Qupas Weekend

Selain “A Piece of Your Mind”, 6 Drama Korea Ini Juga Potong Episode Karena Ratingnya Rendah

22 June 2020, at 08:01
Selain “A Piece of Your Mind”, 6 Drama Korea Ini Juga Potong Episode Karena Ratingnya Rendah

Beberapa waktu yang lalu, drama Korea romantis berjudul "A Piece of Your Mind" terpaksa memotong episode yang seharusnya berjumlah 16 menjadi 12 saja.

Tim produksi mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mempercepat alur cerita. Namun, drama Korea yang dibintangi oleh Jung Hae In dan Chae Soo Bin ini memang terus mengalami penurunan rating sejak episode pertama ditayangkan.

Nggak cuma "A Piece of Your Mind", beberapa drama Korea ini juga dipotong episodenya karena mendapatkan rating yang rendah lho! Kamu sudah tahu belum?

1. A Beautiful Mind (2016)

Drama Korea Terbaru (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Rilis pada tahun 2016 lalu, "Beautiful Mind" juga terpaksa memperpendek penayangan. Seharusnya, drama Korea tentang dunia medis yang dibintangi oleh Jang Hyuk dan Park So Dam ini dibuat sebanyak 16 episode, namun kemudian dipersingkat menjadi 14.

"Beautiful Mind" bercerita tentang seorang dokter saraf pintar namun tak memiliki rasa empati bernama Lee Young O (Jang Hyuk). Suatu hari, ia terlibat dalam kematian aneh seorang pasien yang akhirnya membuatnya kembali menemukan rasa kemanusiaan.

2. Moorim School (2016)

Drama Korea Potong Episode (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Bercerita tentang sekolah khusus nan ekslusif bernama Moorim School yang mengajarkan seni bela diri, drama Korea yang satu ini sempat menarik perhatian masyarakat.

Namun, "Moorim School" ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi penonton sehingga mengalami penurunan rating dan terpaksa harus memotong episode yang awalnya 20 menjadi 16 saja.

3. Ex-Girlfriends' Club (2015)

Drama Korea yang Episodenya Dipotong (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

"Ex-Girlfriends' Club" merupakan drama Korea komedi romantis yang juga harus dipotong episodenya karena mendapatkan rating yang cukup rendah. Dari 16 episode, serial ini harus diperpadat menjadi 12 episode saja.

Drama mengikuti kisah Soo Jin (Song Ji Hyo) yang merupakan produser film. Ia akan mengerjakan proyek baru yang adaptasi dari webkomik terkenal karya Myeong Soo (Byun Yo Han) yang berisi tentang mantan-mantannya. Padahal, Soo Jin juga salah satu orang dalam cerita itu lho!

Baca juga: 5 Drama Korea Terbaru yang Siap Tayang Juni 2020, Mana yang Kamu Tunggu-tunggu?

4. Love Frequency 37.2 (2014)

Rating Drama Korea (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Judul "Love Frequency 37.2" mungkin masih asing ditelingamu. Drama Korea yang dibintangi oleh Yoon Gun, Choi Yoon So, Yoon Jin Wook, Jin Hyun Bin, Jo A Young, Lee Se Young, dan Kim Woo Hyuk ini memang nggak berhasil menarik banyak perhatian.

Seharusnya memiliki 12 episode, serial ini kemudian dipadatkan menjadi 6 episode saja.

5. Mom is Acting Up (2012)

Drama Korea Rating Rendah (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Seperti sinetron Indonesia yang panjang dan nggak kunjung usai, awalnya "Mom is Acting Up" akan dibuat sebanyak 120 episode. Namun rating yang rendah membuat MBC hanya menayangkan 27 episode saja.

"Mom is Acting Up" merupakan drama keluarga tentang pasangan suami-istri yang kembali ke rumah orang tua mereka beserta konflik yang terjadi di sana.

6. Heartstring (2011)

Drama Korea Park Shin Hye (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Mendapuk Park Shin Hye dan Jung Yong Hwa sebagai pemeran utamanya nyatanya nggak bisa menyelamatkan drama "Heartstring" dari rating yang rendah.

Jalan cerita "Heartstring" yang kurang menarik dinilai menjadi faktor utama kegagalan drama ini. Alhasil, serial musikal yang seharusnya memiliki 16 episode ini hanya dibuat sebanyak 15 episode saja.

Hmm, sebenarnya sayang sekali ya kalau episodenya dipotong. Tapi mau bagaimana lagi, rating merupakan hal yang sangat penting dalam industri pertelevisian di Korea Selatan lho!