Selain Jeroan dan Asinan, Ini Lho 5 Junk Food Lainnya yang Mungkin Jadi Makanan Favoritmu

14 July 2019, at 15:00
0
0
Selain Jeroan dan Asinan, Ini Lho 5 Junk Food Lainnya yang Mungkin Jadi Makanan Favoritmu

Junk food adalah jenis makanan yang rendah gizi. Istilah makanan ini jelas nggak sehat untuk tubuh. Walau terkadang junk food memang mengenyangkan dan lezat di lidah.

Efek bahaya pada tubuh yang ada di junk food tentu lebih besar dari pada fast food. Itu karena kandungan kadar lemak dan garam yang cukup tinggi terdapat di dalamnya.

Nah, tahu nggak sih kalau jeroan juga masuk dalam kategori junk food? Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang juga termasuk junk food. Yuk cari tahu, siapa tahu ada makanan favoritmu!

1. Jeroan

jeroan sapi
beritagar.id

Makanan enak yang disajikan dengan sambal ini memang menggoda sekali. Mengandung protein yang baik untuk tubuh, tapi juga ada kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya yang tinggi.

Menyantap jeroan dalam jumlah banyak tentu bisa menyebabkan beberapa penyakit yang disebabkan dari kandungan berbahaya yang menumpuk dalam tubuh.

2. Asinan

asinan junk food
instagram.com/fridajoincoffee

Saat melewati proses pembuatan, asinan akan diberi tambahan garam yang banyak hingga melewati batas. Bukan hanya itu saja, tapi juga penambahan amonium nitrit yang bisa membahayakan tenggorokan.

Kadar garam tinggi juga bisa merusak selaput lendir pada usus. Wih, bahaya juga bukan?

3. Keripik

keripik asin
bukalapak.com

Camilan ini biasanya disajikan dalam beberapa rasa, ada yang pedas, asin, dan manis. Tapi tahukah kamu, kalau keripik biasanya dikemas dengan tambahan gula, garam, dan lemak jenuh agar rasanya tetap terjaga sampai di tangan pelanggan.

Bahan-bahan itu diberikan dalam jumlah yang cukup banyak sehingga bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis yang membahayakan.

Baca juga : 6 Tips Membuat Omelet Lezat untuk Menu Sarapan Rendah Karbo

4. Roti Putih

roti putih junk food
cherienoms.com

Seperti yang dilansir oleh American Journal of Clinical Nutrition, roti putih nggak mengandung banyak nutrisi. Pasalnya bahan utamanya, tepung, sudah melewati banyak proses dan penambahan bahan lainnya seperti gula.

Lebih baik, beralihlah ke roti gandum yang sumber serat dan kadar gulanya nggak banyak. Selain itu, bahan makanan ini juga enak dimasak menjadi apapun, termasuk sandwich.

5. Cheesecake

cheesecake junk food
onceuponachef.com

Dessert favorit yang bisa dipesan di kafe hits ini ternyata masuk dalam kategori junk food lho. Kue keju yang lumer di mulut ini memiliki asupan kalori hingga 860.

Tambahan perasa, gula, dan bahan lainnya membuat kue kekinian ini nggak baik kalau dimakan terlalu sering.

6. Cheese Burger

cheese burger junk food
epicurious.com

Kalori dan kolesterol yang tinggi memang menjadi masalah saat menyantap cheese burger. Bukan hanya kandungan itu saja, tapi juga adonan tepung dan bumbu yang digunakan bisa juga tercampur dengan HFCS.

High Fructose Corn Syrup adalah zat tepung yang mengantung gula. Bahan ini membuat seseorang yang menyantapnya nggak mudah kenyang dan mendorong seseorang untuk makan berlebihan.

7. Chicken Teriyaki

chicken teriyaki
archanaskitchen.com

Kalau di Jepang, bahan utama yang digunakan adalah ikan. Namun, di luar Negeri Sakura yang digunakan adalah daging ayam atau sapi.

Makanan khas Jepang ini memang rendah kalori dan lemak, tapi saat pembuatan bumbuya, biasanya restoran akan menambahkan MSG dan bahan lainnya untuk menjaga rasa enak di lidah pengunjung.

Itulah tujuh junk food yang mungkin menjadi makanan favoritmu. Makanan yang rendah gizi dan memiliki banyak kadar lemak jenuh ini sebaiknya dihindari ya, agar tubuh tetap bugar dan selalu sehat!

0 Comment