Selain untuk Kecantikan, Ini Lho 7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

22 November 2019, at 10:00
0
0
Selain untuk Kecantikan, Ini Lho 7 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Minyak zaitun familier dimanfaatkan untuk berbagai macam produk kecantikan. Akan tetapi, orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat biasanya juga menggunakan bahan tersebut untuk memasak atau tambahan makanan.

Berbeda dari minyak lainnya, minyak zaitun dianggap lebih sehat dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat. Lantas, apa saja ya khasiatnya bagi tubuh?

Nah, berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang telah Qupas rangkum dari berbagai sumber.

1. Melindungi Organ Jantung

jantung
doktersehat.com

Jantung merupakan organ penting yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh sehingga harus dilindungi. Mengonsumsi minyak zaitun merupakan salah satu upaya dalam melakukan hal tersebut.

Pasalnya, minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, serta menjaga kadar kolesterol tetap normal sehingga nggak memunculkan masalah jantung.

2. Berpotensi Mengatasi Penyakit Alzheimer

alzheimer
klikdokter.com

Minyak zaitun berpotensi untuk mengatasi penyakit alzheimer. Kondisi tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan senyawa fenolik unik oleocanthal dan MCT yang merupakan jenis asam lemak esensial.

Hal tersebut lah yang menyebabkan masyarakat wilayah Mediterania, seperti Yunani, yang sering mengonsumsi minyak zaitun memiliki total kasus alzheimer paling rendah di dunia.

3. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

kanker payudara
pfimegalife.co.id

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim Universitat Autonoma de Barcelona di Spanyol menemukan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kanker payudara.

Penelitian tersebut menemukan bahwa minyak zaitun bisa mengurangi aktivitas sel kanker, mencegah kerusakan DNA, dan mempercepat kematian sel tumor.

Baca Juga: Jangan Terburu Panik, Benjolan di Payudara Belum Tentu Indikasi Kanker

4. Mengurangi Risiko Depresi

depresi
nypost.com

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah mengurangi risiko despresi. Hal tersebut disebutkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Las Palmas de Gran Canaria di Spanyol.

Penelitian tersebut mengaitkan risiko depresi dengan konsumsi makanan tinggi lemak trans seperti makanan ringan atau makanan cepat saji dan dibandingkan dengan konsumsi minyak zaitun.

5. Mencegah Peradangan Usus Kronis

minyak zaitun
agriturismolasorgente.net

Para ilmuwan di University of East Anglia di Inggris mengatakan bahwa rajin mengonsumsi minyak zaitun dapat membantu mencegah peradangan usus kronis atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai ulcerative colitis.

Penelitian memperkirakan bahwa masalah kesehatan tersebut dapat dihindari apabila tubuh mendapatkan banyak asupan asam oleat yang ada dalam minyak zaitun.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

diabetes
shutterstock.com

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak zaitun dapat mengurangi risiko diabetes karena dapat mengendalikan gula darah dan sensitivitas insulin. Studi bahkan mengklaim bahan tersebut bahkan bisa menurunkan sebanyak 40 persen kemungkinannya lho.

Kandungan antioksidannya, terutama oleocanthal yang memiliki peran sama dengan obat ibuprofen.

7. Mengobati Rematik

rematik
doktersehat.com

Manfaat minyak zaitun lainnya adalah mampu mengurangi nyeri dan pembengkakan sendi akibat rematik. Khasiat tersebut dapat berlipat ganda apabila dikombinasikan dengan minyak ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kombinasi antara minyak zaitun dan minyak ikan dapat mengurangi nyeri sendi, kekakuan kepalan tangan, dan lain sebagainya.

Wah, ternyata banyak juga ya Sobat Qupas manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. Kamu sudah tahu belum?

0 Comment