Selain Ampuh Membasmi Jerawat, Ini 8 Manfaat Tea Tree Oil Bagi Kecantikan

25 December 2018, at 02:00
2
0
Selain Ampuh Membasmi Jerawat, Ini 8 Manfaat Tea Tree Oil Bagi Kecantikan

Bagi kamu yang bermasalah dengan wajah berjerawat, mungkin sudah familiar dengan bahan alami yang satu ini.

Ya, karena beberapa tahun belakangan, tea tree oil begitu happening dan banyak dimanfaatkan dalam industri kecantikan, khususnya untuk mengobati jerawat.

Tea tree oil sendiri adalah minyak esensial yang dihasilkan dari pohon Melaleuca Alternifolia. Tumbuhan ini juga tergolong spesial, karena hanya ada di Australia.

Jadi, tea tree yang dimaksud berbeda dengan tanaman teh yang biasa kita konsumsi ya.

Nah, selain khasiat ajaibnya dalam membasmi jerawat, tea tree oil ternyata masih punya segudang manfaat lain untuk kecantikan lho. Seperti berikut ini.

1. Mengatasi Jerawat

tea tree oil untuk mengatasi jerawat
firstcrycdn.com

Manfaat tea tree oil yang paling populer adalah untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena kandungan di dalamnya memiliki sifat menenangkan dan desinfektan unik yang bisa menyapu bersih minyak berlebih pada wajah penyebab timbulnya jerawat.

Selain itu, dari sebuah penelitian ditemukan bahwa di dalam tea tree oil juga terdapat zat yang bersifat sama dengan benzoil peroksida, senyawa yang biasanya digunakan sebagai obat jerawat.

2. Melembabkan Kulit

tea tree untuk melembabkan kulit
skincare.com

Kulit yang kering akan mudah keriput, kusam, bahkan terlihat bersisik. Masalah ini juga bisa kamu atasi dengan tea tree oil, karena minyak ini bagus untuk melembabkan kulit.

Kamu bisa aplikasikan langsung tea tree oil pada area yang terlihat kering. Misalnya saja pada wajah, siku, tumit, ataupun bagian tubuh lainnya.

3. Melembabkan Bibir

tea tree untuk bibir kering
epiphanydermatology.com

Untuk mengatasi bibir kering, para wanita biasanya akan menggunakan lip balm. Tapi mulai sekarang, kamu juga bisa manfaatkan tea tree oil untuk merawat bibir yang kering bahkan pecah-pecah.

Dengan mengoleskan tea tree oil secara rutin, jaringan pada bibir akan dinutrisi sehingga terjaga kelembabannya. 

4. Menyembuhkan Infeksi Kulit

tea tree oil untuk menyembuhkan infeksi kulit
hellosehat.com

Tea tree oil memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang kuat. Karakternya ini membuatnya ampuh untuk menyembuhkan berbagai jenis infeksi dan iritasi pada kulit.

Misalnya saja psoriasis, eksim, dan berbagai masalah kulit lainnya. Hebatnya lagi, penggunaan tea tree oil akan membantu meredakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh infeksi kulit tersebut.

Baca juga: Cara Hilangkan Kerutan dengan Bahan Alami, Jadi Awet Muda

5. Menyembuhkan Luka

tea tree oil untuk menyembuhkan luka bakar
blogspot.com

Adanya bekas luka tentu saja bisa mengganggu penampilan. Untuk menghilangkannya kamu cukup aplikasikan tea tree oil pada kulit yang bermasalah secara rutin. Bekas luka yang membandel dijamin akan hilang secara perlahan.

Eits, tak berhenti di situ saja lho, tea tree oil dikatakan mampu menyembuhkan luka bakar tingkat ringan. Kandungan dalam tanaman ajaib ini bahkan bisa meredam rasa sakit karena efek relaksasi yang diberikannya.

6. Menghilangkan Bau Badan

tea tree oil untuk mengatasi bau badan
organicauthority.com

Tea tree oil juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti deodoran. Sifat antibakteri yang dimilikinya akan membunuh bakteri penyebab bau badan yang biasanya suka bersarang di ketiak.

Kamu bisa memanfaatkan tea tree oil sebagai deodoran alami dengan cara mengoleskannya langsung pada kedua ketiak. Trik ini akan membuat aroma badanmu tetap segar meski setelah beraktivitas seharian.

7. Membasmi Ketombe

tea tree oil untuk membasmi ketombe
pinimg.com

Selain memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit, tea tree oil juga bisa menjaga kesehatan rambut. Salah satunya dengan membasmi ketombe.

Kandungan dalam tea tree oil akan membantu mencegah perkembangan jamur penyebab ketombe. Rasa gatal yang sering mengikutinya pun juga bisa ikut diredakan.

8. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

tea tree oil untuk mempercepat pertumbuhan rambut
headcurve.com

Selain melibas ketombe, tea tree oil mampu bekerja untuk menutrisi akar rambut dan mencegah penyumbatan folikel supaya rambut bisa tumbuh dengan lebih cepat dan sehat.

Bagi yang menginginkan agar rambutnya lebih panjang dalam waktu singkat, kamu bisa menggunakan tea tree oil sebagai masker rambut. Supaya hasilnya optimal, campurkan bahan herbal ini dengan gel lidah buaya.

Nah, itulah sekian manfaat luar biasa tea tree oil bagi kecantikan. Meski terbilang bahan alami, namun hasil dan efek pemakaian bisa berbeda-beda pada setiap orang. Jadi tetap hati-hati ya sebelum mencobanya sebagai perawatan.

0 Comment