Selain Brem, 8 Camilan Khas Madiun yang Gurih dan Renyah Ini Juga Bikin Nagih

31 March 2019, at 05:00
0
0
Selain Brem, 8 Camilan Khas Madiun yang Gurih dan Renyah Ini Juga Bikin Nagih

Madiun memang terkenal dengan kuliner pecelnya yang enak. Bumbu kacang kental dan gurih memang membuat siapapun yang berkunjung ke sana tak akan lupa untuk mencicipinya.

Ternyata bukan hanya pecel Madiunnya saja, Ada juga Brem yang menjadi camilan khas dan terkenal. Eits, tapi bukan cuma itu saja lho.

Ada banyak jenis camilan selain Brem yang rasanya gurih yang siap membuatmu ketagihan! Apa saja itu?

1. Kue Manco

camilan khas madiun kue manco
serba-serbimadiun.blogspot.com

Camilan khas Madiun yang pertama adalah kue manco. Dengan tiga macam rasa, kue manco beras, kacang, dan wijen bisa kamu pilih untuk oleh-oleh murah meriah kepada kerabat dekat.

Rasa dari kue ini terasa manis karena lumuran gula merah pada adonannya. Kudapan dengan campuran beras ketan ini bisa dibeli di daerah Grogol, Kebonsari.

2. Lempeng Puli

lempeng puli madiun
instagram.com/lohdjicraft

Lempeng puli biasanya disuguhkan dengan pecel Madiun. Menambah rasa sensasi makan krenyes...krenyes... gurih di lidah.

Arti dari lempeng dalam Bahasa Indonesia adalah kerupuk. Cocok nih untuk camilan selagi nonton TV.

3. Madumongso

madumongso madiun
instagram.com/dida_mamaitara

Camilan yang terbuat dari tape ini memang selalu disuguhkan saat acara seperti pernikahan dan syukuran. Biasanya hanya orang dewasa saja yang menyukainya.

Bungkusnya yang berwarna-warni inilah yang membuat camilan khas ini menjadi menarik. Terlebih harganya pun terjangkau, yakni mulai dari Rp30.000,00 saja per 500g.

4. Lentho

lentho madiun
instagram.com/tututf

Terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan kacang kedelai, gorengan ini biasanya disuguhkan di sepiring nasi pecel.

Aroma wangi lengkuas dan daun jeruk bikin ketagihan. Apalagi harganya murah meriah, yakni hanya Rp500,00 saja. Kamu pun bisa mencobanya sendiri dengan resep camilan sederhana.

Baca juga : 10 Makanan Khas Pacitan Dengan Citarasa Khas, Ngangenin! 

5. Roti Blunder

roti blunder madiun
instagram.com/bludercokromadiun

Roti Madiun yang satu ini juga cukup terkenal. Memiliki empat belas varian rasa yang bisa kamu coba, mulai dari strawberry hingga nutela yang lagi hits banget.

Cocok untuk oleh-oleh yang nggak bakal basi hingga enam hari kedepan. Kamu juga bisa memesannya secara online di media sosial.

6. Pentol Corah

pentol corah
instagram.com/joeraganpentolcorah

Pentol bisa jadi favoritnya banyak orang. Mau di kukus ataupun di goreng, keduanya pasti terasa lezat. Apalagi dengan siraman bumbu kacang dan saus sambal yang menambah kenikmatan.

Selain itu, camilan kenyal ini gampang dibuat sendiri di rumah, yaitu hanya dengan menyiapkan bahan tepung terigu, kanji, dan aneka bumbu rempah-rempah. Langsung deh bikin di rumah.

7. Kue Satu

kue satu
instagram.com/ailiehoalie74

Mungkin kalau kamu yang punya kampung halaman di Madiun, kue satu nggak pernah absen dari meja makan untuk suguhan para tamu ya.

Terbuat dari kacang hijau dan gula halus putih sebagai perasa manisnya, bikin nggak bisa berhenti makan deh.

8. Abon Ikan Tuna

abon ikan tuna
dapuribulalawira.blogspot.com

Walau bukan berasal dari Madiun, tapi camilan khas Pacitan ini juga bisa kamu temui di pusat perbelanjaan oleh-oleh yang ada di sana.

Dengan tekstur daging yang lembut di lidah, paling nikmat lagi kalau ditambah bubuk cabai yang menambah rasa pedas. Bisa juga dimakan dengan sepiring nasi putih lho.

Itulah delapan camilan khas Jawa Timuran untuk oleh-oleh istimewa waktu berkunjung ke Kota Gadis. Gurih dan renyahnya bikin nggak cukup kalau hanya beli satu bungkus saja.

0 Comment