Selain Polusi, Ini 6 Penyebab Lain Serangan Jantung yang Jarang Diketahui

03 November 2019, at 10:00
0
0
Selain Polusi, Ini 6 Penyebab Lain Serangan Jantung yang Jarang Diketahui

Serangan jantung merupakan masalah kesehatan yang harus diwaspadai sejak dini karena dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan berpotensi merenggut nyawa.

Masalah kesehatan tersebut terjadi apabila satu atau lebih arteri dalam tubuhmu tersumbat dan menghalangi suplai darah ke jantung sehingga membuat otot jantung kekurangan oksigen dan nutrisi.

Sayangnya, nggak banyak orang yang menyadari bahwa arteri mereka sedang tersumbat sampai benar-benar mengalami serangan jantung. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya mengetahui beberapa faktor penyebab serangan jantung seperti berikut ini.

1. Polusi

polusi udara
britannica.com

Tahukah kamu, kondisi udara yang buruk ternyata turut andil dalam hal meningkatkan risiko serangan jantung lho.

Polusi udara nggak hanya berdampak pada paru-paru saja, akan tetapi juga menjadi penyebab serangan jantung karena menyebabkan kerusakan dan pembengkakan pada pembuluh darah.

2. Merokok

merokok
medicalnewstoday.com

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, merokok merupakan kegiatan negatif yang nggak baik untuk kesehatan termasuk menjadi penyebab serangan jantung.

Merokok dapat merusak lapisan, mempertebal dinding, dan menambah tumpukan lemak serta plak pada dinding arteri yang dapat menghambat aliran darah. Selain itu, asap rokok yang dihisap oleh tubuh juga dapat meningkatkan radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel abnormal.

3. Hipertensi

hipertensi
accemedin.com

Hipertensi alias tekanan darah tinggi dapat merusak arteri yang mengalirkan darah ke seluruh tubuhmu. Oleh sebab itu, masalah kesehatan ini juga termasuk penyebab serangan jantung yang perlu diwaspadai.

Tekanan darah tinggi biasanya rentan dialami oleh penderita obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Baca Juga: Jangan Asal Tepuk! Begini Pertolongan Pertama pada Penderita Serangan Jantung yang Benar

4. Kurang Aktivitas Fisik

mager
bigwnews.com

Kamu sering mager? Kurang aktivitas fisik juga menjadi salah satu penyebab serangan jantung lho! Berdiam diri akan membuat lemak lebih mudah menumpuk sehingga terjadi penyumbatan di dinding arteri.

Berolahraga ringan secara rutin akan menurunkan risiko tersebut. Nggak hanya serangan jantung, kamu juga akan terhindar dari kolesterol, hipertensi, dan diabetes.

5. Kolesterol

kolesterol
healthseed.sg

Kolesterol juga diklaim menjadi salah satu faktor penyebab penumbatan darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung.

Kolesterol yang berlebih dalam darah dapat mengendap menjadi plak dan menyebabkan aliran darah ke jantung terganggu.

6. Keturunan

serangan jantung
medicalnewstoday.com

Faktor penyebab serangan jantung lainnya adalah keturunan. Meskipun demikian, banyak orang yang nggak menyadari hal ini.

Apabila keluarga segaris keturunan seperti kekak-nenek, ayah-ibu, atau adik-kakak memiliki riwayat serangan jantung maka risikomu terserang penyakit tersebut akan lebih besar.

7. Stres

stres
gettyimages.com

Stres seringkali dianggap biasa oleh banyak orang, padahal hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab serangan jantung lho!

Kondisi emosi yang tertekan secara nggak langsung dapat membuat detak jantung menjadi nggak stabil, meningkatkan tekanan darah, dan kolesterol dalam tubuh.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab serangan jantung. Harus terus waspada ya!

0 Comment