Selain untuk Kecantikan, Ini Lho Manfaat Mengagumkan Bengkuang Bagi Kesehatan

16 June 2019, at 00:00
0
0
Selain untuk Kecantikan, Ini Lho Manfaat Mengagumkan Bengkuang Bagi Kesehatan

Kita semua tahu bahwa bengkuang adalah salah satu buah yang menyimpan banyak manfaat untuk kecantikan. Banyak produk kecantikan seperti body lotion, makeup cleanser, atau bahkan body soap yang berbahan dasar bengkuang.

Tapi, manfaat bengkoang nggak cuma buat kecantikan loh. Buah berwarna putih yang bisa dimakan ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat lain bengkoang ini mungkin jarang diketahui.

Apa saja sih manfaat bengkoang untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Membantu Mencegah Kanker

membantu mencegah kanker
doktersehat.com

Siapa sangka, mengonsumsi bengkuang secara rutin ternyata dapat membantu mencegah masalah kesehatan serius seperti kanker lho.

Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan antioksidan buah bengkuang yang cukup tinggi dan dapat melawan radikal bebas pembentuk sel kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesemek, Buah Genit yang Punya Sejuta Kebaikan Bagi Kesehatan

2. Mengontrol Gula Darah

mengontrol gula darah
aspiretrainingteam.co.uk

Bengkuang merupakan umbi-umbian yang berfungsi sebagai peluruh dan pencahar dalam tubuh. Sehingga, buah ini mampu meminimalisir penyerapan makanan secara berlebihan pada usus, khususnya gula.

Itulah mengapa bengkuang dinilai mampu mengontrol gula darah dalam tubuh sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes

Meski demikian, ada baiknya jika penderita diabetes berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar mengetahui porsi tepat konsumsi bengkuang agar hasil bisa maksimal.

3. Memperlancar Pencernaan

memperlancar pencernaan
honestdocs.id

Mengonsumsi buah bengkuang juga bisa membantu melancarkan pencernaan. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kandungan airnya yang cukup tinggi.

Selain itu, salah satu unsur penyusun karbohidrat yang terkandung dalam bengkuang sangat berguna untuk kesehatan flora dalam usus yang bertugas melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Sering Mulas di Pagi Hari? Ternyata Ini Lho Penyebabnya

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

menurunkan kolesterol
steemkr.com

Tahu nggak sih, mengonsumsi jus bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah lho. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan serat dan air yang tinggi di dalamnya.

Selain itu, vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dalam bengkuang juga membantu proses penurunan kadar kelesterol dalam darah.

5. Sumber Vitamin C

sumber vitamin c
medicalnewstoday.com

Di atas sudah disebutkan bahwa bengkuang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi meskipun buah tersebut nggak memiliki rasa yang asam.

Oleh sebab itu, mengonsumsinya dapat membuatmu mendapatkan asupan vitamin C yang cukup yaitu sebanyak 20 mg pada setiap 100 gr bengkuang.

6. Kaya Isoflavon

kaya isoflavon
livewellutah.org

Meskipun terlihat berbeda, namun sebenarnya bengkuang termasuk dalam suku polong-polongan, sehingga memiliki kandungan isoflavon yang cukup tinggi seperti kacang-kacangan.

Senyawa isoflavon sendiri memiliki struktur kimia dan fungsi seperti hormon estrogen sehingga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

menjaga kesehatan tulang
pexels.com/id-id/@rawpixel

Ternyata bengkuang juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang lho. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kandungan mineral seperti mangan, magnesium, zat besi, dan tembaga di dalamnya.

Sehingga, mengonsumsi bengkuang secara rutin dapat membantu pertumbuhan tulang baru, menguatkan tulang, bahkan mencegah osteoporosis.

Jadi nggak hanya berkhasiat untuk kecantikan ya Sobat Qupas. Manfaat bengkuang untuk kesehatan juga ternyata banyak dan beragam.

0 Comment