Qupas Travel

Selain Borobudur, 5 Wisata di Magelang Ini Juga Sajikan Sunrise yang Memanjakan Mata

09 January 2020, at 05:00
1
Selain Borobudur, 5 Wisata di Magelang Ini Juga Sajikan Sunrise yang Memanjakan Mata

Siapa nggak kenal Borobudur? Candi Buddha terbesar di dunia ini pun menjadi salah satu destinasi kebanggaan Indonesia. Bahkan menjadi magnet bagi wisatawan dalam maupun luar negeri.

Apalagi banyak hal yang bisa didapat di candi ini selain historinya. Yaitu panorama sunrise alias matahari terbitnya yang memukau.

Saking cantiknya, ada paket wisata Borobudur yang membuatmu menyaksikan sunrise dengan puas. Hanya saja, per 1 Januari 2020 kemarin, harga tiketnya mulai naik.

borobudur
instagram.com/matteoacitelli

Dilansir dari Kompas, dulu pengunjung cuma perlu menyediakan budget senilai Rp350 ribu, sekarang menjadi Rp370 ribu. Khusus pelajar dan anak-anak, tarifnya pun berubah. Yaitu dari Rp280 ribu untuk pelajar dan Rp185 ribu khusus anak.

Dengan tarif tersebut, pengunjung bakal mendapatkan beragam fasilitas yang nggak bakal mengecewakan. Misalnya saja seperti akses masuk spesial ke candi, suvenir, hingga sarapan.

Paket wisata Sunrise Borobudur itu dimulai pukul 04.30 WIB dari Lobi Manohara Hotel. Kemudian berjalan ke Candi Borobudur menggunakan senter sebagai penerangan jalan, lalu  menaiki tingkatan sampai ke level 9.

borobudur sunrise
instagram.com/twotickets.toanywhere

Tepat pada pukul 05.30 WIB, baru pengunjung bisa melihat matahari terbit yang super menawan. Dari sana, terlihat pula pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, serta hamparan padi yang masih berselimut kabut.

Baca juga: Nggak Perlu Muncak, 5 Wisata di Sekitar Jateng Ini Bikin Kamu Lebih Dekat dengan Gunung Merapi

Nah, buat kamu yang sedikit keberatan dengan tiket masuk Borobudur 2020 tersebut, nggak perlu khawatir. Soalnya, beberapa tempat wisata di Magelang berikut juga menawarkan panorama sunrise yang nggak kalah cantik. Simak deh dimana saja lokasinya!

1. Gunung Telomoyo

gunung telomoyo
instagram.com/danarsibolang

Berada di ketinggian sekitar 1.894 mdpl, Gunung Telomoyo punya tingkat kesulitan pendakian level bawah. Bahkan kamu pun bisa mencapai puncaknya menggunakan kendaraan pribadi, mau roda dua atau empat.

Dari pos, kamu butuh waktu sekitar 30 menit jalan kaki agar bisa sampai di puncaknya. Sedangkan kalau pakai motor, wkatu tempuhnya cuma sekitar 15 menitan saja.

Di puncak gunung Jawa Tengah dengan ketinggian sedang ini, kamu bisa menyaksikan sunrise. Bahkan pemandangan pegunungan dan bukit-bukit di sekitarnya juga bakal memanjakan matamu. 

Lokasi Gunung Telomoyo : Berada di antara Semarang dan Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Gunung Telomoyo : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Punthuk Kendhil

punthuk kendhil
instagram.com/andirw

Dikenal pula dengan nama Gupakan Sunrise, wisata di Magelang ini juga memungkinkanmu untuk melihat matahari terbit. Pemandangan alam di sekitarnya pun bisa kamu saksikan dari gardu pandangnya. Bahkan kalau lagi nggak berkabut, kamu bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan.

Akses jalan menuju ke sini cukup sempit. Jalanan berkelok hingga berpasir pun akan kamu lewati. Selain itu, area parkir kendaraan bermotor juga terbatas. Jadi, sebaiknya titipkan saja kendaraanmu ke rumah penduduk.

Lokasi Punthuk Kendhil : Kamal, Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Punthuk Kendhil : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Punthuk Setumbu

punthuk setumbu
instagram.com/amrazing

Selain Borobudur, Punthuk Setumbu juga menjadi tempat berburu sunrise yang jadi incaran banyak traveler. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, hingga sang candi kebanggaan Magelang yang berselimut kabut tipis.

Untuk mencapai puncaknya, kamu butuh waktu sekitar 15 menit dengan jalan kaki dari loket tiket. Nggak terlalu lama kan?

Lokasi Punthuk Setumbu : Dusun Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Punthuk Setumbu : Rp15ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: 8 Wisata Magelang yang Buka 24 Jam, Puas Liburan Tanpa Dikejar Waktu

4. Punthuk Mongkrong

punthuk mongkrong
instagram.com/nanang_adisusilo

Wisata Magelang yang berada di ketinggian 624 mdpl ini diklaim sebagai Punthuk tertinggi dari yang lain. Sehingga kamu bisa melihat bukit-bukit lain, seperti Punthuk Setumbu, Sukmoyo, hingga Gupakan.

Dari puncak Punthuk Mongkrong, kamu pun juga bakal dimanjakan dengan panorama Candi Borobudur, Gunung Merapi, hingga Gunung Merbabu.

Kamu hobi selfie? Di sini juga tersedia spot yang paling populer, yaitu jembatan berbentuk 'V' dan menjorok ke perbukitan.

Lokasi Punthuk Mongkrong : Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Punthuk Mongkrong : Rp3ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Bukit Barede

bukit barede
instagram.com/shnselin

Kalau tiket masuk Borobudur tahun 2020 ini bikin jiwa kemisqueenanmu meronta, Bukit Barede bisa jadi alternatif. Apalagi di tempat wisata Magelang ini kamu juga bisa menyaksikan sunrise.

Wisata yang juga menjadi lokasi syuting film "Ada Apa dengan Cinta 2" ini letaknya sekitar 2 kilometer dari Borobudur. Dipadukan dengan gardu pandang, di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan gunung hingga hamparan bukit di sekitarnya.

Lokasi Bukit Barede : Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Tiket masuk Bukit Barede : Gratis dan cuma perlu bayar parkir kendaraan pribadi (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Wah, ternyata selain Candi Borobudur kelima tempat wisata di Magelang tersebut juga menawarkan panorama sunrise yang epik. Jadi, kamu tertarik mengunjungi salah satunya?