Qupas Travel

Sensasi Bermain Kano di Pantai Cacalan Banyuwangi, Bikin Ogah Pulang Saking Serunya

01 January 2020, at 04:00
1
Sensasi Bermain Kano di Pantai Cacalan Banyuwangi, Bikin Ogah Pulang Saking Serunya

Sebutan sebagai surganya pantai sepertinya cocok disematkan pada Banyuwangi. Apalagi hampir di setiap ujung kabupaten yang berada di pesisir Selat Bali ini selalu ditemukan pesisir dengan panorama cantik.

Salah satunya adalah Pantai Cacalan yang berada di Kalupuro. Mungkin namanya nggak sepopuler Pulau Merah, Teluk Hijau, atau wisata pesisir di Banyuwangi lainnya.

Kendati demikian, pantai di Banyuwangi ini pantang kamu lewatkan. Apalagi di sini kamu bisa main kano tanpa khawatir terseret ombak besar. Penasaran, kan? Scroll ke bawah deh untuk info selengkapnya!

1. Asal usul nama 'Cacalan'

wisata pantai cacalan
instagram.com/badbudi

Nama pantai di Banyuwangi yang mulai ramai dikunjungi sejak tahun 2016 ini ternyata punya makna tersendiri, lho. Menurut cerita warga setempat, dulu daerah ini banyak ditumbuhi pohon jajang atau bambu.

Setelah mulai dilirik traveler, warga sekitar mulai membersihkan area pantai dengan bantuan cangkul. Nah, masyarakat juga mengenalnya dengan sebutan 'dicacal'.

2. Wisata Banyuwangi yang tersembunyi

kano pantai cacalan
instagram.com/cncinta_

Letak Pantai Cacalan memang agak tersembunyi. Dimana dari arah Banyuwangi, jaraknya sekitar 5 kilometer. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Ketapang, lalu masuk ke arah kanan setelah SPBU Sukowidi.

Fyi, wisata pantai Banyuwangi ini terbagi menjadi dua area. Dimana yang pertama luasnya sekitar 1,2 hektar dan berada di sepanjang garis pantai. Sedangkan sisanya, yaitu seluas 2,2 hektar dibangun oleh pemerintah setempat menjadi area bermain, restoran, hingga tempat beristirahat.

3. Spot sunrise di Banyuwangi

sunrise pantai cacalan
instagram.com/adnineiqliema

Pantai Cacalan juga menjadi salah satu spot berburu sunrise terbaik di Banyuwangi, tentunya selain wisata Kawah Ijen. Posisinya yang menghadap ke timur dan utara sangat cocok untuk menjadi tempat menyaksikan matahari terbit.

Waktu yang tepat untuk melihat sunrise di Pantai Cacalan adalah sekitar pukul 04.30 WIB. Jadi, usahakan untuk berangkat sebelum jam tersebut ya!

Baca juga: Selain Berlatar Selat Bali, 4 Spot Foto di Pantai Boom Banyuwangi Ini Juga Lagi Hits

4. Main kano di Pantai Cacalan

pantai cacalan banyuwangi
instagram.com/aliev.ummate.kanjengnabi

Selain menyaksikan sunrise, di wisata Banyuwangi ini sekarang kamu bisa main kano tanpa khawatir diterjang ombak besar, lho. Sambil mengendarainya, mungkin kamu juga perlu mengabadikannya dalam bentuk foto.

Ingin ke tengah laut? Coba deh sewa perahu, yang juga bisa membawamu menyeberang ke Pulau Santen dan Pantai Boom.

Kegiatan seru lain yang pantang kamu lewatkan di Pantai Cacalan adalah bermain di tepi pantai. Terlebih lagi saat air sedang surut, hamparan bebatuan yang ditumbuhi rumput laut bakal kamu saksikan.

5. Lokasi dan tiket masuk Pantai Cacalan Banyuwangi

pantai cacalan kalipuro
instagram.com/nawaf_algodhi

Secara administratif, lokasi Pantai Cacalan berada di Lingkungan Sukowidi, Klatak, Kalipuro. Destinasi ini dekat dari Pelabuhan Ketapang. Jaraknya pun cuma sekitar 1 kilometer saja.

Untuk memasuki area pantai, kamu nggak bakal dikenai biaya alias gratis. Tapi kamu cuma dikenakan biaya parkir Rp2 ribu untuk sepeda motor dan Rp5 ribu untuk mobil. Murah kan? Apalagi kamu bisa menikmati fasilitas lain seperi musala, kamar mandi, hingga toilet.

Wah, Pantai Cacalan memang menarik untuk dikunjungi ya? Apalagi di pantai tersembunyi di Banyuwangi ini kamu bisa sambil main kano tanpa harus takut terseret ombak besar.