Selain Rancangan Ridwan Kamil, 5 Masjid di Indonesia Ini Bentuknya Segitiga

13 June 2019, at 05:00
0
0
Selain Rancangan Ridwan Kamil, 5 Masjid di Indonesia Ini Bentuknya Segitiga

Belakangan ini, salah satu masjid rancangan Ridwan Kamil, Masjid Al Safar di Bandung menjadi sorotan bahkan dipermasalahkan sejumlah pihak.

Tempat ibadah tersebut dinilai menyerupai bentuk simbol illuminati, suatu kelompok atau organisasi rahasia yang dipercaya bertujuan menguasai dunia dan menghapus semua agama.

masjid al safar
instagram.com/verlybatarazach

Ngomong-ngomong soal tempat ibadah yang katanya berbentuk segitiga tersebut, ternyata di Indonesia ini ada sejumlah masjid dengan bentuk serupa. Bahkan ada juga yang sudah berdiri sejak beberapa abad lalu.

Nah, buat kamu yang pengen tahu beberapa masjid segitiga di Indonesia yang Qupas maksud, lanjut baca info singkat di bawah ini yuk!

Baca juga: Masjid di Indonesia Ini Bentuknya Unik, Bahkan ada yang Punya Banyak Kubah Lho!

1. Masjid Agung Batam

masjid agung batam
instagram.com/masjoko_aerial

Masjid yang juga disebut sebagai Masjid Raya Batam (MRB) ini punya kubah berbentuk unik, yakni limas segi empat atau seperti piramida. Beberapa sudutnya pun tampak menyerupai segitiga. Tinggi menaranya setinggi 66 meter.

Bukan cuma sebagai tempat ibadah, masjid unik di Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 75.000 meter persegi ini juga punya daya tarik bagi para wisatawan.

Bahkan masjid yang dirancang oleh Achmad Noeman juga disebut-sebut sebagai masjid terluas dan terbesar di Batam, lho. Bayangkan saja, MRB bisa menampung sampai 3.500 jamaah. Beda lagi kalau di dalam ruang terisi penuh, maka halaman dan bagian luar masjid pun mampu menampung sampai 15.000 jamaah.

2. Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta

masjid raya kh hasyim asyari
instagram.com/hmfd8192

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari ini terletak di daerah Daan Mogot, Jakarta Barat. Tempat ibadah ini di bangun pada 26 September 2014 lalu dan diresmikan pada 15 april 2017 lalu oleh Presiden Joko Widodo.

Masjid yang dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI seluas 2,4 hektar ini pun di bagian atapnya dan beberapa sudut bangunannya berbentuk segitiga. Bangunannya megah dan didominasi warna putih serta merah bata.

3. Masjid Al-Hurriyah Bogor

masjid al hurriyah bogor
instagram.com/pettyfeilnanti

Masjid segitiga lainnya juga ada di Bogor. Namanya Masjid Al-Hurriyah. Bentuk tiang tempat ibadah yang ada di kawasan Kampus IPB Bogor ini pun segitiga. Hal inilah yang menjadikan ruang utama masjid ini cukup luas serta minim penopang atap, sehingga relatif nggak menghalangi shaf jamaah.

Selain itu, ternyata dominasi segitiga pada bangunan masjid berlantai tiga ini pun untuk menyelaraskan bentuk berbagai bangunan utama di kawasan kampus IPB.

Baca juga: Intip Keindahan Masjid Kubah Emas yang Mewah Yuk!

4. Masjid Al Ukhuwah Bandung

masjid al ukhuwah bandung
instagram.com/fotodey

Sebelumnya, lahan tempat Masjid Al Ukhuwah adalah area berdirinya gedung bernama Loge Sint Jan dan Graha Pancasila. Tempat ibadah yang terletak di barat Balai Kota ini dibangun sekitar tahun 1996 sampai 1998.

Beberapa sudut bangunan ini berbentuk segitiga. Menariknya lagi, lantai Masjid Al Ukhuwah terbuat dari kayu berwarna cokelat, cukup serasi dengan warna dindingnya.

5. Masjid Agung Demak

masjid agung demak
instagram.com/makbar_r

Kalau bangunan yang terletak di Demak ini termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia. Bentuk atapnya menyerupai segitiga. Tapi sebenarnya bentuk tersebut adalah limas yang ditopang delapan tiang, Saka Majapahit.

Saat memasuki kompleks Masjid Agung Demak, kamu akan menemui makam raja-raja Kesultanan Demak, termasuk Sultan Fattah dan para abdinya. Ada pula Museum Masjid Agung Demak yang berisi berbagai riwayat dari bangunan tempat ibadah umat Muslim ini sendiri.

Baca juga: Langgar Merdeka, Tempat Ibadah di Solo yang Simpan Sejarah Kelam Indonesia

Selain Masjid Al Safar yang dirancang Ridwan Kamil, ternyata kelima masjid di Indonesia tersebut juga bentuknya segitiga. Seobat Qupas nggak perlu merisaukan isu illuminati yang belakangan ini menyorot bangunan masjid rancangan Gubernur Jawa Barat tersebut.

Ambil sisi positifnya saja. Kita kan juga bisa ibadah di masjid tersebut sambil mengagumi arsitekturnya yang modern, unik dan cantik itu. Setuju?

0 Comment