

Bangunan setinggi 28 meter ini pun memiliki 4 buah pintu masuk yang saling berhubungan. Letaknya ada di bagian utara, selatan, timur hingga barat.

Infrastruktur bangunan bersejarah ini pun terkait erat dengan "Perang Puputan Klungkung" yang terjadi pada tanggal 28 April 1908 silam.

Pasti kamu tertarik untuk mengunjunginya kan? Mumpung tiket masuknya gratis, lho.

Lokasi: Semarapura Tengah, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 WITA

Tiket masuk: Gratis

Jangan lupa review di sini, Monumen Puputan Klungkung Bali

4. Gala-Gala Underground House Bali

gala gala underground
instagram.com/ayuuandanii

Bukan hanya merupakan bangunan bersejarah. Bisa dikatakan tempat ini unik. Sebab sesuai dengan namanya, Gala Gala Underground House merupakan rumah yang ada di bawah tanah.

Perlu kamu ketahui, rumah unik ini merupakan karya dari seorang dalang bernama Mangku Byasa (almarhum). Idenya pun ternyata merupakan inspirasi dari kisah keluarga Pandawa dalam epos Mahabarata.

Waktu pembangunan tempat ini pun berlangsung selama 15 tahun pengerjaan, yakni dari sekitar tahun 1961 sampai dengan 1976.

Tempat ini memang berada di dalam tanah. Tapi jangan salah sangka dulu, karena Gala-Gala Underground House ternyata memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

Bahkan udara sejuk akan berhasil menyergapmu ketika berada di tempat ini meski kamu harus menyusuri lorong-lorong yang sempit.

gala gala underground bali
instagram.com/ayuxtian

Tempat wisata satu ini memiliki 3 pintu masuk dengan kedalaman sampai 7 meter dan ketinggian bangunan mencapai 1 sampai 2 meter.

Begitu masuk ke dalam, kamu akan menemukan bagian-bagian bangunan yang memiliki fungsi seperti rumah pada umumnya. Ada ruang tamu, ruang tidur, dapur, ruang makan hingga ruang meditasi.

Uniknya lagi, di ruangan dengan bentuk seperti gajah terdapat pahatan-pahatan dari dinding. Nggak heran deh kalau tempat ini memang perlu dilestarikan dan sangat layak untuk kamu kunjungi.

Apalagi untuk bisa sampai ke sini kamu hanya hanya memerlukan waktu kurang lebih selama 6 menit perjalanan dari dermaga Mushroom Bay. Jadi jangan ragu lagi untuk mampir ke tempat wisata unik ini ya!

Lokasi: Lembongan island, Jungutbatu, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali 

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WITA

Tiket masuk: Dua puluh lima ribu rupiah

Jangan lupa review di sini, Gala-Gala Underground House Bali

Nah, itulah beberapa tempat bersejarah di Klungkung Bali yang bisa kamu kunjungi sebelum ke wisata alamnya. Nggak melulu terasa membosankan, malah Sahabat Qupas akan lebih banyak belajar. Yuk langsung berangkat!

0 Comment