Qupas Pop

Selain Kota Padang, 5 Negara Ini Juga Denda Jutaan Rupiah Orang yang Buang Sampah Sembarangan

31 January 2020, at 05:00
Selain Kota Padang, 5 Negara Ini Juga Denda Jutaan Rupiah Orang yang Buang Sampah Sembarangan

Membuang sampah sembarangan adalah perilaku nggak terpuji yang memang harus segera dihindari. Harus ada aturan khusus dan mengikat untuk mendisiplinkan masyarakat akan pentingnya buang sampah pada tempatnya.

Seperti aturan yang baru-baru ini diterapkan oleh Pemerintah Kota Padang. Dimana warganya akan mendapatkan uang Rp100 ribu untuk yang berani mengadukan siapa yang buang sampah sembarangan.

Aturan Sampah di Padang (Foto: kkp.go.id)
kkp.go.id

Nggak hanya itu saja, tapi bagi masyarakat yang terbukti membuang sampah sembarangan akan didenda hingga 5 juta rupiah seperti yang tertulis dalam Perda Kota Padang Nomor 21 Tahun 2012.

Kota Padang nggak sendirian dalam mengatur warganya untuk membiasakan diri dalam membuang sampah pada tempatnya. Tapi lima negara ini juga berlakukan aturan ketat. Dimana saja ya?

1. Singapura

Pengelolaan Sampah di Singapura (Foto: eco-business.com)
eco-business.com

Negeri Singa Putih ini akan menindak tegas warga atau pelancong yang ada di sana, untuk nggak membuang sampah sembarangan. Aturan ini merujuk pada Undang-undang Kesehatan Lingkungan Publik Singapura.

Bagi pelanggar yang dengan sadar melakukan kesalahannya tersebut, akan didenda dengan uang 300 dolar Singapura atau setara dengan Rp3,1 juta.

2. Hong Kong

Tempat Sampah di Hong Kong (Foto: i-scmp.com)
i-scmp.com

Setelah Singapura, Hong Kong juga punya aturan yang cukup ketat untuk mendisiplinkan warganya tertib membuang sampah. Petugas Hong Kong akan menggunakan CCTV sebagai barang bukti menindak masyarakat yang melanggar aturan itu.

Denda yang harus dibayarkan oleh para pelanggar adalah 1.500 dolar Hong Kong atau setara dengan Rp2.250.000.

Baca juga: Keren! Driver Ojol Ini Punguti Sampah Sambil Bekerja, Alasannya Bikin Bangga

3. Jepang

Tempat Sampah di Jepang (Foto: onlinevoice.info)
onlinevoice.info

Bukan hanya ditertibkan untuk nggak membuang sampah sembarangan, tapi pemerintah setempat juga memberlakukan aturan membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

Ada sampah alami dan sampah anorganik. Pemisahan ini akan memudahkan untuk mengolahnya saat di bank sampah.

4. Inggris

Tempat Sampah di Inggris (Foto: thetimes.co.uk)
thetimes.co.uk

Pemerintah Inggris juga menerapkan sanksi tegas bagi siapa saja yang melanggar aturan membuang sampah sembarangan.

Nggak nanggung-nanggung, denda yang harus dibayarkan mencapai 150 poundsterling atau sekitar Rp2,6 jutaan lho. Nggak pandang bulu, apakah sampah yang dibuang sembarangan itu sedikit atau banyak.

Denda yang diberikan tetaplah sama. Hi...hati-hati ya!

5. Jerman

Tempat Sampah di Jerman (Foto: nytimes.com)
nytimes.com

Negara Jerman juga memiliki aturan baik untuk mengurusi pengelolaan sampah. Misalnya saja, memisahkan sampah organik atau anorganik.

Jika, ada masyarakatnya yang ketahuan nggak memisahkan sampah. Maka pemerintah setempat nggak segan-segan untuk mengenakan denda sebesar 25 Euro atau setara dengan 500 ribu rupiah.

Itulah lima negara yang sudah menerapkan aturan ketat untuk para warganya dalam membuang sampah pada tempatnya. Yuk, dibiasakan sejak dini biar lingkungan tempat tinggal kita nggak jadi sarang penyakit!