Semalam Gempa Dahsyat Terjadi Lagi, Segera Siapkan tas Siaga Bencana!

11 October 2018, at 09:33
1
0
Semalam Gempa Dahsyat Terjadi Lagi, Segera Siapkan tas Siaga Bencana!

Belum selesai tahap evakuasi korban gempa di Palu. Jelas masih teringat dan terasa betul bagaimana dahsyatnya goncangan gempa 7,4 skala Richter. Terutama untuk para korban yang ada di sana.

Kini, kabar gempa terjadi di wilayah Jawa Timur tepatnya di daerah Situbondo dengan kekuatan 6,4 skala Richter. Gempa itu terjadi dini hari pukul 01:44 Wib.

Episenter gempa terletak di koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT. Letak tepatnya berada di laut dengan jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo.

Informasi adanya korban jiwa pun sudah dikonfirmasikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

gempa situbondo
twitter.com/BNPB_Indonesia

Tercatat tiga warga Sumenep yang menjadi korban meninggal dunia, yaitu Nuril Kamiya (7), H Nadhar (55), dan satunya lagi adalah seorang laki-laki dewasa yang masih belum diidentifikasi.

Adapun juga korban luka-luka mencapai enam orang yang semuanya tinggal di daerah Gayam, Sumenep. Saat itu gempa terjadi hingga satu menit lamanya.

Daerah yang paling terasa gempa situbondo memanglah Sumenep. Hal itu berdasarkan data yang dirilis oleh BMKG, tempatnya berada di daerah kecamatan Gayam, Sumenep, Jawa Timur.

Dari sederet gempa Palu hingga Situbondo, hal itu tentu menyadarkan kita bahwa bencana yang kapan saja bisa terjadi.

Nggak heran kalau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau setiap warga yang tinggal di daerah rawan bencana wajib memiliki Tas Siaga Bencana.

Baca juga: Sedang Di Gunung dan Terjadi Gempa? Lakukan ini Agar Selamat

Tas itu berisikan semua barang yang dibutuhkan untuk diri sendiri atau keluarga. Dan juga bisa digunakan hingga tiga hari pasca bencana. Jadi nggak sembarang barang bisa kamu masukkan ke dalam Tas Siaga Bencana ya.

Hal itu juga untuk menghindarkan tas itu kelebihan muatan. Apa saja yang harus ada? Yuk simak deh,

indonesiabaik.id

Salah satu cara untuk mensiasati bencana besar yang akan terjadi di tempat tinggal kita adalah mengamankan semua barang-barang berharga dalam satu tas.

Seperti yang tergambar di infografis, barang-barang kebutuhan dasar rumah tangga yang harus ada. Lalu dipersiapkan di dalam tas.

Terlebih dahulu persiapkan semua barang ke dalam sebuah plastik kedap air. Seperti dokumen penting, perbekalan, dan perlengkapan.

Adapun juga perlengkapan yang bisa dibawa seperti uang tunai, foto anggota keluarga, pisau lipat, dan tali nilon.

trirenggo.bantulkab.go.id

Setelah menyiapkan semua dokumen dan perlengkapan ke dalam Emergency Preparedness Kit, usahakan untuk menyimpan tas tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

Tempatkan juga tas tersebut di tempatmu bekerja. Simpan di loker atau bawah meja kantormu. Bukan hanya disitu saja, tapi juga simpan di kendaraan pribadi.

Selalu tempatkan tas tersebut di tempat yang gampang sekali kamu atau keluargamu untuk mengambilnya.

global-medical-solutions.com

Tas Siaga Bencana ini bisa digunakan sewaktu-waktu daerah tempat tinggalmu terkena bencana gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Sudah tahu kan apa saja yang harus disimpan?

Nah, kalau gitu persiapkan mulai dari sekarang ya! ayo tanggap terhadap bencana dengan memulai mempersiapkan Emergency Preparedness Kit.

0 Comment