Semalam di Sukabumi, Enaknya Kita Ngapain Ya?

03 August 2018, at 08:00
0
0
Semalam di Sukabumi, Enaknya Kita Ngapain Ya?

Jika mendengar nama Sukabumi, pasti yang langsung teringat adalah Pelabuhan Ratu. Padahal potensi kabupaten di selatan Jawa Barat ini banyak lho seperti wisata alam, tempat bersejarah, maupun berbagai wisata kekinian yang tengah populer saat ini. Didukung dengan hawa yang sejuk serta keelokan alamnya yang menawan. 

Di Sukabumi juga menyimpan banyak spot foto yang apik nan instagenik. Bisa banget nih, kamu jadikan alternatif lain tempat wisata selain di Bogor dan Bandung. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat asik yang layak untuk dikunjungi, bahkan bagi kamu yang hanya punya waktu semalam menginap di kota yang menyenangkan ini.

Rumah Fantasi

 

instagram.com/sintaselviah

Salah satu wisata kekinian hadir di Sukabumi pada awal tahun 2018 ini adalah Rumah Fantasi yang berkonsep ruangan terbalik. Objek wisata yang berlokasi di Jalan Siliwangi ini memiliki spot selfie kekinian yang Instagramable seperti tema ruangan penjara, dapur, pom bensin, dan beberapa lukisan bertema 3 dimensi, superhero, dan bahkan lukisan horor.  Untuk bisa menikmati dan berfoto ria di sini, kamu hanya perlu membayar sekitar 50ribu rupiah untuk orang dewasa dan 35ribu rupiah untuk anak-anak.

Cukup terjangkau bukan? nah, karena harganya yang pas di kantong kamu bisa mengajak temanmu untuk mengunjungi Rumah Fantasi, biar makin seru! eits, tunggu dulu setelah kamu puas mengambil setiap sudut gambar 3D itu, jangan langsung pulang. Kamu bisa bermain air untuk menyegarkan badan di Ryzzy Azzahra Waterpark. Kolam renang dengan wahana air yang lengkap bisa kamu sebagai destinasimu selanjutnya. Enjoy the vacation!

 

Kampung Ciptagelar

 

jejakpiknik.com

Dikenal dengan Kampung Ciptagelar, objek wisata Sukabumi ini sebenarnya adalah kampung adat  Kampung ini dikenal dengan kekhasan bentuk rumah adat khas kota di pesisir selatan ini  dan juga berbagai tradisi dan budaya yang masih dipertahankan. Uniknya, bagi wisatawan yang ingin merasakan kehidupan ala pedesaan di kampung yang berlokasi di Desa Sirnaresmi, Cisolok Kabupaten Sukabumi ini,  para warga telah menyediakan rumahnya untuk menginap dengan tarif seikhlasnya.

Untuk para wisatawan yang ingin tinggal di kampung itu, kamu bisa melihat bagaimana warga asli yang sedang bercocok tanam dengan cara yang sederhana. Selain itu, tradisi menanak nasi secara tradisional menggunakan Aseupan, tempat yang terbuat dari bambu kerucut lalu ditaruh di atas wajan. Beberapa hal itu sangat bisa kamu nikmati di tempat wisata Sukabumi satu ini. Suasana yang berbeda inilah yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan lokal maupun asing.

Pantai Amanda Ratu

instagram.com/pratamalutfika

Berlokasi di Jalan Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar Ciracap Sukabumi, Pantai Amanda Ratu memiliki akses yang sangat mudah dan nyaman untuk dicapai. Dengan panorama alam yang sangat indah di sekitar pantai dan suasana matahari terbenam di sore hari, pantai ini layak untuk dijadikan tempat menginap di vila yang disewakan di sekitarnya. Agar kamu bisa menikmati keindahan itu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti, mobil atau motor.

Membawa kendaraan sendiri akan lebih seru karena bisa melambatkan laju dan menikmati angin sepoi-sepoi dari angin pantai. Daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini adalah suasana dan view pantai cantik yang menyerupai Tanah Lot di Bali. Hanya saja areanya nggak seberapa luas jadi mungkin beberapa jam saja sudah cukup.

Bandros Atta

 

instagram.com/diaryperutku_

Tak lengkap rasanya mengunjungi Sukabumi kalau belum merasakan wisata kuliner ala Sukabumi yaitu Bandros Atta. Kue ini berbahan dasar tepung beras yang dipadukan dengan kelapa parut dan santan dengan tekstur yang lembut, padat dan semakin nikmat saat disajikan dalam keadaan hangat. Letak jajanan khas ini berlokasi di Jalan Gudang, Kebonjati, Kecamatan Cikole, 10 menit dari Stasiun Sukabumi. Nama "Atta" ini karena pemilik pertamanya dipanggil dengan mbah Atta. Saat ini, yang mengelolahnya sudah pada generasi yang ketiga. Kios ini tidak pernah sepi pengunjung, tapi tenang jangan takut kehabisan dulu ya. Pasalnya, selalu buka sejak pukul 08.30 malam hingga 06.00 pagi. 

Bubur Ayam Bunut Siliwangi

instagram.com/hangoutsukabumi

Disebut-sebut sebaga legenda bubur ayam di Kota Sukabumi,  Bubur Ayam Bunut Siliwangi yang juga merupakan wisata kuliner andalan Sukabumi ini, wajib dicoba saat kamu berada di sana. Buka dari jam 06.00 hingga 22.00, kuliner Sukabumi yang sudah ada sejak tahun 1980-an ini memiliki kekhasan taburan lengkap berupa usus, ati ampela, emping, dan telur muda yang akan membangkitkan selera siapa saja yang menyantapnya. 

Ada cara lain untuk menyantab bubur ayam yang satu ini, kamu bisa menambahkan keroket. Gorengan seperti lumpia dengan isian mie bihun yang ok dan nendang banget. Kamu pasti belum pernah merasakan cara unik memakannya. Untuk satu porsi bubur ayam komplit, kamu hanya perlu membayar sebesar 26ribu rupiah saja. Jikalau kamu tidak seberapa selera dengan makanan bubur ayam, kamu bisa mencoba makanan lainnya seperti soto bening bunut, sop buntut, ataupun camilan lumpia udang yang enak dan gurih. 

 

Selain lokasi-lokasi di atas, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata menarik yang bisa di-explore saat kamu menginap lebih lama di Kota Sukabumi, apalagi saat ini berbagai macam transportasi umum seperti angkot, sewa mobil, dan jasa angkutan berbasis daring seperti AyoJek bahkan Go-Jek sudah hadir dan mempermudah para wisatawan untuk berkeliling kota dengan nyaman. 

0 Comment