Selain Paparan Sinar Matahari, Ini 5 Penyebab Warna Kulit Tampak Kurang Merata

01 December 2019, at 18:00
0
0
Selain Paparan Sinar Matahari, Ini 5 Penyebab Warna Kulit Tampak Kurang Merata

Paparan sinar matahari sering 'dituduh' sebagai penyebab warna kulit tampak kurang merata. Hal ini memang benar adanya.

Tapi jangan lupa, warna yang menggelap di sebagian area kulit juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Hmm, kira-kira apa saja ya yang bisa bikin wajah, tangan, dan kaki terlihat belang?

Cari tahu di sini yuk!

1. Polusi

paparan polusi udara
stocksy.com

Sering berkegiatan di luar ruangan atau hidup di kota besar? Hmm, kulitmu pastinya akrab dengan polusi udara.

Dan ternyata, polusi jadi salah satu penyebab utama warna kulit kurang merata lho. Hal ini karena adanya radikal bebas yang bisa merusak jaringan kulit.

Untuk itu, sebelum keluar rumah jangan lupa untuk melindungi kulitmu dengan sunscreen dan skincare yang tinggi antioksidan ya!

2. Bekas Jerawat

bekas jerawat

Pemilik kulit acne prone skin pastinya punya banyak PR. Karena, selain mengobati dan mencegah supaya jerawat nggak datang lagi, mereka pun harus menghilangkan bekasnya yang umumnya memerlukan waktu lama.

Bila dibiarkan, bekas jerawat yang berupa bintik-bintik akan membuat warna kulit jadi nggak merata.

Baca juga: Deretan Bahan Alami untuk Memutihkan Warna Kulit yang Belang

3. Usia

perbedaan usia
instagram.com/innisfreeofficial

Tahu nggak sih, seiring pertambahan usia, warna kulit ternyata bisa menggelap dengan sendirinya. Bintik-bintik-bintik akibat penuaan ini umumnya ditemuka pada area yang sering terpapar sinar matahari.

Maka dari itu, supaya hal ini nggak terjadi di usia muda, banyak pakar kecantikan yang menyarankan untuk mulai memakai skincare anti aging sejak memasuki usia 26 tahun.

4. Solar Lentigo

solar lentigo
circcell.com

Solar Lentigo adalah bintik hitam atau kecokelatan yang muncul di daerah kulit, seperti di wajah, lengan, atau punggung tangan. Umumnya muncul ketika radiasi sinar UV menyebabkan pigmen kulit terlalu aktif.

Bintik-bintik yang timbul biasanya berukuran kurang dari 5 mm. Tapi bisa juga menyatu dan membentuk bintik yang lebih besar sehingga membuat warna kulit jadi nggak merata.

5. Melasma

melasma
mahosot.com

Sering muncul di pipi, batang hidung, dahi, dagu, dan di atas bibir, melasma terjadi ketika sel-sel melanosit memproduksi terlalu banyak warna. Kondisi ini umumnya lebih rentan menimpa orang berkulit gelap.

Selain itu, melasma juga bisa dipicu oleh perubahan hormon pada wanita hamil, penggunaan pil KB, hingga produk perawatan yang mengiritasi kulit.

Itulah 5 penyebab warna kulit nggak merata. Sebisa mungkin hindari pemicunya ya supaya kulitmu terlihat sehat dan mulus.

0 Comment