Selain Awet Muda, Ini Keuntungan yang Akan Didapat Pemilik Kulit Sawo Matang

28 June 2019, at 07:00
0
0
Selain Awet Muda, Ini Keuntungan yang Akan Didapat Pemilik Kulit Sawo Matang

Warna kulit orang Indonesia sebenarnya ada beberapa jenis. Bila dilihat dari hasil riset, kulit sawo matang ternyata lebih mendominasi.

Tapi nyatanya, orang Indonesia umumnya mendambakan kulit yang putih. Padahal, kulit sawo matang mempunyai kelebihan yang sangat menguntungkan lho, salah satunya lebih awet muda.

Kira-kira apa saja ya kelebihan lain yang didapatkan oleh pemilik kulit sawo matang? Simak langsung yuk!

1. Awet muda

kulit awet muda
instagram.com/rollover.reaction

Bukan mitos lagi, kulit sawo matang ataupun gelap ternyata lebih awet muda. Alasannya, serat kolagen yang dimiliki cenderung lebih banyak dan lebih tebal daripada warna kulit lain.

Seperti yang diketahui, kolagen sendiri sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Itulah mengapa, kulit sawo matang atau gelap nggak mudah berkerut atau keriput.

2. Nggak mudah terbakar matahari

keuntungan kulit sawo matang
instagram.com/sararobert

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu tertentu bisa membuat kulit jadi terbakar. Tapi kulit sawo matang agak sedikit aman, karena punya lebih banyak melanin yang berguna untuk menangkal bahaya sinar UV.

Itulah mengapa, orang kulit putih biasanya mudah muncul kemerahan saat terpapar sinar matahari. Tapi bukan berati kamu yang berkulit sawo matang bisa bebas berjemur tanpa perlindungan dari tabir surya ya.

Baca juga: 7 Tips Memilih Sunscreen yang Sesuai dengan Kondisi dan Jenis Kulit

3. Risiko kanker kulit lebih rendah

kulit sawo matang
iinstagram.com/rollover.reaction

Bukan cuma bikin kulit terbakar, paparan sinar matahari juga bisa mengakibatkan kanker kulit. Kabar baiknya, risiko kulit sawo matang lebih rendah.

Lagi-lagi hal ini berkat melanin atau penghasil warna yang dimiliki kulit sawo matang lebih banyak. Sehingga akan lebih maksimal dalam melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV yang bisa merusak sel-sel kulit.

Tapi tetap gunakan produk sunscreen terbaik supaya kulitmu terlindung dari risiko kanker kulit.

4. Menangkal radikal bebas

kulit sawo matang
instagram.com/sararobert

Radikal bebas bisa ditemukan di mana saja dan jadi pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk ancaman bagi kulit. Pemilik kulit sawo matang pun kembali diuntungkan dengan banyaknya melanin.

Karena melanin yang ada di lapisan epidermis bisa membantu lemak mempertahankan kelembaban kulit dan menangkal serangan radikal bebas.

5. Lebih eksotis

kulit eksotis
instagram.com/rollover.reaction

Kulit sawo matang seperti orang Indonesia banyak diincar para bule. Alasannya, karena dianggap lebih eksotis dan menarik.

Jadi nggak heran lagi kalau bule doyan banget berjemur demi menggelapkan kulitnya biar mirip seperti kulit sawo matang orang Indonesia.

Baca juga: Awas! 4 Kesalahan Ini Ternyata Bikin Sunscreen yang Kamu Pakai Jadi Terbuang Percuma

Nah, itulah beberapa kelebihan kulit sawo matang seperti yang dimiliki orang Indonesia kebanyakan. Makin bersyukur kan pastinya?

0 Comment