Selain Gunung Luhur, Ini 5 'Negeri Atas Awan' di Indonesia yang Nggak Kalah Cakep

24 September 2019, at 15:00
0
0
Selain Gunung Luhur, Ini 5 'Negeri Atas Awan' di Indonesia yang Nggak Kalah Cakep

Negeri Atas Awan di Gunung Luhur mendadak viral di media sosial. Destinasi yang berada di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber ini awalnya nggak sengaja ditemukan oleh para pekerja yang sedang melakukan perbaikan jalan provinsi di Lebak Utara dan Selatan pada September 2018 lalu.

Nggak dibiarkan begitu saja, beberapa warga kemudian mengabadikan pesona alam tersebut dan membagikan ke media sosial hingga menjadi viral. Sampai sekarang, wisata Banten ini kian digandrungi karena keindahannya.

gunung luhur
instagram.com/roedy_art

Aksesnya yang mudah dijangkau oleh masyarakat luar Banten, khususnya daerah Jakarta dan sekitarnya pun membuat destinasi ini makin digandrungi traveler. Estimasi waktu untuk menjangkaunya pun cuma sekira 3 jam (kalau nggak macet).

Tempat ini memang disebut gunung. Tapi ketinggian destinasi ini cuma 901 mdpl kok. Baik kendaraan roda dua maupun empat pun bisa langsung naik sampai ke atas.

gunung luhur citorek
instagram.com/iwan_yellow

Saking cantik dan mudahnya untuk menjangkau wisata baru di Banten ini, beberapa hari terakhir wisatawan jadi membludak. Apalagi tiket masuknya juga murah, yaitu cuma Rp5 ribu. Nggak heran kalau sampai sempat menimbulkan kemacetan.

Nah, buat kamu yang lagi malas untuk menghadapi kepadatan kendaraan, nggak harus ke Gunung Luhur kok. Soalnya masih ada beberapa 'negeri di atas awan' di Indonesia. Dimana saja ya lokasinya?

1. Desa Wae Rebo

desa wae rebo
instagram.com/livingforsun

Letaknya yang terpencil, nggak membuat Desa Wae Rebo di Flores ini ditinggalkan. Berada di ketinggian, 1.200 meter mdpl, Wae Rebo masuk ke dalam salah satu desa tertinggi di Indonesia.

Letaknya dikelilingi oleh pegunungan, membuat tempat ini juga dipenuhi kabut. Itulah kenapa wilayah ini kadang disebut sebagai 'desa di atas awan' oleh beberapa orang.

Fyi, sebelum keliling desa, wisatawan harus masuk dulu ke rumah utama guna melaksanakan upacara bernama Wae Lu'u atau permohonan izin untuk menerima tamu pada leluhur. Kamu pun perlu menyiapkan lebih dulu beberapa uang untuk sesaji.

Lokasi Desa Wae Rebo : Satar Lenda, Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Tiket masuk Desa Wae Rebo : Rp100 ribu tanpa menginap dan Rp250 ribu kalau bermalam (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Puncak B29

puncak b29
instagram.com/backpackerdeva13

Pemandangan luar biasa bakal kamu lihat saat berada di Puncak B29 atau yang dikenal dengan nama Negeri di Atas Awan ini. By the way, Wisata B29 termasuk salah satu puncak di kaldera Bromo di sisi Lumajang lho. Nggak heran kalau dari sini kamu bisa melihat pemandangan Gunung Bromo.

Untuk bisa sampai ke puncak, kamu harus menggunakan jasa ojek yang tarifnya sekira Rp100 ribu PP per orang. Motor matic nggak boleh naik karena kondisi jalan menuju wisata Lumajang ini cukup ekstrem.

Lokasi Puncak B29 : Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Tiket masuk Puncak B29 : Ongkos ojek mulai dari Rp100 ribu untuk PP (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Dataran Tinggi Dieng

dataran tinggi dieng
instagram.com/anggarawepe

Negeri di atas awan selanjutnya ada di Dataran Tinggi Dieng. Kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah ini masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Letaknya pun ada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Sumbing.

Wisata Jawa Tengah yang berada di ketinggian sekira 2.000 mdpl ini sangat digandrungi traveler. Apalagi sekitar bulan Agustus 2019 kemarin, Dieng menjadi sorotan karena ada fenomena embun upas atau kadang disebut embun salju. Buat yang nggak sempat melihat, fenomena alam ini masih bisa dilihat tahun depan, tepatnya saat musim kemarau.

Lokasi Dataran Tinggi Dieng : Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Tiket masuk Dataran Tinggi Dieng : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Keren Abis! Ini 5 Wisata Temanggung untuk Menyaksikan Kegagahan Gunung Sumbing dan Sindoro

4. Gunung Kendil

gunung kendil
instagram.com/dwiriyantoo

Gunung Kendil adalah salah satu wisata di Temanggung yang recommended untuk dikunjungi. Destinasi ini menyuguhkan pemandangan sunrise yang menakjubkan. Bahkan di waktu tertentu, Gunung Kendil seolah sedang membawamu ke negeri di atas awan.

Wisata alam ini terletak di perbatasan Wonosobo dan Temanggung. Tepatnya di Desa Ngadirejo. Patokan untuk bisa sampai ke sini yaitu pertigaan tugu Pasar Ngadirejo ambil arah kiri naik. Kurang lebih 20 menit berkendara kamu sudah bisa sampai ke wisata ini.

Meski belum dikelola sepenuhnya oleh pemerintah, tapi akses menuju tempat ini sangat mudah. Sudah ada petunjuk arah dan rumah warga sebagai lokasi parkir kendaraan. Dari rumah warga, kamu pun cukup jalan kaki kurang lebih 30 menit supaya bisa sampai di gunung dengan ketinggian sekira 1.100 mdpl ini.

Lokasi Gunung Kendil : Desa Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah

Tiket masuk Gunung Kendil : Belum ada (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Kebun Buah Mangunan

kebun buah mangunan
instagram.com/masmeya

Sesuai dengan namanya, di wisata Bantul ini banyak ditanam beragam buah-buahan, seperti durian, rambutan, mangga, jeruk, dan manggis. Selain itu, ada juga pepohonan, mulai dari jati, pinus, king grass, pagar hidup berupa salak, hingga magium.

Selain berbagai macam tanaman yang tumbuh di lahan seluas 23 hektar, kamu bakal mendapat 'bonus' saat berada di sini, yaitu bikin kamu serasa berada di atas awan. Pintu bakal dibuka mulai pukul 05.00 WIB. Jadi kamu bisa langsung jalan sampai ke puncak. Buat yang nggak tahan sama hawa dingin, mending bawa jaket berbahan tebal ya!

Lokasi Kebun Buah Mangunan : Jl. Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiket masuk Kebun Buah Mangunan : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Sebelum Negeri Atas Awan Gunung Luhur di Lebak viral, ternyata ada destinasi dengan pemandangan serupa yang bisa kamu jadikan alternatif tempat liburanmu. Terutama saat wisata di Banten tersebut lagi macet-macetnya.

0 Comment