Selain Melatih Tanggung Jawab, Ini Lho Manfaat Melibatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah Tangga

30 September 2019, at 17:00
0
0
Selain Melatih Tanggung Jawab, Ini Lho Manfaat Melibatkan Anak dalam Pekerjaan Rumah Tangga

Meminta anak untuk melakukan pekerjaan rumah tangga ternyata nggak hanya melatih si kecil untuk disiplin dan bertanggung jawab saja lho.

Kegiatan sepele seperti menyapu, mencuci piring, dan lain sebagainya justru memiliki manfaat positif bagi anak.

Dikutip dari verywellfamily.com, tugas sederhana yang dilakukan anak usia sekitar 5 tahun membuatnya mendapatkan banyak pelajaran penting yang akan dibawa hingga dewasa. Apa saja ya?

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

anak mencuci piring
gettyimages.com

Salah satu manfaat membiasakan anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga yang sederhana adalah meningkatkan rasa percaya dirinya.

Saat anak berhasil menyelesaikan tanggung jawabnya untuk melakukan pekerjaan rumah, si kecil akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Hal tersebut kemudian dapat memicu rasa percaya diri dan kemandiriannya.

2. Menguatkan Hubungan

anak dan ibu memasak
shutterstock.com

Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, kegiatan seperti meyapu dan mencuci piring bersama ternyata dapat meningkatan atau menguatkan hubungan antara anak dengan ibu atau anggota keluarga lain.

Siapa sangka ya hal sederhana seperti pekerjaan rumah justru dapat membangun bonding antara anggota keluarga!

3. Mengajarkan Anak untuk Saling Membantu

anak dan ayah menyapu
depositphotos.com

Memberikan tugas atau tanggung jawab pada anak untuk melakukan pekerjaan rumah juga mengajarkan kepada buah hati untuk saling membantu.

Hal tersebut akan menumbuhkan rasa peduli dan empati si kecil kepada orang lain. Orang tua dapat mengajarkan kepada anak bahwa membantu sesama akan memberikan kebahagiaan tersendiri.

Baca Juga: Takut Anak Jadi Egois? Lakukan Cara Sederhana Ini untuk Menghindarinya

4. Anak Lebih Sukses di Masa Depan

anak bersih bersih
sparkleandshine.today

Memberikan pekerjaan rumah kepada si kecil juga bisa membuat anak menjadi lebih sukses di masa depan. Hal tersebut telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Marty Rossman dari University of Minnesota.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena anak belajar tanggung jawab, kesabaran, keuletan, bekerja sama, dan lain sebagainya saat membantu melakukan pekerjaan rumah.

5. Anak Belajar Mengatur Waktu

anak melakukan pekerjaan rumah tangga
shutterstock.com

Selain itu, anak ternyata juga belajar untuk mengatur waktu apabila orang tua terbiasa memberikan tugas rumah padanya lho.

Penelitian yang dilakukan Standford University menyebutkan bahwa saat membantu mengerjakan pekerjaan rumah anak akan merasakan kehidupan nyata yang memaksa mereka untuk melakukan banyak hal sehingga akan terbiasa untuk mengatur waktu dengan baik saat dewasa.

Wah, ternyata banyak ya Sobat Qupas manfaat dari memberikan tugas rumah untuk anak. Nggak nyangka ya?

0 Comment