Selain Marlina, Sederet Film Indonesia Terbaik ini Juga Pernah Dijagokan untuk Nominasi Piala Oscar

24 February 2019, at 13:00
0
0
Selain Marlina, Sederet Film Indonesia Terbaik ini Juga Pernah Dijagokan untuk Nominasi Piala Oscar

Tahun ini, Academy Awards ke-91 atau Piala Oscar 2019 akan digelar pada Minggu malam (24/2) waktu Los Angeles atau Senin pagi (25/2) besok waktu Indonesia.

Acara ini dikenal sebagai ajang tertinggi perfilman dunia yang digelar sebagai bentuk penghargaan pada sineas terbaik. Dan tahukah kamu, sejak 1987 silam, Indonesia aktif mengirim karyanya untuk bersaing di nominasi Oscar lho.

Ya, karya visual dari Indonesia memang sering diajukan dalam nominasi kategori Best Foreign Language Film atau Film Berbahasa Asing Terbaik. Tahun ini, ada "Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak" yang dijagokan untuk maju ke nominasi Oscar.

Baca juga: Film Terbaru Ini Berhasil Memborong Nominasi di Piala Oscar 2019

Namun sayang, perwakilan dari Indonesia lagi-lagi belum berhasil menembus nominasi. Karena seperti yang diketahui, Marlina pun harus bersaing dengan 86 film terbaik yang berasal dari seluruh belahan dunia.

Selain Marlina, ada judul apa saja ya yang pernah dijagokan ke Academy Awards? Yuk simak deretan film Indonesia terbaik yang sempat dikirim ke nominasi Piala Oscar dalam beberapa tahun terakhir, berikut ini.

1. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak
blogspot.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sempat dikirim untuk mewakili Indonesia dalam ajang Piala Oscar 2019. Meski belum berhasil masuk nominasi, film yang dibintangi Marsha Timothy ini sudah memborong penghargaan di dalam negeri.

Dalam acara Piala Citra Festival Film Indonesia 2018 saja, film terbaru garapan sutradara Mouly Surya ini berhasil membawa pulang 10 penghargaan sekaligus.

Untuk ceritanya sendiri, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak berkisah tentang wanita di padang sabana Sumba yang berhasil 'menghabisi' kawanan perampok yang telah mengancam nyawa, harta, juga kehormatannya.

2. Turah

Film Turah
instagram.com/fourcoloursfilms

Tahun lalu, film Turah dipilih oleh komite seleksi bentukan Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI) untuk maju ke Piala Oscar 2018.

Film ini berkisah tentang warga kampung Tirang yang tak mengetahui arti dari sebuah mimpi. Sebab, hidup mereka selalu didikte dan mengandalkan welas asih dari juragan kaya raya di wilayah itu, Darso dan Pakel.

3. Surat dari Praha

Surat dari Praha
imdb.com

Di tahun 2017, Indonesia mengajukan Surat dari Praha untuk nominasi Piala Oscar ke-89. Film ini dibintangi oleh deretan aktor dan aktris berbakat tanah air.

Diantaranya ada Julie Estelle, Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Widyawati, dan Tio Pakusadewo. Untuk ceritanya sendiri, Surat dari Praha mengikuti perjalanan Larasati yang harus memenuhi wasiat ibunya.

Yaitu untuk mengantarkan sebuah kotak dan sepucuk surat untuk Jaya (Tio Pakusadewo) di Praha.

4. Soekarno

film soekarno
imdb.com

Soekarno jadi film Indonesia yang diunggulkan untuk maju ke Academy Awards di tahun 2015. Saat itu, karya sutradara Hanung Bramantyo ini harus bersaing dengan 85 peserta lainnya.

Film Soekarno sendiri menceritakan tentang riwayat presiden pertama Indonesia dalam memperjuangkan kebebasan rakyat dari para penjajah.

Karakter Soekarno dimainkan oleh Aryo Bayu, dan ditemani Lukman Sardi sebagai Bung Hatta, Tika Bravani sebagai Fatmawati, juga Maudy Koesnaedy yang memerankan Inggit Garnasih.

Baca juga: 8 Film Barat Bertema Politik, Penuh Intrik dan Jauh dari Kesan Membosankan

5. Sang Kiai

Sang Kiai
blogspot.com

Untuk mengikuti pesta Piala Oscar 2014, Indonesia mengajukan Sang Kiai agar bersaing di nominasi kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Tayangan yang dibintangi Adipati Dolken, Ikranagara, Christine Hakim, dan Agus Kuncoro ini mengangkat kisah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama sekaligus pejuang kemerdekaan dari Jombang, Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari.

6. Sang Penari

Sang Penari
imdb.com

Film rilisan tahun 2011 ini juga sempat dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang bergengsi Academy Award ke-85. Sang Penari diketahui hasil adaptasi novel Ronggeng Dukuh paruk karangan Ahmad Tohari.

Film romantis Indonesia ini berlatar di tahun 1960-an dan menceritakan kisah cinta yang tragis antara seorang pemuda desa dengan penari ronggeng.

7. Di Bawah Lindungan Ka'bah

Di Bawah Lindungan Ka'bah
blogspot.com

Untuk memperebutkan kategori Best Foreign Language Film di tahun 2012, Indonesia mengirimkan Di Bawah Lindungan Ka'bah. Film yang dibintangi oleh Laudya Chintya Bella ini mengadaptasi novel sekaligus karya sastra klasik milik Hamka.

Film besutan Hanny R. Saputra ini juga menceritakan kisah cinta yang tragis, antara Hamid dan Zainab yang tak bisa bersatu hingga maut menjemput mereka.

8. Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Alangkah Lucunya (Negeri Ini)
imdb.com

Di tahun 2011 ada karya Deddy Mizwar yang diajukan untuk 'bertanding' memperebutkan posisi dalam daftar nominasi Piala Oscar. Alangkah Lucunya (Negeri Ini) sendiri punya ide cerita yang menarik.

Dibintangi oleh Reza Rahadian, drama komedi satire ini berusaha mengangkat potret nyata yang ada di Indonesia.

Nah, itulah deretan film terbaik Indonesia yang sempat bersaing untuk masuk ke nominasi Piala Oscar. Favoritmu ada nggak nih?

0 Comment