Selain Merkuri, Inilah Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Kamu Hindari

03 October 2018, at 08:31
0
0
Selain Merkuri, Inilah Bahan Kosmetik Berbahaya yang Harus Kamu Hindari

Mungkin sudah menjadi pengetahuan umum kalau penggunaan merkuri dalam produk kecantikan telah dilarang di beberapa negara. Senyawa ini sangat berbahaya karena bersifat korosif pada kulit.

Tapi tahukah kamu, masih banyak lho senyawa lain dalam produk kecantikan yang perlu diwaspadai. Meski penggunaannya tidak secara resmi dilarang, ada beberapa bahan yang ternyata cukup berbahaya bagi tubuh.

Untuk itu, berikut ini Qupas telah merangkum 8 bahan kosmetik berbahaya yang harus kamu hindari.   

1. Timbal

kandungan timbal pada lipstik
theinvestigativefund.org

Timbal biasanya ditemukan pada produk kecantikan seperti lipstik, lipgloss, eye shadow, blush on, body lotion, dan shampo. Senyawa ini bisa berubah menjadi racun apabila terus digunakan.

Paparan timbal yang terakumulasi pada tubuh bisa menyebabkan beberpa masalah kesehatan. Seperti masalah kardiovaskular, ginjal, sistem kekebaan tubuh, menurunnya daya ingat, gangguan saraf, juga masalah reproduksi.

2. Sodium Lauryl Sulfat

mencuci muka menggunakan sabun
allure.com

Sodium Lauryl Sulfat (SLS) adalah bahan kimia pada produk make up dan perawatan tubuh yang ada busanya seperti sabun, shampo, pasta gigi, dan pencuci muka.

SLS sebisa mungkin harus dihindari karena bisa bersifat karsinogen. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Zat-zat dari senyawa ini menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

Maka dari itu kamu perlu waspada dengan produk yang memiliki banyak busa, pilihlah yang mendekati alami atau kandungan Karsinogennya sedikit. Caranya bagaimana? bisa dibaca di setiap bungkusnya ada rincian komposisi nah di sinilah butuh sedikit kejelian dan ketelatenan.

3. Butylated Hydroxyanisole (BHA)

menggunakan body lotion
img.leafcdn.tv

Butylated Hydroxyanisole (BHA) adalah senyawa yang berfungsi sebagai pengawet. Biasanya digunakan untuk bahan berbagai alat makeup dan body lotion agar tahan lama.

Penelitian yang dilakukan badan kesehatan Amerika menyatakan bahwa BHA dapat menyebabkan alergi dan mengganggu sistem endokrin.

Singkatnya, sistem endokrin adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain. Jadi bisa dibayangkan kalau dari situ, mengalir senyawa berbahaya ke jantung, paru-paru atau ginjal kita kan? Tentunya akan berbahaya bagi kesehatan.

Penggunaan body lotion dengan BHA bahkan diperkirakan dapat memicu terkena kanker kulit. Hal inilah yang mendasari kini banyak kosmetik dan perawatan tubuh yang bebas bahan BHA.

4. Paraben

alat makeup
fullstop.ir

Paraben masuk ke dalam jenis bahan pengawet yang berfungsi memperpanjang usia produk kecantikan. Senyawa ini biasanya ditemukan pada shampo, body lotion, maskara, foundation, dan pelembab.

Penelitian yang dilakukan di inggris menemukan bahwa paraben dari produk kecantikan akan mengendap dalam tubuh. Keberadaannya dapat menyebabkan gangguan fungsi hormon yang bisa memicu kerusakan sel payudara dan tumor.

5. Triclosan

kandungan triclosan dalam pasta gigi
nyt.com

Triclosan adalah bahan kimia yang memiliki sifat antibakteri. Masalahnya adalah, triclosan membunuh semua bakteri, termasuk bakteri baik.

Mak dari itu senyawa ini dapat menimbulkan resiko kesehatan, seperti menyebabkan resistensi bakteri dan efek hormonal lainnya. Biasanya triclosan digunakan sebagai bahan pasta gigi, obat kumur, dan sabun antibakteri.

Baca juga: Mengenal Hyaluronic Acid Dalam Dunia Kecantikan

6. Petrolatum

petrolatum dalam pelembab
advertisingmarket24.com

Petrolatum biasanya ditemukan pada pelembab, baik untuk wajah ataupun bibir. Peneliti dari Uni Eropa menyatakan bahan ini harus dihindari pada produk kecantikan karena bisa menimbulkan alergi, iritasi, dan bersifat karsinogenik seperti yang terkandung dalam bahan SLS di atas.

Senyawa yang juga disebut petroleum jelly ini berasal dari minyak bumi, sama seperti bahan bakar mobil. Coba bayangkan saja bila pelembab untuk wajahmu ternyata memiliki kandungan yang sama dengan bahan bakar kendaraan. Kamu masih mau beli?

7. Oksibenzon

menggunakan sun screen
beautybridge.com

Oksibenzon adalah bahan yang biasanya ditemukan dalam sunscreen atau tabir surya. Senyawa ini dikategorikan berbahaya karena dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Lebih dari itu, paparan sinar matahari langsung membuat oksibenzon membentuk radikal bebas yang justru merusak sel kulit.

8. Hydroquinon

efek samping hydroquinon
wixstatic.com

Penggunaan hydroquinon hanya diperbolehkan pada produk perawatan kuku. Meski begitu masih banyak yang menggunakannya sebagai bahan krim pemutih kulit.

Diakui oleh Dokter kecantikan bahwa tidak ada bahan yang lebih baik untuk memutihkan kulit selain hydroquinone. Tapi efek samping yang ditimbulkan juga tak kalah mengerikan.

Penggunaannya dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Seperti kerusakan DNA, menyebabkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman), dan kanker kulit.

Baca juga: Essential Oil, Solusi Sehat dan Cantik Tanpa Bahan Kimia

Itulah beberapa bahan dalam kosmetik yang perlu kamu waspadai. Mulai dari produk perawatan tubuh seperti sabun, hingga alat makeup yang digunakan untuk mempercantik wajah ternyata tak bisa lepas dari bayang-bayang zat kimia berbahaya.

Maka dari itu, sebelum membeli pastikan produk kecantikanmu bebas dari bahan-bahan tersebut ya.

0 Comment