Selain Jakarta, 4 Masjid Terapung Ini Juga Tersebar di Penjuru Indonesia

12 November 2019, at 17:00
0
0
Selain Jakarta, 4 Masjid Terapung Ini Juga Tersebar di Penjuru Indonesia

Calon masjid terapung di Jakarta bakal segera dibangun. Sebagai simbolisnya, pada Sabtu, 9 November 2019 lalu, pengelola Kawasan Wisata Taman Impian Jaya Ancol sudah melakukan seremoni pemancangan tiang pertama.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol sendiri direncanakan bakal memakan waktu kurang lebih selama 1 tahun. Lokasinya yang menjorok dari daratan menjadikan bangunan ini unik dan mungkin satu-satunya di Jakarta.

Dilansir dari official account PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, nantinya area masjid bakal memiliki luas 2.000 meter persegi dan bisa menampung sampai 2.500 jemaah.

masjid apung ancol
instagram.com/jaya.ancol

Bangunannya akan berbentuk segi lima, yang mencerminkan rukun Islam dan jumlah salat wajib dalam satu hari. Tinggi yang mencapai 25 meter melambangkan jumlah Nabi. Sedangkan isi luar masjid terdapat 6 menara yang melambangkan dasar rukun iman.

Membayangkannya saja, sepertinya Masjid Apung Ancol bakal bikin setiap orang terkesan. Tapi sayang, pembangunannya belum selesai.

Eits! Nggak perlu sedih, kamu masih bisa kok berwisata religi di beberapa masjid terapung yang tersebar di seluruh Indonesia. Hitung-hitung sambil nunggu pembangunan Masjid Apung Jakarta selesai gitu.

1. Masjid 99 Kubah

masjid 99 kubah
instagram.com/afdhal.af

Masjid yang menghadap langsung ke Pantai Losari Makassar ini bakal jadi ikon baru untuk Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, ada 99 kubah di bangunan ini.

Selain desain bangunnya yang unik, letak masjid yang berada di perairan itu membuatnya seolah terapung. Belum lagi dengan atraksi air mancur yang bakal muncul selama 30 menit selepas Maghrib. Cantik banget deh!

Lokasi Masjid 99 Kubah : Kawasan Centre Poin Of Indonesia (CPI) Makassar, Sulawesi Selatan

2. Masjid Amirul Mukminin

masjid amirul mukminin
instagram.com/adi_mrizal

Masjid terapung-nya Indonesia ini berada di timur laut Pantai Losari. Diklaim sebagai yang pertama di Tanah Air, Masjid Amirul Mukminin dikenal karena berada di atas alut. Bahkan saat pasang, bangunan ini seolah-olah mengapung di perairan.

Diresmikan pada 21 Desember 2012 oleh Jusuf Kalla, masjid ini pun menjadi landmark Makassar yang dikenal sebagai salah satu kota wisata religi di Indonesia.

Lokasi Masjid Amirul Mukminin : Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Baca juga: 7 Masjid Unik di Indonesia untuk Kamu yang Pengen Berwisata Religi

3. Masjid Terapung Amahami

masjid terapung amahami
instagram.com/fahmiabdas

Sesuai dengan namanya, bangunan masjid terapung ini berada di kawasan Pantai Amahami. Bentuknya yang unik membuat tempat ibadah ini menjadi salah satu landmark terbaru di Kota Bima.

Masjid Amahami ini didesain oleh tim Universitas Petra Surabaya yang mendapat mandat langsung dari Pemerintah Kota Bima. Selain unik, rancangan bangunan ini pun ternyata mengandung makna khusus.

'Nggusu Waru' dan 'Uma Lengge', filosofi kepemimpinan di masyarakat Bima ini diwujudkan ke dalam rancangan dasar masjid terapung. Kemudian dipadukan dengan desain bintang Al-Quds, yaitu simbol terkenal dalam ajaran Islam.

Lokasi Masjid Terapung Amahami : Jalan Sultan Muhamad Salahuddin, Belo, Bima, Nusa Tenggara Barat

4. Masjid Al-Aminah

masjid terapung al aminah lampung
instagram.com/wiriansyiddin

Berada di kawasan Pantai Sari Ringgung, masjid unik ini memang tampak terapung. Karena lokasinya berada di sekitar Teluk Lampung, kamu nggakbakal menemukan bunga maupun rumput di sekitarnya. Sebagai gantinya, ikan-ikan yang bakal menghiburmu selepas beribadah di Masjid Al-Aminah.

Bangunan masjid ini sendiri berdiri di atas puluhan pelampung yang asalnya dari drum plastik besar. Secara keseluruhan, masjid ini bisa menampung hingga 200 jemaah sekaligus, lho.

Lokasi Masjid Al-Aminah : Desa Sidodadi, Padang Cermin, Kabupaten Pesarawan, Lampung

Nah, itu dia masjid terapung Indonesia yang bukan unik dan megah. Jadi sambil menunggu pembangunan Masjid Apung Ancol selesai, kamu bisa tuh beribadah dan berwisata religi di sana.

0 Comment