Selain Bopeng, Yuk Kenali 6 Tipe Bekas Jerawat dan Cara Menghilangkannya

13 August 2019, at 18:00
0
0
Selain Bopeng, Yuk Kenali 6 Tipe Bekas Jerawat dan Cara Menghilangkannya

Adakah hal yang lebih menyebalkan dibandingkan dengan jerawat? Jawabannya ada, yaitu bekasnya yang seringkali susah untuk dihilangkan.

Bukan cuma itu, bekas jerawat ternyata bisa dibagi ke dalam beberapa tipe. Dan masing-masing memerlukan penanganan yang berbeda lho.

Kalau kamu mengira jerawat hanya akan meninggalkan bopeng, lebih baik kenali dulu yuk beberapa jenis bekas jerawat sekaligus cara menghilangkannya berikut ini!

1. Hiperpigmentasi

bekas jerawat hitam
sanforddermatology.com

Hiperpigmentasi termasuk bekas jerawat yang nggak menyebabkan perubahan tekstur kulit atau menimbulkan luka. Hanya saja, terjadi perubahan warna kulit menjadi gelap atau menghitam akibat peningkatan produksi melanin karena adanya peradangan.

Untuk menghilangkan hiperpigmentasi yang ditinggalkan oleh jerawat, kamu harus rutin memakai skincare dengan kandungan vitamin C, niacinamide, licorice, atau bahan pencerah lainnya.

Baca juga: Rekomendasi Skincare Korea untuk Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Selain itu, kamu juga harus rajin memakai sunscreen dan melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit yang menghitam sebanyak dua kali dalam seminggu. Karena kalau dibiarkan, noda ini baru bisa hilang sekitar 1-2 tahun lho.

2. Eritema

bekas jerawat merah
instagram.com/the_skincare_diaries

Sama seperti hiperpigmentasi, Eritema termasuk bekas jerawat yang nggak menimbulkan luka. Tapi muncul warna kemerahan akibat membesarnya pembuluh darah yang dipicu oleh inflamasi jerawat.

Tipe bekas jerawat yang satu ini tentu nggak bisa kamu hilangkan dengan produk eksfoliator, karena bisa memicu timbulnya iritasi lanjutan.

Kamu bisa mengurangi bekas jerawat merah di kulit dengan skincare yang bersifat soothing atau calming. Seperti produk yang mengandung lidah buaya, green tea, centella asiatica, atau allantoin.

3. Rolling Scars

bekas jerawat rolling scars
eucerin.com

Rolling scars biasanya akan muncul pada orang yang punya jerawat meradang dalam jangka panjang. Penampakannya membentuk tekstur kulit yang bergelombang namun termasuk dangkal.

Untuk solusinya, chemical peeling di klinik kecantikan bisa sedikit membantu meratakan tekstur kulit yang menderita rolling scar. Tapi kalau mau lebih ampuh, bisa dengan facial filler atau laser treatment.

Baca juga: 5 Acne Spot Treatment Lokal Terbaik yang Ampuh Lenyapkan Jerawat dalam Semalam

4. Boxcar Scars

boxcar scars
instagram.com/isotretinoinwiths

Boxcar scars terbentuk karena rusaknya kolagen dan hilangnya jaringan tissue pada kulit. Akibatnya, wajah jadi terlihat berlubang dengan ukuran yang cukup besar, seperti bekas cacar air.

Untuk menghilangkan bekas jerawat ini pun nggak cukup dengan skincare saja. Tapi harus dengan perawatan mikrodermabrasi, derma filler, atau laser.

5. Ice Pick Scars

ice pick scars
static.acne.org

Berwujud seperti pori-pori yang terbuka, ice pick scars bisa didefinisikan sebagai bekas jerawat yang diameternya cukup sempit namun lukanya agak dalam, bahkan hingga ke dermis.

Cara merawat wajah yang terlanjur membentuk ice pick scar pun juga cukup sulit. Harus dengan tangan profesional seperti laser treatment hingga cangkok kulit.

6. Keloid

keloid di wajah
keloid212.com

Dibandingkan dengan jenis bekas jerawat lainnya, keloid nggak terlalu umum terjadi. Masalah ini sendiri timbul ketika tubuh berusaha memperbaiki sel yang rusak tapi malah memproduksi terlalu banyak kolagen.

Sedangkan cara mengatasi keloid yang berbentuk seperti benjolan ini adalah dengan memberi suntikan steroid atau memakai produk retinol topical.

Nah, itulah 6 tipe bekas jerawat sekaligus cara menghilangkannya. Tapi, lebih baik kunjungi dokter kulit supaya tahu lebih dalam mengenai solusi yang paling tepat untuk wajahmu.

0 Comment