Selain Memelihara Ikan Cupang, 5 Langkah Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah DBD

05 February 2019, pada 09:00
0
0
Selain Memelihara Ikan Cupang, 5 Langkah Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah DBD

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia sedang diteror oleh penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD.Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut memang menjadi masalah musiman di negera ini.

Banyaknya orang yang terserang membuat warga berbondong-bondong membeli ikan cupang. Ikan hias cantik ini memang dinyatakan mampu mencegah DBD dengan cara membasmi jentik-jentik nyamuk.

Selain ikan cupang, ini lho 5 cara mencegah demam berdarah yang bisa kamu lakukan.

1. Bersihkan Bak Mandi Seminggu Sekali

bersihkan bak mandi seminggu sekali untuk mencegah dbd
shutterstock.com

Air merupakan tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti. Siklus kehidupannya dimulai ketika nyamuk betina bertelur pada dinding tempat yang berisi air.

Larva tersebut akan mendapatkan makanan dari mikroorganisme yang hidup disekitarnya.

membersihkan bak mandi mencegah demam berdarah
media.rooang.com

Tahapan larva menjadi nyamuk berlangsung selama 8 sampai 10 hari. Membersihkan atau menguras bak mandi seminggu sekali akan efektif untuk mencegah DBD.

Hal ini karena siklus perkembangbiakan nyamuk telah diputus sebelum lengkap.

2. Perhatikan Perabotan Rumah yang Menampung Air

mencegah deman berdarah dengan memperhatikan perabotan yang berisi air
pixabay.com

Selain bak mandi, kamu juga harus memperhatikan perabotan rumah yang bisa menampung air. Baskom air, vas bunga, ember, dan lain sebagainya berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

mencegah dbd dengan membersihkan perabot rumah
dekoruma.com

Rajin membersihkan sampah juga merupakan salah satu cara mencegah demam berdarah yang cukup efektif. Usahakan agar tidak membuang sampah sembarangan sehingga bisa menjadi tempat air tergenang.

3. Jangan Menggantung Baju Terlalu Lama

jangan menggantung baju terlalu lama untuk mencegah dbd
pexels.com/@evgphotos

Cara mencegah demam berdarah yang selanjutnya adalah dengan tidak menggantung baju terlalu lama. Perhatikanlah gantungan bajumu kotormu, pilahlah agar tidak terlalu menumpuk dan menjadi sarang nyamuk.

singkirkan baju kotor untuk mencegah nyamuk
flickr.com

Pasalnya, nyamuk sangat menyukai aroma manusia, sehingga dia akan sering hinggap pada baju-baju kotormu. Jika memang terlalu sibuk untuk mencuci, sebaiknya taruhlah pakaian kotor di tempat yang bersih dan tertutup.

Baca Juga: Sering Gak Disadari, Begini Lho Gejala Demam Berdarah

4. Gunakan Kasa Nyamuk

menggunakan kasa nyamuk di jendela untuk mencegah dbd
pexels.com/@daria-shevtsova

Nyamuk penyebab demam berdarah akan mudah masuk ke dalam rumah apabila ada banyak celah yang terbuka. Sebaiknya kamu menggunakan atau memasang kasa nyamuk pada rumahmu.

menggunkan kasa nyamuk pencegahan demam berdarah
pexels.com/@studio-7042-215243

Memasang pada pintu dan jendela bisa menjadi salah satu cara mencegah demam berdarah dan melindungi diri serta keluarga tercinta. Jangan lupa juga untuk memasangnya pada setiap ventilasi udara.

5. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

gunakan lotion anti nyamuk untuk mencegah dbd
rd.com

Menggunakan lotion anti nyamuk bisa menjadi alternatif pencegahan DBD. Gunakanlah secara merata, terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian.

Kamu bisa menggunakannya sebelum tidur agar terlindungi dari gigitan nyamuk.

lotion anti nyamu dapat mencegah penyakit dbd
sheknows.com

Selain itu, lotion nyamuk juga harus digunakan saat berpergian keluar rumah pada malam hari. Hal ini karena nyamuk demam berdarah biasanya aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

Jadi, kamu bisa melakukan 5 hal di atas untuk mencegah DBD. Melakukan fogging dan memelihara ikan cupang juga bisa menjadi salah alternatif pencegahan.

Jangan menunggu ada yang sakit ya. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, kan? Ingin mendapatkan info dan tips kesehatan lainnya? Unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

0 Komentar