Qupas Travel

Sensasi Berendam di Sendang Seruni, Kolam Alaminya Banyuwangi yang Bikin Jatuh Hati

08 January 2020, at 05:00
1
Sensasi Berendam di Sendang Seruni, Kolam Alaminya Banyuwangi yang Bikin Jatuh Hati

Pariwisata Banyuwangi makin menggeliat. Bukan cuma pantai-pantainya saja yang populer. Tempat wisata di Banyuwangi yang lainnya pun mulai dikenal. Seperti Sendang Seruni yang sempat dikaitkan dengan 'KKN Desa Penari'.

Berada di Sendang Seruni, mungkin kenanagan masa kecilmu bakal bangkit. Soalnya kamu seolah sedang bermain di sungai. Hanya saja, di sini hampir nggak ada arus dan cenderung tenang seperti berada di kolam renang.

Nah, biar rasa penasaranmu tentang Sendang Seruni hilang, simak deh ulasan singkat Qupas berikut ini!

1. Dulu keramat, sekarang bersahabat

sendang seruni licin
instagram.com/wid.andara

Siapa sangka, kolam alami dengan air super jernih ini dulunya disebut-sebut sebagai tempat keramat. Kok bisa ya?

Menurut info, dulu Sendang Seruni menjadi tempat semedi dua orang sakti dari Madura dan Banten. Konon, mereka bertapa di bawah pohon sembung besar yang letaknya di tepi sendang.

2. Kisah masa lalu Sendang Seruni

wisata sendang seruni
instagram.com/an.pepinda

Selain dinilai keramat, tempat wisata di Banyuwangi ini juga punya kisah masa lalu yang menarik. Katanya, dulu ada dua sumber kembar tapi kemudian tersumbat pohon besar. Seiring berjalannya waktu, muncul beberapa sumber di sekitarnya.

Sampai sekarang, ada 7 sumber air yang mengelilingi sendang tersebut. Tiga di antaranya berada di dasar sendang.

Selain soal sumber air, hal menarik dari destinasi ini adalah terkait penamaannya yang diambil dari nama bunga, yaitu seruni. Kini, di sekitar sendang ini kamu bisa menemui tanaman dengan beraneka warna tersebut.

3. Air di Sendang Seruni dengan sejuta manfaat

sendang seruni banyuwangi
instagram.com/rahmatwalid

Sendang Seruni pun punya cerita turun temurun. Konon air yang ada di pemandian alami Banyuwangi ini bisa mengurangi penyakit, rasa lelah, sampai bikin awet muda lho.

Bahkan diketahui pula banyak pengunjung yang sengaja datang untuk meminum air dari sendang, selain hanya untuk berendam atau berenang di sini.

Baca juga: Jauh dari Kesan Seram, Hutan Mangrove Jatipapak di Alas Purwo Ini Justru Cantik dan Instagenik

4. Wisata murah di Banyuwangi

sendang seruni
instagram.com/alfiean_bgs27

Untuk bisa bermain di kolam alami sedalam 130 sampai 160 cm ini, kamu nggak perlu keluarkan banyak dana. Cukup bayar tiket masuk Rp5 ribu saja, kamu sudah bisa masuk ke area wisata.

Dengan tarif tersebut, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas. Seperti kamar mandi, kamar ganti, musala, hingga gazebo yang bisa digunakan secara cuma-cuma.

Lapar melanda setelah berenang? Tenang, di sekitar Sendang Seruni Banyuwangi tersedia warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman kok.

5. Cara ke Sendang Seruni

pemandian sendang seruni
instagram.com/bangzain94

Lokasi Sendang Seruni berada di Desa Taman Sari, Kecamatan Licin. Aksesnya cukup mudah. Dari pusat Kota Banyuwangi, kamu bisa memilih rute ke Kawah Ijen dengan melewati Desa Olehsari - Desa Glagah - Jelun - Pasar Licin ambil ke kanan - gapura Grand Harvest - ikuti jalan paving.

Dari sini, lokasi sendang sudah dekat. Ikuti saja petunjuk jalan sampai kamu menemukan parkir kendaraan dan loket masuk.

Nah, itu dia ulasan singkat tentang Sendang Seruni yang belakangan mulai hype lagi. Kamu pernah ke wisata alamnya Banyuwangi ini belum?