Qupas Healthy

Sepele Tapi Bikin Nggak Nyaman, Atasi Salah Bantal dengan 5 Cara Sederhana Ini

14 January 2020, at 08:00
Sepele Tapi Bikin Nggak Nyaman, Atasi Salah Bantal dengan 5 Cara Sederhana Ini

Kamu mungkin pernah merasakan sakit di leher sehingga nggak bisa digerakkan ke kanan dan kiri saat bangun tidur. Rasa nyeri dan kaku yang bisa menjalar sampai bahu tersebut lebih familier disebut dengan istilah salah bantal.

Dalam dunia medis, salah bantal dikenal dengan istilah muscle strain yang merupakan kondisi teriritasi atau robeknya otot. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh penggunaan otot yang nggak tepat atau kelelahan.

salah bantal
shutterstock.com

Penggunaan bantal yang terlalu tinggi, bertahan dalam posisi tidur yang sama untuk waktu yang cukup lama, posisi yang nggak nyaman saat menyetir mobil, posisi leher yang terlalu maju saat ada di depan komuter, atau membawa beban terlalu berat di satu sisi bisa menjadi penyebabnya.

Meskipun terkesan sepele, namun salah bantal terasa nggak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas, lho. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Kompres dengan Es Batu

kompres leher
depositphotos.com

Cara mengatasi salah bantal yang pertama adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu. Hal tersebut akan mengurangi rasa nyeri sekaligus mengatasi apabila terjadi pembengkakan.

Akan tetapi, jangan menaruh es batu langsung ke kulit. Gunakanlah pembungkus seperti kain atau handuk sebelum melakukannya. Kompres selama 20 menit dan ulangi setiap jamnya pada hari pertama.

2. Beristirahat dan Gerakkan Secara Perlahan

mengatasi salah bantal
advancedpain.net

Selain mengompres dengan es batu, kamu juga sebaiknya beristirahat dan menggerakkan leher secara perlahan untuk meminimalisir nyeri salah bantal. Hindari menggunakan otot leher selama beberapa hari untuk meringankan rasa nyeri.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu nggak boleh menggerakkannya sama sekali. Sebaliknya, kamu justru sebaiknya melakukan peregangan agar otot nggak menjadi lemah.

3. Pijat

pijat leher
progressivephysio.com

Salah bantal biasanya menyebabkan nyeri di sekitar leher. Kamu bisa meringankan rasa sakit tersebut dengan memijatnya.

Pijatan dapat meredakan rasa nyeri dari otot yang tegang tersebut dengan efektif. Lakukan pijatan lembut pada leher untuk membuat tubuhmu merasa lebih rileks.

Baca juga: Jenis Bantal dan Pengaruhnya pada Kesehatanmu

4. Hindari Memutar Kepala dan Membunyikan Leher

atasi salah bantal
shutterstock.com

Cara mengatasi salah bantal yang selanjutnya adalah menghindari kebiasaan memutar kepala dan membunyikan leher.

Pasalnya, hal tersebut dapat menimbulkan cedera oada otot dan saraf pada leher.

5. Gunakan Bantal yang Tepat

tidur
runtastic.com

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bantal yang nyaman dan agar dapat menjaga posisi kepala saat tidur.

Gunakan bantal yang dapat mengganjal kepala secukupnya, jangan terlalu tinggi atau rendah ya!

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara mengatasi salah bantal supaya nggak mengganggu kenyamanan. Kamu pernah mangalaminya nggak?