Semua Orang Punya Kecenderungan Tripofobia, Kenapa Bisa Begitu?

29 September 2018, pada 01:00
0
0
Semua Orang Punya Kecenderungan Tripofobia, Kenapa Bisa Begitu?

Pernahkah kamu mendengar istilah tripofobia? Atau kamu salah satu orang yang mengalami fobia ini? Beberapa waktu lalu, tripofobia memang sedang ramai dibincangkan oleh netizen di jagat maya. Namun, walau sudah menjadi buah bibir, masih banyak yang tidak mengerti apa itu tripofobia.

Jadi, sekedar informasi, tripofobia sendiri merupakan sebuah fobia yang membuat seseorang menjadi takut kepada lubang berpola. Maksud dari lubang berpola sendiri adalah sebuah benda yang memiliki tekstur lubang-lubang kecil dengan bentuk yang relatif sama, seperti lubang pada kayu, lubang pada kelopak bunga, lubang pada sarang lebah, dan lubang-lubang berpola lainnya.

Semua Orang Punya Kecenderungan Tripofobia, Kenapa Bisa Begitu?
benessereblog.it

Nah, ketakutan itu sendiri sebenarnya tidak rasional karena kebanyakan mereka yang mengalami tripofobia tidak pernah tahu apa alasan dari ketakutan itu. Hanya saja, mereka merasa risih ketika melihat lubang-lubang berpola.

Sebagian besar netizen menyebutkan bahwa tripofobia bukanlah sebuah rasa takut, tapi lebih cenderung ke jijik. Memang benar, hal senada juga disampaikan oleh hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Peer J, disebutkan bahwa tripofobia bukanlah sebuah fobia yang membuat seseorang menjadi takut. Tapi fobia ini lebih membuat seseorang merasa jijik yang akhirnya menimbulkan risih dan enggan untuk menatapnya.

Baca juga : Punya 9 Kepribadian, Benarkah Gadis ini 'Gila'?

Namun, yang menjadi pusat perhatian dari para peneliti adalah bagaimana rasa jijik itu bisa muncul. Padahal, tidak ada yang salah dengan lubang-lubang berpola. Dari situlah, akhirnya dilakukan survey dan penelitian oleh para pakar untuk memecahkan misteri yang sempat menjadi kontroversi ini.

Semua Orang Punya Kecenderungan Tripofobia, Kenapa Bisa Begitu?
wikimedia.org

Dari hasil survey yang melibatkan banyak responden itu, akhirnya para peneliti menemui sebuah kesimpulan awal mengenai fobia ini. Jadi, mengapa seseorang bisa mengalami rasa takut dan jijik ketika melihat lubang berpola? Jawabannya adalah tidak lebih dari sekedar sugesti.

Seseorang akan bersugesti bahwa lubang berpola itu sangat-sangat menjijikkan karena bentuknya menyerupai parasit atau penyakit menular. Dan hebohnya lagi, para peneliti juga mengatakan kalau setiap manusia berpotensi memiliki kecenderungan tripofobia yang sama.

Pada dasarnya, tidak ada satu manusia pun yang terbebas dari rasa jijik. Artinya, sekuat apapun orangnya, pasti memiliki rasa jijik dan risih terhadap sesuatu, khususnya penyakit. Sehingga, ketika mata melihat sesuatu yang hampir mirip dengan penyakit, maka otak akan mengirimkan sinyal bahwasanya benda yang dilihatnya itu adalah menjijikkan.

Semua Orang Punya Kecenderungan Tripofobia, Kenapa Bisa Begitu?
idntimes.com

Oleh karenanya, tripofobia ini tidak langsung dirasa ketika seseorang melihat gambar berpola. Mereka harus menunggu beberapa saat terlebih dahulu sehingga akhirnya mereka menyadari bahwa lubang berpola itu menyerupai penyakit kulit yang menjijikkan. Biasanya, jarak menunggu (otak mengirimkan sinyal) tidak lebih dari 5 detik.

Dalah level yang lebih ekstrem, seseorang akan mengalami mual, muntah, dan merinding ketika dipaksa menatap lubang berpola itu terlalu lama. Bukannya semakin kebal, justru pemaksaan itu akan semakin membuat seseorang benci dan menambah fobianya semakin menjadi-jadi.

Oleh karenanya, ada cara tersendiri agar seseorang bisa terlepas dari tripofobia. Adapun beberapa cara tersebut seperti hipnoterapi, penggunaan obat tertentu, reframing, dan terapi. Namun, semua itu harus dilakukan dengan bertahap, tidak boleh dengan mengagetkan atau tiba-tiba karena bisa membuat rasa jijik akan semakin besar.

Semua Orang Punya Kecenderungan Tripofobia, Kenapa Bisa Begitu?
thethings.com

Sampai saat ini, ada banyak artis yang mengalami fobia ini, salah satunya adalah Kendall Jenner, seorang model asal Amerika Serikat. Yap, beberapa waktu belakangan ini, Kendal Jenner tengah menjadi sorotan media karena fobia yang dialaminya. Dia merasa bahwa ada rasa ketakutan tersendiri ketika melihat lubang-lubang berpola. Hal itu dia sampaikan pada website pribadinya.

0 Komentar