Selalu Haus Meskipun Sudah Minum, Mungkin Kamu Mengalami Kondisi Ini

15 January 2019, at 16:00
0
0
Selalu Haus Meskipun Sudah Minum, Mungkin Kamu Mengalami Kondisi Ini

Pada suatu waktu, kamu pasti pernah merasa selalu haus? Hal ini mungkin saja karena kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan asin.

Setiap kondisi yang mengubah air atau keseimbangan tubuh dapat memicu rasa haus. Hal tersebut diungkapkan oleh dokter Laura M. Hahn dari Mercy Medical Center Baltimore.

Namun, masalah tersebut juga bisa menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuhmu. Ini terjadi bila kamu sudah merasa banyak minum air putih dan terhidrasi dengan baik.

Warna urine sudah normal, tetapi kamu masih juga merasa haus. Jika demikian, mungkin kamu mengalami hal-hal berikut ini.

1. Pola Diet

pola diet
pexels.com/@rawpixel

Orang-orang yang melakukan diet sering kali terkena efek ini. Khusunya bagi yang menerapkan diet keto.

Hal ini kemungkinan terjadi karena diet membutuhkan pengurangan asupan karbohidrat. Sehingga terjadi penampungan air lebih banyak daripada lemak dan protein.

Selain itu, orang yang diet juga seringkali mengonsumsi beberapa bahan yang mengakibatkan mulut kering dan haus.

Makanan tersebut seperti seledri, asparagus, bit, lemon, melon, jahe dan peterseli. Semuanya memiliki efek diuretik yang dapat membuatmu haus karena sering buang air kecil.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan diet yang kaya akan cairan, seperti oatmeal dan beras merah.

2. Diabetes Militus

diabetes militus
shutterstock.com

Merasa selalu haus meskipun sudah minum air putih berkali-kali juga bisa menandakan bahwa kamu mengalami diabetes militus yang mencakup tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes militus memang memiliki efek samping mulut kering. Namun Peter Mayock dari Eric Family Health Center di Chicago mengatakan bahwa orang-orang sering menyalahartikannya.

Menurutnya, orang-orang ini kerap menilai bahwa kondisi haus terus-menerus berarti tengah mengalami diabetes. Maka dari itu, jika kamu mengalaminya sebaiknya segera periksa ke dokter agar tidak salah mengartikan.

3. Masalah Tiroid

masalah tiroid
fitnessformen.co.id

Efek dari tiroid aktif bisa berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang mengatakan bahwa ia mengalami masalah kehausan. Hal ini mungkin saja terjadi mengingat bahwa penyakit tersebut menyerang kelenjar tiroid pada leher.

Selain rasa haus, pengidap tiroid juga bisa mengalami masalah seperti tremor tangan, kelelahan, kecemasan, berat badan turun dan lain sebagainya.

4. Tidak Cukup Air

tidak cukup h2o
pexels.com/@thelazyartist

Masalah paling umum yang menyebabkan dehidrasi adalah kurangnya asupan air. Terkadang 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air tidak cukup bagi sebagian orang. Ada beberapa orang yang membutuhkannya lebih banyak daripada yang lain.

Hal ini dapat terjadi khusunya bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis dan rajin berolahraga. Periksalah kecukupan konsumsi air mineralmu melalui warna urine.

Baca Juga: 5 Penyebab Perut Lapar Terus Walau Sudah Makan

5. Haid

haid
hellosehat.com

Selain penyakit, haid atau menstruasi ternyata juga bisa menyebabkanmu merasa selalu haus. Hal ini merupakan sesuatu yang normal terjadi, terutama pada hari pertama atau kedua. Hormon estrogen dan progesteron dapat memperngaruhi volume cairan dalam tubuh.

Selain itu, banyaknya darah yang keluar juga memperngaruhi peningkatan rasa hausmu. Oleh sebab itu, pastikan lah kamu minum cukup air saat haid.

6. Anemia

anemia
hellosehat.com

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kehilangan darah secara tiba-tiba. Saat itu, tubuh akan banyak kehilangan sel darah merah. Proses mengganti hilangnya darah seperti itu dapat memicu munculnya rasa haus.

Perempuan yang sedang haid rawan terkena anemia. Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika merasa ada yang tidak beres pada tubuh.

7. Tekanan Darah Rendah

tekanan darah rendah
hellosehat.com

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh fungsi kelenjar adrenal yang menurun akibat stres. Hal ini juga dapat mengakibatkan seseorang mengalami depresi, pusing, kecemasan, dan bahkan rasa haus yang tinggi.

Coba lah untuk mengurangi dan mengelola stres. Jika tidak, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

8. Obat-Obatan

obat-obatan
pexels.com/@pixabay

Jika kamu sering merasa selalu haus dan mulutmu kering, coba cek lagi jenis obat-obatan yang kamu konsumsi. Obat-obatan dapat secara langsung menjadi penyebab kondisi tersebut.

Obat seperti antidepresan, obat tekanan darah, dan obat alergi bisa membuat haus dan buang air kecil terus-menerus. Bahkan obat bebas tanpa resep memiliki efek samping serupa.

Jika merasa terganggu, sebaiknya konsultasikan hal tersebut pada dokter. Minta lah solusi terkait obatmu dan kondisi selalu haus.

Jadi, poin nomor berapa yang menjadi penyebab rasa hausmu? Selalu pastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan air yang cukup.

Usahakan untuk tidak mengira-ngira sendiri penyakit apa yang ada dalam tubuhmu. Hal itu justru akan membuatmu menjadi ketakutan. Lebih baik, konsultasikan semuanya pada orang yang lebih tahu dan paham, yaitu dokter.

0 Comment