Selalu Berubah, Ini Lho Perbedaan Karakter dan Pemeran Joker dari Masa ke Masa

05 October 2019, at 10:00
0
0
Selalu Berubah, Ini Lho Perbedaan Karakter dan Pemeran Joker dari Masa ke Masa

Setelah malang melintang di film Batman, kisah Joker akhirnya diangkat ke layar lebar. Para penggemar di Indonesia pun sudah bisa menyaksikan asal-usul sosok berjuluk Clown Prince of Crime ini sejak tanggal 2 Oktober 2019 kemarin.

Karakter antihero milik DC ini dikenal sebagai salah satu musuh terberat Batman. Kalau dari cerita komiknya sendiri, Joker digambarkan sebagai psikopat yang keras kepala dan punya selera humor yang ekstrim, bahkan sadis.

Ia memang nggak punya kekuatan super, tapi jalan pikirannya sangat unik, bahkan berbahaya. Itulah yang membuatnya susah untuk dikalahkan.

joker
comicvine.com

Sedangkan dalam bentuk film, sejauh ini Joker sudah muncul sebanyak lima kali dan selalu diperankan oleh aktor yang berbeda. Nggak cuma itu, kepribadian dan asal-usul sang badut kejam ini juga selalu berubah-ubah lho.

Tapi yang mengejutkan adalah, masing-masing Joker berhasil meninggalkan kesan tersendiri. Maka nggak heran, kalau dirinya kerap dianggap sebagai salah satu karakter musuh yang unik dalam dunia superhero.

Nah, kali ini Qupas akan mengulas perbedaan dari 5 karakter Joker yang pernah muncul di film layar lebar. Mulai diperankan oleh Cesar Romero, hingga yang terakhir Joaquin Phoenix.

1. Joker versi Cesar Romero

joker cesar romero
mirror.co.uk

Joker pertama kali diperankan oleh Cesar Romero pada tahun 1960 lewat serial tv Batman. Kemudian aktor berkebangsaan Amerika ini kembali memerankan sosok sang badut di film Batman yang dirilis tahun 1966 silam.

Di serial dan film tersebut, karakter Joker yang diperankan Romero digambarkan sebagai sosok yang penuh dengan tipu daya, tapi sedikit nyentrik dan kekanak-kanakan.

Selain itu, Joker versi tahun 60-an ini dikenal dengan jebakan mautnya. Dirinya selalu tampil memakai setelan jas ungu dan punya anak buah dengan kostum warna-warni.

2. Joker versi Jack Nicholson

joker jack nicholson
thirtyhertzrumble.com

Joker versi Jack Nicholson ini sangat memukau penonton saat muncul di tahun 1989, lewat film Batman garapan Tim Burton. Senyumnya yang menyeramkan pun masih terpatri di ingatan.

Bukan makeup biasa, dandanan wajahnya yang serba putih diceritakan sebagai hasil dari sebuah tragedi setelah dirinya 'mandi' dalam cairan berbahan kimia.

Untuk kepribadiannya, karakter Joker yang diperankan oleh Nicholson punya sifat sadistik, sosiopat, dan termasuk pembunuh yang sangat kejam.

Baca juga: Inilah Wajah Asli 9 Karakter Paling Ikonis di Film Superhero Marvel, Beda Banget!

3. Joker versi Heath Ledger

joker heath ledger
batman.fandom.com

Karakter Joker yang diperankan oleh  mendiang Heath Ledger ini bisa dibilang sebagai yang terbaik. Muncul sebagai musuh utama Batman dalam film superhero DC, 'The Dark Knight', berbagai tingkah dan kata-katanya masih melekat di ingatan hingga kini.

Di film yang rilis tahun 2008 tersebut, Joker diceritakan sebagai psikopat yang sangat menginginkan Batman. Ia juga termasuk penjahat yang sulit ditaklukkan karena tujuan utamanya hanya ingin melihat dunia kacau balau.

Di balik penampilannya yang full dengan makeup, mulut Joker versi Heath Ledger ternyata terdapat bekas robekan hingga di pipi. Namun penyebabnya nggak diketahui secara pasti, karena dirinya selalu mengarang cerita yang berbeda.

4. Joker versi Jared Leto

joker jared letto
ewedit.wordpress.com

Muncul di 'Suicide Squad', banyak yang menilai porsi tampil Joker dalam film anti-hero ini sangat kurang. Padahal penggambaran kehidupan dan kepribadiannya di sini sangat berbeda dari sosok badut yang menjadi musuh bebuyutan Batman biasanya.

Joker versi Jared Leto berpenampilan sangat nyentrik, seperti gangster. Selain berambut hijau dan selalu tampil full makeup, kekasih Harley Queen ini juga punya banyak tato dan grill di giginya.

Meski terlihat sangat egois dan suka bersenang-senang, di film ini Joker juga diceritakan sebagai sosok yang rela melakukan apapun untuk kekasihnya.

5. Joker versi Joaquin Phoenix

joker joaquin phoenix
hearstapps.com

Ketika tampil sebagai musuh Batman, banyak yang menganggap Joker adalah sosok psikopat kejam yang nggak kenal ampun. Tapi di film solo-nya, kehidupan yang sangat kelam justru menyelimuti karakter berjuluk Clown Prince of Crime ini.

Karakter Joker yang diperankan Joaquin Phoenix punya nama asli  Arthur Fleck. Ia diceritakan sebagai komedian gagal yang penuh dengan kisah tragis, termasuk jadi korban perundungan dan selalu diabaikan masyarakat.

Selain menderita Pseudobulbar Affect (PBA), dunia yang kejam membuat kesehatan mentalnya terus menurun. Dari situlah sisi gelap sang badut akhirnya keluar hingga bertransformasi menjadi sosok Joker yang jahat.

Baca juga: Sebelum Jadi Joker, Ini Lho 5 Film Terbaik Joaquin Phoenix yang Harus Kamu Tonton

Nah, itulah perbedaan karakter dari kelima Joker yang pernah muncul di layar kaca. Kalau kamu paling suka versi yang mana?

0 Comment