Qupas Travel

Sensasi Snorkeling di Sumber Sirah, Wisata Air Tawar di Malang yang Menyegarkan

03 February 2020, at 05:00
Sensasi Snorkeling di Sumber Sirah, Wisata Air Tawar di Malang yang Menyegarkan

Sumber Sirah bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata unik di Malang. Berada di sini, kamu bukan hanya bisa melihat keindahan danau maupun panorama alam di sekitarnya. Snorkeling pun bisa dilakukan, lho.

Kalau biasanya snorkeling dilakukan di wilayah lautan, beda lagi saat kamu berada di wisata Sumber Sirah. Simak deh ulasan berikut, biar nggak makin penasaran tentang destinasi di Malang ini!

1. Snorkeling air tawar di Malang

Pemandian Alam Sumber Sirah Malang (Foto: instagram.com/elhadyzmaulana)
instagram.com/elhadyzmaulana

Hampir sama seperti di Umbul Ponggok Klaten, kamu juga bisa menikmati kesegaran air ala Sumber Sirah Malang. Di sini, kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan yang hijau sambil snorkeling.

Nggak bawa snorkeling? Tenang, kamu bisa kok menyewanya di beberapa rumah penduduk yang memang menawarkan perlengkapan selam sederhana tersebut.

Sumber Sirah Malang (Foto: instagram.com/panduprayoga)
instagram.com/panduprayoga

Karakteristik wisata air di Malang ini adalah adanya kolam atau telaga sedalam 0,8 sampai 1,5 meter yang dibatasi dengan beton-beton.

Di bagian dasarnya, kamu bakal menemukan banyak ganggang hijau. Selain itu, kamu juga bisa menemukan ikan-ikan kecil, bebatuan, dan pasir hitam di perairan ini.

2. Aktivitas seru lain di Sumber Sirah

Pemandian Alam Sumber Sirah (Foto: instagram.com/ahmed25_al.ali)
instagram.com/ahmed25_al.ali

Sumber Sirah Malang bukan cuma memungkinkanmu untuk melakukan snorkeling. Di sini, kamu pun bisa menyewa ban yang dapat digunakan untuk mengikuti aliran sungai atau dikenal dengan kegiatan river tubbing.

Nah, untuk sewa ban sendiri, biayaranya cuma sekitar Rp5 ribu saja. Tapi lama waktu pemakaiannya dibatasi, yaitu 1 jam saja.

Selama waktu yang ditentukan, kamu bisa mengarungi sungai sepanjang 100 meter. Memang nggak begitu panjang sih, tapi nggak bakal mengurangi keseruan saat kamu liburan ke wisata air di Malang ini kok.

Baca juga: Menikmati Eksotisme Sumber Jenon di Malang yang Segarnya Bikin Kamu Malas Pulang

3. Wisata murah di Malang

Sumber Sirah (Foto: instagram.com/pangeraann_)
instagram.com/pangeraann_

Nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam saat liburan ke wisata danau di Malang ini. Cukup bayar Rp1 ribu, kamu sudah bisa menikmati pemadangan alam yang memanjakan mata.

Berbagai fasilitas lain pun tersedia di sini. Misalnya seperti area parkir, warung makan, kamar mandi, toilet, hingga tempat persewaan ban.

4. Cara ke Sumber Sirah Malang

Telaga Sumber Sirah Malang (Foto: instagram.com/rizalzhafran)
instagram.com/rizalzhafran

Wisata Sumber Sirah Malang berada di Jalan Sunan Gunung Jati, Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi. Dari pusat Kota Malang, estimasi waktu tempunya sekitar 1,5 jam berkendara.

Destinasi ini buka dari jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Berwisata di tempat ini sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari saat matahari nggak terlalu terik.

Well, itu dia ulasan singkat tentang Sumber Sirah yang recommended buat yang suka snorkeling. Yuk liburan ke tempat wisata Malang ini, mumpung tiket masuknya murah meriah!