Selain Pisang dan Kacang, Ini Lho 5 Makanan yang Konon Akan Punah dalam Waktu Dekat

10 July 2019, at 19:00
0
0
Selain Pisang dan Kacang, Ini Lho 5 Makanan yang Konon Akan Punah dalam Waktu Dekat

Nggak semua bahan makanan akan tersedia secara terus menurus. Efek perubahan iklim memang menjadi salah satu faktor dari beberapa bahan makanan yang mungkin nantinya sulit sekali dapatkan.

Tahu kah sobat Qupas, kalau tujuh makanan yang bisa saja punah dalam waktu dekat ini mungkin salah satunya favoritmu. Duh sayang banget ya!

1. Teh

kantong teh sehat
todayifoundout.com

Minuman yang enak banget disajikan saat pagi atau sore hari ini bisa jadi favoritmu ya. Teh bisa saja nanti akan punah seiring dengan perubahan iklim.

Hal itu karena tanaman teh bisa lebih mudah terserang hama dan mengalami penurunan kualitas. Tentu jumlah produksinya bisa berkurang dan membuat harganya menjadi mahal.

2. Nasi

nasi
simplyrecipes.com

Nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Tapi, produksi beras bisa mengalami penurunan hingga 40 persen saat terjadinya perubahan iklim.

Meningkatnya kandungan karbondioksida di atmosfer juga bisa mengurangi nutrisi yang terkandung dalam beras.

3. Kakao

biji kakao
civengroup.com

Di Afrika Barat, terjadi penurunan hasil produksi kakao. Peneliti dari Innovative Genomics Institute di California memperkirasakan kalau kakao akan punah dalam waktu 40 tahun ke depan.

Para peneliti itu pun sedang berusaha mengembangkan kakao yang dalam tumbuh di berbagai iklim. Agar rasa cokelat bisa tetap dinikmati sampai cucu dan cicit kita nanti ya!

Baca juga : Nggak Perlu Pakai Pisau, Ini Lho 6 Cara Kilat Mengupas Bawang Putih untuk Pemula

4. Kopi

amazonaws.com

Penelitian dari Climate Institute mengenai perubahan iklim yang bisa memengaruhi hasil produksi kopi turun hingga 2 derajat celsius.

Perubahan iklim inilah yang nantinya akan mengurangi hasil biji kopi di sejumlah daerah. Bisa jadi, kopi akan menjadi minuman yang sulit ditemukan. Padahal saat ini, kopi menjadi minuman sehari-hari.

5. Madu

madu
bcbstwelltuned.com

Sejumlah ahli biologi di Amerika Serikat mengetahui bahwa penjaga lebah mengaku kehilangan 44 persen koloni lebah sepanjang tahun 2015-2016.

Populasi lebah memang bisa berkurang karena efek penggunaan peptisida dan perubahan iklim yang dirasa cukup ekstrem. 

6. Pisang

buah pisang
newscientist.com

Buah yang kaya akan nutrisi ini juga bisa punah lho. Pada tahun 1950-an, ada gejala fungal yang membuat perkebunan pisang di Amerika Tengah dan Selatan menjadi gagal panen.

Panama Disease ini menyerang bagian akar pisang. Baru-baru ini ditemukan jenis baru dari fungal tersebul yang menyebabkan kehancuran industri pisang.

7. Kacang

kacang kacangan
wikimedia.org

Musim panas yang berlangsung lama bisa menyebabkan kekeringan yang membuat tanaman kacang tanah sulit tumbuh. Walau sebenarnya jenis tumbuhan ini bisa hidup saat musim kemarau.

Agar tetap bisa berbuah banyak, tanaman kacang membutuhkan suhu hangat dan curah hujan yang cukup. Perubahan iklim bisa saja menjadi faktor utama kacang menjadi langkah.

Itu lah, tujuh makanan favorit yang akan hilang dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Menurutmu apa ya yang harus kita lakukan, agar makanan tersebut tetap ada sepanjang masa?

0 Comment