Selalu Menyuapi Anak Ternyata Berdampak Buruk Bagi Perkembangannya, Orang Tua Perlu Tahu Lho!

30 November 2019, at 17:00
0
0
Selalu Menyuapi Anak Ternyata Berdampak Buruk Bagi Perkembangannya, Orang Tua Perlu Tahu Lho!

Ada masanya anak-anak harus belajar sesuatu yang baru, seperti makan sendiri. Akan tetapi, hal tersebut nggak selalu berjalan mulus. Anak-anak mungkin akan mengalami kendala saat makan sendiri sehingga membuat orang tua gemas dan memilih untuk menyuapinya saja.

Padahal, selalu menyuapi anak ternyata punya dampak yang nggak baik bagi tumbuh kembangnya lho. Apa saja ya Bunda? Yuk simak rangkuman Qupas berikut ini.

1. Menghambat Kemampuan Motorik

kemampuan motorik
shakespeare.sch.qa

Salah satu hal yang akan terjadi apabila kamu selalu menyuapi buah hati adalah terjadinya hambatan pada kemampuan motoriknya.

Secara nggak langsung, makan sendiri merupakan sebuah proses belajar bagi si kecil untuk melatih otot-otot tangannya. Dalam jangka panjang, keterampilan memegang alat makan akan sangat membantu buah hati untuk belajar menulis lho.

2. Kemampuan Makan Sulit Berkembang

kemampuan motorik anak
theodysseyonline.com

Anak-anak belajar dari apa yang dilihat dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun sederhana, namun kegiatan seperti memegang sendok, mengkoordinasikan tangan ke mulut, dan lain sebagainya merupakan hal yang harus dibiasakan dan diasah.

Sebagian orang lebih memilih untuk menyuapi anak karena makan sendiri mungkin terlalu berantakan dan menghabiskan waktu. Tapi kalau proses tersebut nggak dilewati, bagaimana anak akan memiliki kemampuan tersebut? Ia akan mengalami kesulitan saat sudah masuk sekolah lho!

3. Nggak Mengenali Makan Sebagai Kebutuhan

menyuapi anak
hellosehat.com

Lapar merupakan sinyal dari dalam tubuh yang menandakan bahwa kamu sedang membutuhkan asupan nutrisi. Refleks dari sinyal tersebut adalah makan.

Apabila selalu disuapi, anak akan berpikir bahwa makan adalah kegiatan yang waktunya ditentukan olehmu bukan kebutuhan yang ditandai dengan adanya sinyal dari dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Hadapi Anak Susah Makan, Nggak Perlu Banyak Drama!

4. Nggak Terbiasa dengan Suasana Makan

anak makan
frameimage.org

Saat menyuapi anak, biasanya si kecil akan makan sambil berlarian, bermain, atau melakukan kegiatan yang lainnya.

Apabila dilakukan terus-menerus, hal ini akan membuat buah hati nggak terbiasa dengan suasana makan atau tata krama saat harus melakukan kegiatan tersebut dengan orang lain.

5. Anak Jadi Malas dan Manja

anak manja
rebelcircus.com

Disadari maupun nggak, selalu menyuapi anak merupakan salah satu bentuk memanjakan lho. Meskipun tujuannya nggak demikian, namun hal tersebut akan membuat inisiatif si kecil nggak terasah.

Membiarkan anak makan sendiri merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengasah kemandirian dan rasa tanggung jawab si kecil.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa dampak negatif yang bisa saja terjadi pada buah hati apabila selalu disuapi meskipun sebenarnya sudah harus belajar makan sendiri. Jangan dilakukan ya!

0 Comment