Selain Penuhi Perintah Agama, Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

03 May 2019, at 07:00
0
0
Selain Penuhi Perintah Agama, Ini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Bulan puasa yang telah ditunggu-tunggu oleh umat muslim akan tiba beberapa hari lagi. Hal ini tentu saja membuat banyak orang bergembira dan merayakannya.

Meskipun demikian, nggak sedikit juga orang yang mengeluh karena harus menahan lapar, haus, dan segala hawa nafsu selama bulan suci tersebut.

Padahal, puasa nggak cuma menjanjikan pahala untuk yang menjalankannya lho. Berikut ini manfaat puasa bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Baca Juga: Puasa Interval, Metode Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Olahraga

1. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
pexels.com/@pixabay

Dibandingkan melakukan diet biasa, lebih baik kamu berpuasa karena selain mendapatkan pahala kamu juga bisa menurunkan berat badan.

Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa puasa yang terkontrol akan membuat tubuh membakar sel-sel lemak lebih efektif.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

meningkatkan fungsi otak
pexels.com/@olly

Siapa sangka, puasa ternyata juga bisa berpengaruh dalam meningkatkan fungsi otak lho. Hal ini karena kegiatan menahan haus dan lapar tersebut dapat meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

Protein tersebut akan mengaktifkan sel induk otak yang diubah menjadi neuron baru yang meningkatkan kesehatan saraf. Nggak cuma itu, BDNF juga melindungi sel-sel otak dari beberapa penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Mempercepat Metabolisme

mempercepat metabolisme
honestdocs.id

Sata berpuasa, secara nggak langsung kamu akan memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Hal tersebut akan membuat pembakaran kalori menjadi lebih efektif.

Puasa akan meningkatkan fungsi usus menjadi lebih baik sehingga meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Memperbaiki Sensitivitas Insulin

insulin
dietdoctor.com

Apabila dilakukan secara teratur dan terkontrol, puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin. Hal tersebut membuat tubuh bisa mentolerir karbohidrat atau gula dengan lebih baik.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berpuasa membuat insulin menjadi lebih aktif dalam mengontrol sel untuk mengolah glukosa dalam darah.

Baca Juga: 8 Bahan Alami Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula dalam Darah, Lho!

5. Memperbaiki Kulit dan Mencegah Jerawat

mencegah jerawat
cosmopolitan.co.id

Tahu nggak sih, puasa ternyata juga bisa memperbaiki kulit dan mencegah jerawat lho. Kondisi tersebut dapat terjadi karena tubuh nggak harus melakukan proses pencernaan sehingga bisa menyalurkan energi yang lebih besar untuk regenerasi kulit.

Nggak cuma itu, berpuasa juga terbukti ampuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh seperti hati, ginjal, dan lain sebagainya.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

meningkatkan sistem kekebalan tubuh
pexels.com/@ambarsimpang

Kegiatan wajib di bulan Ramadhan ini ternyata nggak hanya membuatmu mampu menahan nafsu, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena berpuasa mampu mengurangi radikal bebas, mengatur peradangan tubuh, dan mencegah pembentukan sel kanker. Bahkan menahan makan dan minum bisa mengurangi stres pada sistem internal dan tubuh fokus melawan infeksi.

7. Memperbaiki Pola Makan

memperbaiki pola makan
pexels.com/@kaboompics

Bagi kamu yang punya pola makan terganggu atau sering makan berlebihan, berpuasalah. Kegiatan tersebut bisa menjadi terapi bagimu.

Kamu akan lebih mampu menentapkan pola makan yang benar dengan tetap fokus pada pekerjaan atau prioritas lainnya.

8. Bikin Umur Panjang

panjang umur
pexels.com/@adam-feridja-1158534

Percaya atau nggak, tapi berpuasa bisa membuat umurmu semakin panjang. Hal ini karena penuaan diri disebabkan oleh metabolisme tubuh yang melemah karena terlalu banyak makan.

Maka dari itu, semakin sedikit makan, semakin minim proses yang dibutuhkan dalam sistem pencernaan sehingga metabolisme menjadi lebih cepat dan efektif.

Baca Juga: 8 Bumbu Dapur yang Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur, Percaya Nggak?

Nah, itu dia Sobat Qupas manfaat puasa bagi kesehatan yang luar biasa. Ternyata nggak sekadar untuk memenuhi kewajiban beragama saja, ya!

Setelah mengetahui ini, kamu harus lebih yakin dan rajin berpuasa. Selain mendapatkan pahala, kamu juga telah menerapkan pola hidup sehat.

0 Comment