Qupas Healthy

Selain Jadi Hiburan, Ini Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

14 February 2020, at 08:00
Selain Jadi Hiburan, Ini Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Mendengarkan musik sudah menjadi kegiatan penting dalam kehidupan sehari-hari sebagaian besar orang. Meskipun demikian, masih banyak yang menganggap musik sebagai sebuah bentuk seni dan hiburan semata.

Padahal, mendengarkan musik memiliki banyak manfaat termasuk untuk kesehatan fisik dan mental. Penasaran, kan? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Meredakan Stres dan Gangguan Kecemasan

Gangguan Kecemasan (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Manfaat mendengarkan musik yang pertama adalah meredakan stres dan gangguan kecemasan. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan suasana hati sehingga membuat kondisi psikologis menjadi lebih baik.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai dapat membantu lebih tenang dan membuat seseorang menjadi lebih bahagia.

2. Menyehatkan Jantung

Jantung (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Selain dapat mengatasi masalah kesehatan mental, mendengarkan musik juga baik untuk jantung lho. Penelitian yang dilakukan oleh University Maryland Medical Center telah membuktikan hal tersebut.

Studi ilmiah itu mengungkapkan mendengarkan musik ceria dapat memengaruhi relaksasi jantung dan meningkatkan aliran darah sampai 26 persen.

3. Meredakan Rasa Sakit

Manfaat Musik (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Selain baik untuk jatung, mendengarkan musik juga diklaim memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit. Irama musik diklaim bisa mengurangi ketegangan otot setelah aktivitas berat.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Utah Pain Research Center mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut dapat membuat seseorang melupakan rasa sakit fisik mereka.

Baca juga: Menurut Penelitian, Berbuat Baik Kepada Orang Lain Bisa Membantu Mengurangi Rasa Sakit

4. Menyehatkan Otak

Manfaat Mendengarkan Musik (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Tahu nggak sih, sebuah penelitian membuktikan bahwa musik menghasilkan getaran suara yang bisa merangsang gelombang otak. Itulah mengapa orang yang sering melakukan kegiatan menyenangkan tersebut memiliki otak yang lebih tajam.

Selain itu, penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang sering terkiat dengan musik, entah mendengarkan maupun memaikan, memiliki otak yang lebih awet muda.

5. Mempertajam Daya Ingat

​​​​​​​Mendengarkan Musik (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Manfaat mendengarkan musik lainnya adalah dapat mempertajam ingatan. Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di Hongkong.

Hasilnya, ditemukan bahwa orang-orang yang sering berhubungan dengan musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan yang nggak suka dengan musik.

6. Melindungi Pendengaran

Pendengaran (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Mungkin selama ini kamu tahu bahwa mendengarkan musik dengan volume kerasa dapat merusak pendengaran. Namun, sebuah penelitian yang dimuat dalam Washington Post mengungkapkan bahwa kegiatan menyenangkan tersebut justru dapat melindungi pendengaran.

Studi tersebut menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membuat pendengaran terlatih. Meskipun demikian, kamu tetap harus berhati-hati dan jangan memasang volume terlalu keras ya!

Well, ternyata manfaat mendengarkan musik untuk kesehatan cukup banyak ya Sobat Qupas. Ini termasuk hobimu nggak?