Selain Aman untuk Diet, Ini Manfaat Oatmeal Bagi Kecantikan Kulit dan Wajah

01 February 2019, at 09:00
0
0
Selain Aman untuk Diet, Ini Manfaat Oatmeal Bagi Kecantikan Kulit dan Wajah

Banyak yang membuktikan, racikan bubur oatmeal bisa membantu mewujudkan rencana penurunan berat badan. Tapi tak sebatas itu saja, oat atau gandum utuh ternyata punya manfaat besar bagi kulit dan wajah lho.

Bila menengok sedikit ke belakang, beberapa beauty vlogger juga pernah merekomendasikan oatmeal apabila menginginkan wajah yang cantik nan bersih. Salah satu caranya dengan memanfaatkannya sebagai masker alami.

Nah, kira-kira apa saja ya manfaat oatmeal untuk wajah? Yuk simak langsung rangkumannya yang telah disiapkan Qupas berikut ini! 

1. Sebagai eksfoliator alami

oatmeal sebagai eksfoliator alami
girlwithcurves.com

Eksfoliasi wajah adalah salah satu perawatan yang biasa dilakukan untuk dapatkan kulit yang halus dan glowing. Ritual pengangkatan sel kulit mati ini bisa dilakukan dengan menggunakan produk peeling ataupun membuat scrub dari bahan alami.

Nah, salah satu bahan alami yang tepat dimanfaatkan sebagai eskfoliator adalah oatmeal. Sebab, partikelnya yang kecil dan lembut sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati tanpa merusak wajah.

Baca juga: Supaya Tak Merusak Kulit, Begini Cara Tepat untuk Eksfoliasi Wajah

Caranya, kamu bisa meracik scrub sendiri dengan mencampurkan oat, air hangat, dan madu. Lalu aplikasikan pada wajah dan diiringi dengan pijatan lembut.

Lakukan ritual ini selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

2. Pengganti sabun cuci muka

oatmeal sebagai sabun cuci muka
stocksy.com

Produk face wash di rumah sedang habis? Jangan panik dulu, kamu bisa memanfaatkan oat sebagai pengganti sabun pencuci muka.

Oat diketahui memiliki kandungan saponin. Sejenis senyawa kimia yang biasanya ditemukan pada shampo atau produk pembersih wajah.

Bila dilarutkan dalam air, saponin akan memproduksi busa dan berfungsi layaknya sabun yang akan mengikat minyak. Manfaat oat yang satu ini bahkan aman dinikmati oleh pemilik kulit sensitif lho.

3. Mengatasi kulit kusam

oatmeal untuk mengatasi kulit kusam
stylecraze.com

Paparan sinar matahari bisa memunculkan flek hitam dan membuat wajah jadi terlihat kusam. Kabar baiknya, oat juga bisa menyelesaikan masalah ini.

Oat memiliki nutrisi lengkap yang mampu memudarkan flek hitam akibat efek buruk sinar UV. Wajah yang kusam dan cenderung gelap akan dikembalikan menjadi lebih segar dan cerah.

4. Melembabkan wajah

oatmeal untuk melembabkan wajah
diaryofaworkingmodel.com

Selain bisa digunakan sebagai pengganti sabun pencuci muka, oat juga bisa diaplikasikan sebagai masker dengan fungsi seperti halnya produk pelembab.

Manfaat oat ini berkat kandungan beta glukan di dalamnya yang mampu menembus kulit dan melembabkan kulit secara maksimal.

Baca juga: 8 Pelembab Wajah Ini Formulanya Ringan, Cocok untuk Kulit Sensitif Remaja

5. Mencegah dan mengobati jerawat

oatmeal untuk mengobati jerawat
stylecraze.com

Masker wajah alami dengan bahan utama oat tak hanya bagus melembabkan kulit. Lebih dari itu, adanya zat antibakteri di dalamnya juga ampuh untuk menyerap kelebihan minyak dan membantu mengobati jerawat.

Hebatnya lagi, oat memiliki zink yang bisa meredakan peradangan sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat agar tak kembali lagi.

6. Sebagai anti penuaan alami

oatmeal mengatasi tanda penuaan
dermstore.com

Manfaat oatmeal untuk wajah selanjutnya adalah mampu memperlambat tanda-tanda penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas, efek buruk sinar matahari, serta kesalahan pemilihan produk kosmetk.

Khasiatnya ini karena oat bekerja dengan baik dalam menjaga minyak alami kulit dan kolagen. Dengan menggunakan masker oatmeal secara rutin, wajah akan bebas dari tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, juga flek hitam.

7. Mengobati luka akibat sunburns

oatmeal mengobati sunburn
beautyhealthtips.in

Kulit sensitif sangat mudah mengalami kemerahan dan alergi apabila terpapar sinar matahari. Sebagai solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini, kamu juga bisa memanfaatkan oatmeal.

Di dalam oat terdapat sekelompok alkaloid fenolik yang mampu mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit. Karenanya, sunburns atau bekas luka lainnya bisa diobati dengan cepat.

8. Sebagai campuran untuk berendam

oatmeal untuk merawat kulit
nationalpostcom.files.wordpress.com

Nah, manfaat oatmeal yang satu ini juga tak kalah menarik. Kamu bisa menambahkannya ke dalam air untuk berendam agar kulit tubuh terasa lebih kenyal dan lembab.

Tak hanya itu saja, tuangkan beberapa tetes jenis essential oil seperti minyak lavender untuk menambah sensasi rileks dan nyaman.

Itu dia, sederet manfaat luar biasa yang disimpan oatmeal untuk kecantikan kulit dan wajah. Gimana, tertarik untuk menambahkan bahan alami satu ini ke dalam ritual perawatanmu?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment