Sensasi Berendam di Mata Air Guyangan, Wisata Bali dengan Kolam di Atas Tebing

20 April 2019, at 04:00
0
0
Sensasi Berendam di Mata Air Guyangan, Wisata Bali dengan Kolam di Atas Tebing

Keindahan pantai di Bali memang nggak perlu diragukan lagi. Bahkan saat dilihat dari atas ketinggian pun tetap eksotis. Seperti halnya saat kamu ada di Mata Air Guyangan, Nusa Penida.

Pernah dengar tentang destinasi cantik yang bikin pengalamanmu liburan ke Bali jadi nambah ini? Kalau belum, yuk intip ulasan Qupas di bawah ini biar nggak tambah penasaran!

Baca juga: Mata Air di Nusa Penida Ini Menghadap ke Samudera, Kolam Alaminya Sebening Kristal!

1. Wisata Unik di Bali

mata air guyangan
instagram.com/aditbendoth

Gimana sih rasanya berendam di kolam alami yang menyegarkan sambil lihat lautan biru dari ketinggian? Kamu bisa lho melakukannya di Mata Air Guyangan.

Lokasinya yang ada di bibir tebing dan menghadap ke laut tentu jadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Nggak heran kalau tempat ini populer di kalangan turis dalam maupun luar negeri.

2. Wisata Bali yang Cocok untuk Petualang

tangga mata air guyangan
instagram.com/vita92

Karena ada di bibir tebing, untuk menjangkau wisata mata air di Nusa Penida ini butuh perjuangan keras dan menegangkan. Kamu harus menuruni ratusan anak tangga yang dibangun menempel di dinding tebing.

Saat melewati anak tangga buatan ini kamu perlu hati-hati. Apalagi bentuknya sangat curam dengan sudut kemiringan sekitar 80 derajat. Setelah melewati anak tangga dengan jarak kurang lebih 450 meter, kamu akan disambut dengan mata air eksotis di Bali ini.

3. Salah Satu Destinasi Favorit di Bali

mata air guyangan nusa penida
instagram.com/robinsvahn

Sebenarnya Mata Air Guyangan Nusa Penida adalah sumber air yang digunakan warga sekitar. Tapi karena lokasinya cantik, maka tempat ini jadi destinasi wisata. Siapa sangka, seiring berjalannya mata air ini jadi salah satu wisata favorit di Bali.

Apalagi kamu bisa berendam di kolam alami dengan air menyegarkan setelah menuruni ratusan anak tangga sambil melihat hamparan lautan. Meski nanti perjuanganmu untuk kembali naik tangga terulang, tapi bukan masalah besar kan?

4. Sebutan Lain Mata Air Guyangan

air terjun peguyangan
instagram.com/barrytravelfit

Mata Air Guyangan juga dikenal dengan nama Air Terjun Guyangan. Kadang juga disebut sebagai Peguyangan Waterfall Nusa Penida.

Sebutan lain ini mungkin karena airnya berasal dari aliran yang keluar dari tebing. Banyaknya air ini kemudian ditampung di sebuah kolam dan digunakan untuk berendam oleh pengunjung.

Baca juga: Ada Air Terjun dalam Gua di Bali Timur!

5. Dekat dari Kawasan Suci

peguyangan waterfall
instagram.com/madetwotravel

Dekat dari mata air ini ada Pura Segara Kidul yang punya tiga altar, yaitu Wisnu Tirta, Brahma Tirta, dan Siwa Tirta. Bahkan Altar Siwa Tirta juga berdampingan dengan Altar Kanjeng Ratu / Diah Dewi.

Karena area ini dianggap suci, maka perempuan yang sedang haid dilarang untuk memasuki kawasan Mata Air Guyangan. Pengunjung juga wajib menggunakan sarung saat ada di area ini.

6. Lokasi Mata Air Guyangan

mata air guyangan bali
instagram.com/elitejetsetter

Lokasi Mata Air Guyangan ada di Batukandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari Pelabuhan Nusa Penida.

Kamu pun perlu menggunakan transportasi speedboat kira-kira 40 menit kalau berangkat dari Sanur. Sementara kalau dari dermaga Pantai Pesinggahan selama 20 menit perjalanan.

7. Tiket Masuk Mata Air Guyangan

mata air guyangan klungkung
instagram.com/imankurniawan.sh

Masuk ke Mata Air Guyangan nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam kok. Kamu cuma perlu menyediakan budget untuk sewa sarung sekitar Rp10.000,00 dan parkir kendaraan mulai dari Rp5.000,00.

Murah, kan? Apalagi kamu bisa puas menikmati keindahan wisata di Bali ini mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00 WITA.

Jadi, tertarik untuk mampir ke Mata Air Guyangan? Untuk kamu para petualang sejati, nggak ada salahnya mampir ke wisata di Klungkung ini. Yuk masukkan destinasi ini ke dalam itinerary-mu!

0 Comment