Qupas Weekend

Selain Habibie & Ainun 3, 6 Film Biopik Indonesia Ini Juga Dibintangi Reza Rahadian

20 December 2019, at 08:00
2
Selain Habibie & Ainun 3, 6 Film Biopik Indonesia Ini Juga Dibintangi Reza Rahadian

Penggemar aktor kenamaan Indonesia, Reza Rahadian, tentunya sedang berbahagia. Karena kemarin adalah momen perilisan dua film terbarunya sekaligus, "Imperfect" dan "Habibie & Ainun 3".

Dua film Reza Rahadian 2019 tersebut punya cerita yang sangat berbeda. "Imperfect" diketahui mengangkat isu body shaming sedangkan "Habibie & Ainun 3" adalah sekuel ketiga dari "Habibie & Ainun" yang tayang di tahun 2012 lalu.

Cerita "Habibie & Ainun 3" sendiri akan lebih fokus pada kisah Ainun saat muda. Dan Reza Rahadian yang memerankan BJ Habibie, kali ini ditemani oleh Maudy Ayunda sebagai Ainun.

habibie ainun 3
instagram.com/hanungbramantyo

Kalau dilihat kembali, Reza memang sudah berperan dalam berbagai genre film. Mulai dari drama, komedi, hingga biopik.

Nah, ngomongin tentang film biopik, sebelum "Habibie & Ainun 3" Reza Rahadian terhitung sering membintangi film biografii Indonesia lho. Apa saja ya?

1. Benyamin Biangkerok (2018)

Benyamin Biangkerok (2018)
imdb.com

Di film terbaru ini, Reza Rahadian memerankan sosok legenda Betawi, Benyamin Sueb. "Benyamin Biangkerok" mengisahkan tentang Pengki yang berusaha menyelamatkan pemukiman warga yang terancam digusur secara sepihak.

Meski permasalahan yang ada melibatkan mafia yang dikenal menguasai bisnis di Indonesia, tapi film komedi ini nggak lupa menyajikan berbagai macam adegan jahil yang lucu dan mengundang tawa.

2. Kartini (2017)

reza rahadian 2017
twitter.com/legacypictures

Film tentang pahlawan Indonesia ini mengikuti kisah inspiratif R.A. Kartin. Kamu bisa menyaksikan bagaimana perannya saat menjadi penggerak usaha para pengrajin mebel di Jepara, hingga perjuangan beliau lainnya yang masih relevan dengan kemajuan Indonesia saat ini.

Selain itu, hadir pula Reza Rahadian yang memerankan karakter Sosrokartono, kakak dari Kartini. Meskipun nggak terjun sebagai pemeran utama, tapi kehadirannya tetap mencuri perhatian.

3. 3 Srikandi (2016)

3 srikandi 2016
impawards.com

“3 Srikandi” dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan, dan Tara Basro. Ceritanya mengangkat kisah nyata tiga atlet panahan tanah air ketika mengikuti ajang Olimpiade Seoul 1988.

Dengan dukungan pelatihnya, Donald Pandiangan (Reza Rahardian) perjuangan ketiga srikandi ini akhirnya membuahkan hasil dan sukses membawa pulang medali pertama untuk Indonesia.

Baca juga: 7 Film Indonesia Bertema Wanita Inspiratif yang Bisa Menambah Semangat

4. Rudy Habibie (2016)

Rudy Habibie 2016
imdb.com

Film biografi Indonesia ini sebenarnya adalah prekuel dari '"Habibie & Ainun". Ceritanya diadaptasi dari novel berjudul "Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner" karya Gina S. Noer.

"Rudi Habibie" banyak menceritakan tentang kisah BJ Habibie yang jarang diketahui orang. Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Chelsea Islan ini tentunya wajib buat ditonton.

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

guru bangsa tjokroaminoto 2015
amiratthemovies.wordpress.com

Seperti judulnya, cerita film Reza Rahadian ini berfokus pada kisah sang guru bangsa yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan, Tjokroaminoto.

"Guru Bangsa: Tjokroaminoto" menggambarkan bagaimana Tjokroaminoto rela mengesampingkan status kebangsawanannya demi berjuang untuk bangsa. Salah satunya dengan membangun organisasi Sarekat Islam.

6. Habibie & Ainun (2012)

habibie & ainun 2012
tigafilm.blogspot.com

Di film biopik bergenre romantis ini Reza Rahadian berpasangan dengan Bunga Citra Lestari. Kisahnya tentang kesetiaan dan cinta tulus mantan Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie pada Ainun yang telah menginspirasi banyak orang.

Bukan cuma itu, kamu juga bisa melihat lika-liku perjuangan sang ahli pesawat terbang yang begitu berbakti pada bangsa dan negaranya. Kisahnya pun membuat setiap penontonnya terenyuh.

"Habibie & Ainun" bisa dibilang sebagai film biografi terbaik buatan Indonesia. Bahkan Reza juga berhasil meraih banyak penghargaan karena sukses memerankan sosok mantan Presiden BJ Habibie dengan sangat baik.

Baca juga: 7 Film Biografi Terbaik yang Menampilkan Perjuangan Tokoh Ternama Secara Epik

Itulah 6 film biopik Indonesia terbaik yang dibintangi oleh Reza Rahadian. Kamu sudah nonton yang mana?