Sempat Hits Jadi Bahan Skincare, Ini Lho Manfaat Lactic Acid Bagi Kecantikan Wajah

02 November 2019, at 18:00
0
0
Sempat Hits Jadi Bahan Skincare, Ini Lho Manfaat Lactic Acid Bagi Kecantikan Wajah

Kalau kamu termasuk orang yang memerhatikan komposisi skincare, pasti sudah nggak asing dengan yang namanya lactic acid. Apalagi, bahan ini sedang hype banget dan cukup mudah ditemui pada produk perawatan kulit.

Lactic acid atau asam laktat disebut-sebut sebagai bahan spesial di dunia skincare karena manfaatnya yang cukup banyak. Jenis AHA yang didapat dari susu dan yoghurt ini katanya juga minim iritasi.

Nah, kira-kira apa saja ya fungsi lactic acid untuk kulit wajah? Biar nggak penasaran, simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Mengeksfoliasi secara lembut

mengeksfoliasi wajah
instagram.com/nuxefrance

Seperti jenis AHA lainnya, lactic acid mampu membantu mengelupas sel-sel kulit mati di bagian epidermis secara lembut. Sehingga, wajah akan terasa lebih halus dan terlihat glowing.

Tapi manfaatnya nggak cuma itu, lactic acid akan merangsang regenerasi sel supaya kulit senantiasa awet muda dan terhindar dari masalah kulit kusam.

2. Minim iritasi

kulit sensitif
instagram.com/cosrx

Sifat lactic acid yang bikin semua orang jatuh cinta adalah kadar asam yang dimilikinya tergolong lembut. Maka nggak heran kalau bahan ini sangat jarang menyebabkan iritasi kulit.

Karena itu pula lactic acid banyak disukai oleh pemilik kulit kering, berjerawat, normal, bahkan sensitif sekalipun.

Baca juga: Kulitmu Sensitif? 7 Sheet Mask Terbaik Ini Recommended untuk Dicoba

3. Ekstra melembapkan

kulit wajah lembap
instagram.com/cosrx

Tahu nggak sih, lactic acid ternyata mengandung elemen pelembab yang nggak dimiliki oleh jenis AHA lainnya lho. Itulah alasannya, bahan ini sering dijumpai pada produk yang ditugaskan untuk menghidrasi kulit.

Produk yang mengandung lactic acid akan mengikat air dan meningkatkan produksi minyak alami kulit supaya wajah selalu lembap dan kenyal.

4. Memaksimalkan produksi kolagen

kulit wajah awet muda
instagram.com/neostrata

Jangan heran kalau kamu menemukan lactic acid pada skincare anti aging. Karena jenis asam yang satu ini memang bisa membantu memaksimalkan produksi kolagen di kulit.

Hasilnya, wajah jadi terasa semakin kencang dan garis-garis halus pun bakalan musnah.

5. Ampuh mengatasi hiperpigmentasi

wajah dengan flek hitam
instagram.com/fourthraybeauty

Berbagai masalah hiperpigmentasi seperti bintik-bintik hitam hingga noda bekas jerawat bisa bikin rasa percaya diri luntur. Kabar baiknya, lactic acid bisa mengatasi kondisi ini.

Dengan cara mengikis sel-sel kulit mati, asam laktat akan membantu memudarkan masalah hiperpigmentasi supaya warna kulit jadi lebih merata dan terlihat lebih cerah.

Itulah 5 fungsi lactic acid untuk kulit yang perlu kamu ketahui. Gimana, nggak ragu lagi kan kalau mau menambahkannya ke rutinitas perawatan wajahmu?

0 Comment