Selain Enak Dimakan, Biji Nangka Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

04 September 2019, at 10:00
0
0
Selain Enak Dimakan, Biji Nangka Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Siapa sih yang nggak tahu buah nangka? Buah dengan rasa manis tersebut memang menjadi kesukaan banyak orang. Bahkan bijinya pun bisa dikonsumsi, lho.

Selain karena rasanya yang enak, biji nangka ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Jadi stop dibuang, karena kamu bakal dapat keuntungan seperti berikut ini.

1. Menyehatkan Pencernaan

menyehatkan pencernaan
andreiatorres.com

Tahukah kamu, salah satu manfaat biji nangka adalah menyehatkan pencernaan? Kondisi tersebut dipengaruhi oleh banyaknya prebiotik yang merupakan senyawa peningkat pertumbuhan atau aktivitas bakteri baik pada saluran cerna.

Selain itu, dalam 100 gram biji nangka rebus terkandung cukup banyak serat yaitu sekitar 1,5 gram. Sehingga mengonsumsinya dapat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan lain sebagainya.

2. Mencegah Infeksi

mencegah infeksi
shutterstock.com

Selain menyehatkan pencernaan, ternyata mengonsumsi biji nangka juga bermanfaat untuk mencegah infeksi lho.

Beberapa penelitian menemukan bahwa terdapat senyawa antibakteri pada biji nangka yang cukup efektif melawan bakteri E.coli. Oleh sebab itu, makanan tersebut sudah lama dimanfaatkan sebagai obat diare alami.

3. Menurunkan Kolesterol

menurunkan kolesterol
lovefood.com

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka berpotensi menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Oleh sebab itu, mengonsumsi biji nangka secara rutin dapat membantu menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuhmu.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Buah Nangka Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa untuk Kesehatan

4. Menurunkan Risiko Kanker

menurunkan risiko kanker
baomoi.com

Manfaat lain dari biji nangka bagi kesehatan yang nggak kalah menarik adalah dapat menurunkan risiko kanker.

Hal tersebut karena biji nangka mengandung banyak senyawa antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan tannin yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

5. Menyehatkan Rambut

rambut sehat
womenshealth.pt

Biji nangka ternyata juga bermanfaat untuk menyehatkan atau meningkatkan pertumbuhan rambut lho. Hal ini karena di dalamnya terkandung protein dan vitamin A yang mampu membuat rambut menjadi lebih kuat dan nggak rapuh.

Selain itu, kandungan zat besi di dalamnya juga berguna untuk meningkatkan aliran darah ke kepala sehingga kesehatan rambut tetap terjaga.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat biji nangka yang sayang apabila kamu lewatkan. Makanan favorit siapa nih?

0 Comment