Selain Atasi Insomnia, Ini 6 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Luar Biasa

01 June 2019, at 00:00
1
0
Selain Atasi Insomnia, Ini 6 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Membicarakan tentang labu kuning, mungkin sebagian orang akan teringat dengan film Cinderella yang menjadikannya sebagai kereta kuda atau teringat dengan perayaan Halloween.

Akan tetapi, di bulan Ramadhan labu kuning identik dengan sesuatu yang manis dan menjadi incaran banyak orang yaitu kolak pisang.

Nggak hanya enak, ternyata buah tersebut juga memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan lho. Berikut ini manfaat labu kuning yang nggak boleh kamu lewatkan.

Baca Juga: Nggak Cuma Menyegarkan, Begini Manfaat Cincau Hijau Bagi Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung

menyehatkan jantung
istockphoto.com

Manfaat labu kuning yang pertama adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalium di dalamnya yang bisa menurunkan tekanan darah.

Nggak hanya itu, labu kuning juga merupakan buah dengan kandungan serat tinggi yang bisa mencegah penumpukan kolesterol jahat.

Adanya vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan juga bisa mencegah kerusakan sel dan baik untuk organ penting tersebut.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

meningkatkan kualitas tidur
pexels.com/@jmark

Siapa nih yang sering mengalami insomnia atau gangguan tidur? Kamu bisa memanfaatkan labu untuk mengatasi masalah tersebut lho.

Labu kuning mengandung asam amino yang dapat merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh. Sehingga, kamu akan merasa lebih nyaman, aman, tenang, dan bahagia serta bisa tidur nyenyak.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
pexels.com/@public-domain-pictures

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, nggak ada salahnya untuk mencoba memasukkan labu dalam menu makananmu lho.

Pasalnya, kandungan serat labu kuning yang tinggi dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan kalori yang tergolong rendah.

Baca Juga: 6 Gerakan Yoga Mudah Ini Bisa Membantumu Menurunkan Berat Badan Berlebih

4. Menjaga Kesehatan Kulit

menjaga kesehatan kulit
pexels.com/@soldiervip

Manfaat labu kuning yang selanjutnya adalah menjaga kesehata kulit. Adanya beta-karoten dalam buah tersebut dipercaya dapat menjadi tabir surya alami yang melindungimu dari sinar UV.

Selain itu, vitamin C dalam labu kuning juga bisa membantu produksi kolagen yang merupakan salah satu protein utama dalam kulit.

5. Meningkatkan Sistem Imun

meningkatkan sistem imun
pexels.com/@ngqah83

Sistem imun atau kekebalan tubuh yang melemah dapat membuatmu terserang berbagai penyakit dengan mudah. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsi labu kuning untuk meningkatkannya.

Kandungan antioksidan di dalam labu kuning dapat memelihara kesehatan sehingga menurunkan risiko terkena penyakit serius.

6. Menyehatkan Mata

menyehatkan mata
pexels.com/@enginakyurt

Tahu nggak sih, labu kuning juga bisa menyehatkan mata lho. Pasalnya, di dalam buah tersebut terdapat kandungan vitamin A dan beta-karoten yang bisa mencegah penurunan fungsi indra penglihatan.

Nggak hanya itu, kandungan lutein dan zeaxhatin dalam labu kuning juga dipercaya ampuh untuk menurunkan risiko katarak.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat labu kuning yang harus kamu ketahui. Ternyata nggak hanya enak dan mengenyangkan ya!

0 Comment