Selain Gunung Agung, Berikut ini Beberapa Gunung Berapi Aktif Lain yang Ada di Indonesia!

05 July 2018, at 06:00
1
0
Selain Gunung Agung, Berikut ini Beberapa Gunung Berapi Aktif Lain yang Ada di Indonesia!

Gunung Agung dikabarkan telah meletus hingga 5 kali dalam waktu 8 jam. Ini merupakan aktifitas gunung berapi yang cukup lama di Indonesia. Aktifitas gunung berapi ini menyusul gunung Sinabung.

Selain Gunung Agung, masih ada empat gunung berapi lainnya yang ada di Indonesia. Gunung berapi itu masih tetap aktif dan diprediksi akan bangun untuk memuntahkan “isi perut” dalam kurun waktu 20 tahun mendatang.

 

Gunung Agung, Gunung berapi di Pulau Bali

 

bogor.net

Dikabarkan Gunung Agung telah meletus hingga 5 kali pada hari Senin, 2 Juli 2018. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga hari ini. Bagi kepercayaan masyarakat Bali, Gunung Agung dianggap sebagai tempat yang suci. Gunung Agung pernah meletus secara dahsyat pada tahun 1963 dan menewaskan hingga 1.148 orang.

 

Gunung Merapi, Gunung di Jawa yang terus berapi-api

 

dailymotion.com/kompastv

Gunung Merapi bukan hanya menjadi gunung berapi aktif yang ada di Jawa atau Indonesia saja, namun juga menjadi yang paling aktif di Indonesia. Selain itu, gunung Merapi memiliki siklus erupsi jangka pendek yang tergolong cepat hanya 2-5 tahun saja. Erupsi yang dihasilkan berupa abu vulkanik yang akan menyebabkan masalah kesehatan jika terhirup oleh manusia.

 

Gunung Sinabung, Gunung di Daratan terluas di Indonesia

 

travel.detik.com

Pada beberapa tahun belakangan ini, Gunung Sinabung menjadi pusat perhatian para ahli Geologi Indonesia. Pasalnya, setelah Gunung Sinabung sudah lama tidak beraktifitas, baru-baru ini Gunung Sinabung kembali beraktifitas dengan masa erupsi yang cukup lama. Catatan para Geologi menunjukkan adanya aktifitas Gunung Sinabung yang erupsi pada 800 tahun yang lalu. Cukup lama dan mengejutkan sekali jika tiba-tiba gunung ini kembali erupsi dengan masa 8 bulan.

 

Gunung Kelud, Gunung di perbatasan kota Blitar dan Kediri

 

goldenkristours.com

Tahun 2014 yang lalu, Gunung Kelud kembali menunjukan adanya aktifitas yang signifikan. Gunung berapi ini mengeluarkan hujan abu vulkanik yang mengakibatkan berhentinya aktifitas masyarakat di Jawa Timur. Gunung ini membuat ribuan ton abu vulkanik berhembus hingga ke Yogyakarta.

 

Anak gunung Krakatau, walau “anak” namun sekali meletus mematikan puluhan ribu orang

 

malahayati.ac.id

Gunung berapi ini terakhir meletus pada tahun 1883 yang telah menewaskan 36.000 orang. Suara letusannya pun terdengar hingga Afrika, padahal jarak menuju ke sana mencapai jarak 4000-an kilometer. Selain itu, Gunung Berapi ini juga diprediksi akan meletus pada rentang tahun 2030-2050.

Itulah tadi lima gunung berapi yang ada di Indonesia, yang wajib kamu tahu. Berhati-hati dan waspadalah jika salah satu gunung berapi tersebut bangun dari tidurnya yang panjang.

Sumber : ruangpendaki.blogspot.com

0 Comment