Selain Parfum, 7 Kandungan Skincare ini Wajib Dihindari oleh Kulit Sensitif

09 July 2019, at 06:00
0
0
Selain Parfum, 7 Kandungan Skincare ini Wajib Dihindari oleh Kulit Sensitif

Perawatan untuk kulit sensitif memang harus ekstra hati-hati. Karena kalau sampai salah memilih skincare atau makeup, wajah bisa menjadi taruhannya.

Salah satu bahan kosmetik yang cukup berbahaya untuk kulit sensitif adalah parfum. Pewangi tambahan, baik yang sintetis atau yang berasal dari bahan alami dinyatakan bisa menimbulkan efek kemerahan, iritasi, bahkan jerawat.

Selain parfum, ternyata masih banyak bahan kosmetik dan skincare yang perlu diwaspadai oleh pemilik kulit sensitif lho. Apa saja?

1. SLS dan SLES

busa facial wash
instagram.com/thedallasaesthetician

Sodium Lauryl Sulphate (SLS) dan Sodium Laureth Sulphate (SLES) adalah bahan kimia pembuat busa yang biasanya ditemukan dalam facial wash, sampo, hingga deterjen.

Keduanya terbuat dari garam mineral yang mengandung sulfur. Pemilik kulit sensitif harus menghindari bahan ini karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering kronis bahkan gatal-gatal di sekujur tubuh.

2. Alkohol

skincare beralkohol
amazingy.com

Alkohol dikenal mampu menyerap kelebihan minyak pada wajah. Sayangnya, kebolehannya ini juga berpotensi membuat kulit jadi terlalu kering.

Bila dipakai dalam perawatan untuk kulit sensitif, kandungan ini bisa menimbulkan iritasi. Jadi, lebih baik hindari produk pembersih wajah, toner, atau skincare lainnya yang mengandung alkohol.

3. Phthalates

memakai parfum
be.com

Bukan cuma untuk kulit sensitif, Phthalates yang bisa ditemukan dalam parfum, sunscreen, ataupun skincare lainnya termasuk bahan yang harus dihindari ibu hamil.

Penggunaan bahan skincare ini secara terus menerus ternyata bisa memicu kanker. Pada ibu hamil, phthalates bisa memberikan dampak jangka panjang pada bayi.

Misalnya saja seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau biasa dikenal dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas pada anak.

Baca juga: Membahayakan Janin, Inilah Kandungan dalam Produk Kecantikan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

4. Oxybenzone

memakai sunscreen
unfranchise.com

Oksibenzon adalah bahan yang biasanya ditemukan dalam sunscreen atau tabir surya. Senyawa ini dikategorikan berbahaya karena dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Lebih dari itu, paparan sinar matahari langsung membuat oksibenzon membentuk radikal bebas yang justru merusak sel kulit dan berisiko menyebabkan kemerahan, gatal-gatal, jerawat, dan iritasi pada kulit sensitifmu.

5. Benzoil Peroxide

produk anti jerawat
instagram.com/innisfreeofficial

Sering digunakan dalam produk anti acne, Benzoil Peroxide ampuh untuk mengempeskan dan membasmi bakteri penyebab jerawat. Namun bahan ini terbilang cukup keras.

Efek samping yang ditimbulkan juga menakutkan. Misalnya saja bisa menimbulkan rasa gatal, iritasi, peradangan, bahkan kulit mengelupas.

6. Methylisothiazone

bahan kosmetik berbahaya
instagram.com/sensatiabotanicals

Methylisothiazolinone (MI) adalah bahan pengawet yang gampang ditemukan dalam pelembab wajah, sunscreen, deodoran, perlengkapan mandi, dan beberapa produk kosmetik.

Dari riset yang dilakukan St John’s Institute of Dermatology di London, 10% orang dengan kulit sensitif alergi terhadap bahan yang satu ini beserta turunannya.

7. Lanolin

wajah yang lembab
instagram.com/cosrx

Lanolin adalah sebutan untuk jenis minyak atau lemak esensial yang berasal dari domba. Bahan ini dikenal bagus untuk kulit kering karena mampu membuat wajah jadi lembab dan lembut.

Sayangnya kulit sensitif nggak bisa menikmatinya. Karena skincare berbahan lanolin akan memicu timbulnya komedo dan jerawat.

Nah, itulah beberapa kandungan kosmetik berbahaya yang wajib dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Pastikan untuk lebih selektif dalam memilih produk untuk wajahmu, karena efeknya cukup mengerikan.

0 Comment