Sempat Dibuat Mainan, Arca Kepala Buddha Ini Diduga Bisa Berubah Ekspresi

10 October 2019, at 12:00
0
0
Sempat Dibuat Mainan, Arca Kepala Buddha Ini Diduga Bisa Berubah Ekspresi

Mungkin berita seputar penemuan arca atau benda-benda kerajaan di masa lampau sering terdengar. Itu karena Indonesia memiliki beberapa kerajaan besar yang tersebar di penjuru Nusantara.

Peninggalan berupa candi hingga arca patung yang tersimpan di dalam tanah, satu per satu ditemukan. Kebanyakan 'harta karun' itu semua ditemukan saat adanya penggarapan sebuah proyek jalan atau bangunan.

penemuan patung arca buddha di pamekasan
kompas.com/taufiqurrahman

Sama halnya dengan yang terjadi di Pamekasan, Jawa Timur. Seorang petani menemukan arca kepala Buddha saat ia sedang meratakan gundukan tanah di ladangnya.

Petani asal Dusun Duko, Desa Ambat, Kecamatan Tlanakan yang bernama Mohammad Juri ini sempat mengabaikan temuannya tersebut karena menganggap bukan barang yang berharga. Dilansir dari kompas.com, Juri mengatakan bahwa arca kepala Buddha itu sudah ditemukannya sejak lama sekitar 7 bulan yang lalu.

Baca juga: Intip Foto Lawas Candi Borobudur yang Mengenaskan saat Ditemukan Pertama Kali

Rencananya, Juri akan meratakan gundukan tanah untuk ditanami dengan jagung. Saat akan membongkar, linggis yang digunakannya seakan menyentuh benda keras seperti batu.

penemuan arca patung buddha
detik.net.id

Karena penasaran, Juri pun akhirnya menggali tanah dengan linggis hingga menemukan arca kepala Buddha. Langsung saja ia mengangkat dan membersihkan patung tersebut. Arca kepala Buddha yang memiliki ukuran 12x6 cm ini nggak langsung dibawanya pulang ke rumah dan sempat ditinggal di ladang selama 5 hari.

Juri pun berujar jika posisi kepala patung tersebut nggak berubah, “selama lima hari, posisi kepala patung itu tidak berubah di ladang tetap tegak”. Namun setelah dibawa ke rumah, Juri merasa kondisinya jauh berbeda ketika pertama kali ditemukan.

Arca kepala Buddha itu seakan mengalir air mata di bagian pipi. Sebelumnya, patung tersebut sempat dibawa kemana-mana oleh teman hingga keponakan. Bahkan, patung yang putus sampai leher ini juga sempat dibuat mainan oleh cucunya.

arca patung buddha ditemukan di pamekasan
kumparan.com

Berita tentang penemuan arca patung ini sempat viral lantaran teman Juri yang memotret dan menyebarkan di media sosial.

Baca juga: Sejarah Panjang Astronaut Bisa Makan di Luar Angkasa, Ternyata Awalnya Nggak Gampang!

Saat ini, arca patung Buddha itu tersimpan dengan aman di rumah Juri. Pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan, akan melakukan penelitian terhadap kepala patung tersebut. Nantinya, pihak terkait akan menggunakan tim cagar budaya untuk melakukan penelitian.

0 Comment