Selain Nikmat Rasanya, Buah Mangga Ternyata Bisa Bikin Kamu Makin Cantik

26 February 2019, at 11:00
0
0
Selain Nikmat Rasanya, Buah Mangga Ternyata Bisa Bikin Kamu Makin Cantik

Kamu suka mengonsumsi mangga? Bila iya, mungkin patut berbahagia setelah ini. Sebab, buah yang rasanya nikmat dan menyegarkan ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan.

Konon katanya, mangga bisa jadi menu diet sehat yang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa didapat apabila kamu mengaplikasikannya sebagai perawatan kulit dan wajah.

Lantas, apa manfaat mangga untuk kecantikan lainnya ya? Daripada penasaran, yuk langsung simak berikut ini!

1. Manfaat mangga untuk menghilangkan jerawat

manfaat mangga untuk menghilangkan jerawat
stylecraze.com

Manfaat mangga bagi kecantikan yang pertama adalah bisa jadi solusi ampuh untuk mengatasi jerawat. Hal ini berkat kandungan vitamin A di dalamnya yang begitu tinggi.

Dikutip dari detik.com, seorang dermatologis bernama Dr Aparatim Goel mengatakan bahwa, vitamin A memang sering dijadikan solusi untuk menghilangkan jerawat juga bekasnya.

Untuk dapatkan khasiatnya ini, kamu bisa menyantap buahnya yang segar secara langsung tanpa perlu diolah.

2. Manfaat mangga untuk mencegah penuaan dini

manfaat mangga untuk mencegah penuaan dini
stylecraze.com

Tak hanya ampuh dalam menghilangkan jerawat, kandungan vitamin A yang dimiliki mangga disebut sebagai zat antioksidan terkuat yang mampu melawan penuaan dini.

Terlebih lagi, buah berwarna kuning ini juga bisa membantu pembentukan kolagen baru. Sehingga kulit akan lebih elastis, terhindar dari kerutan, juga keriput.

3. Manfaat mangga untuk menghilangkan komedo

manfaat mangga untuk menghilangkan komedo
pouted.com

Punya masalah komedo yang membandel? Kamu juga bisa mengandalkan mangga untuk mengatasinya.

Caranya, buat masker wajah alami dari campuran buah mangga yang telah dihaluskan dengan susu dan madu. Kemudian oleskan ke area yang memiliki komedo dan iringi dengan pijatan lembut.

Setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Manfaat mangga untuk mencerahkan kulit

manfaat mangga untuk mencerahkan kulit
stylecraze.com

Selain vitamin A, mangga kaya akan vitamin C yang sangat baik dalam mengatasi kulit kusam dan menghilangkan noda hitam. Sehingga wajah pun akan terlihat lebih cerah.

Bila mau mendapatkan kulit yang lebih kinclong, kamu bisa mengonsumsinya langsung atau mengubahnya menjadi masker wajah.

Baca juga: Kiat Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami, Hanya Perlu Waktu Singkat

5. Manfaat mangga untuk diet

manfaat mangga untuk diet
beatoapp.com

Mangga juga bisa jadi santapan yang tepat bila kamu sedang dalam misi diet. Sebab, konsumsi buahnya akan cukup membuatmu kenyang, sehingga asupan makan bisa terkontrol.

Selain itu, mangga juga dikatakan sangat baik dalam membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Berat badan pun bisa terpangkas secara efektif.

Tapi jangan lupa untuk tetap mengimbanginya dengan berolahraga.

6. Manfaat mangga untuk mencerahkan kulit yang belang

manfaat mangga untuk mengatasi kulit belang
stylecraze.com

Beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, dan kaki setiap hari akan berhadapan langsung dengan sinar matahari. Karenanya tampilan warna kulit bisa jadi tak merata atau belang.

Eits tapi jangan sedih dulu, mangga juga bisa kamu manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit belang. Caranya dengan menggosokkan bagian dalam kulit mangga ke area yang bermasalah selama 10 menit.

Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Untuk dapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa lakukan ritual ini minimal 2 kali dalam seminggu.

7. Manfaat mangga sebagai masker untuk kulit sensitif

manfaat mangga sebagai masker untuk kulit sensitif
squarespace.com

Memilih produk perawatan untuk kulit sensitif sangatlah sulit. Karena kalau sampai salah sedikit saja, wajah mulus bisa jadi taruhannya.

Kabar baiknya adalah, mangga termasuk salah satu buah yang sangat aman untuk dibalurkan pada kulit sensitif sebagai masker. Dengan begitu, manfaatnya sebagai pencerah, anti penuaan, dan pembasmi komedo pun bisa kamu nikmati.

8. Pengganti produk peeling

manfaat mangga untuk eksfoliasi wajah
stylecraze.com

Ritual pengangkatan sel kulit mati atau dikenal sebagai eksfoliasi bisa dilakukan dengan menggunakan produk peeling ataupun membuat scrub sendiri dari bahan alami.

Nah, salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah mangga. Dr Apratim Goel mengatakan bahwa kulit buah ini mengandung AHA (Alpha Hydroxyl Acids) alami yang mampu mengelupas sel kulit mati secara lembut.

Cara eksfoliasi yang benar adalah dengan menghancurkan kulit buah mangga yang telah dibersihkan dengan blender. Tapi jangan sampai membentuk pasta.

Baca juga: Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat Supaya Tak Merusak Kulit

Setelah itu, gosokkan pada kulit selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Ritual ini bisa kamu aplikasikan pada wajah, siku, serta lutut yang biasanya jadi tempat penumpukan sel kulit mati agar tampilannya jadi lebih cerah dan terasa lembut.

Itulah sederet manfaat mangga untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui. Ternyata bisa untuk diet, mencerahkan, hingga lawan penuaan dini. Menarik bukan?

0 Comment