Qupas Weekend

Seperti "1917", 5 Film Terbaru Ini Juga Dibuat dengan Teknik One-Shot

22 January 2020, at 12:00
1
Seperti "1917", 5 Film Terbaru Ini Juga Dibuat dengan Teknik One-Shot

Karya sutradara Sam Mendes, "1917" sedang ramai diperbincangkan beberapa waktu belakangan. Ya, film yang menceritakan tentang peristiwa Perang Dunia I itu sudah memenangi penghargaan bergengsi, Golden Globe 2020, mengalahkan sejumlah saingan yang sangat berat.

Pendapatan “1917” yang saat ini sedang ditayangkan di sejumlah negara pun meroket naik. Kemudian, film ini juga masuk dalam deretan nominasi Film Terbaik Oscar 2020 yang akan dilaksanakan bulan Februari mendatang.

Film 1917 (Foto: imdb.com)
imdb.com

Disamping alur ceritanya, ada yang unik memang dari "1917". Diketahui, sang sutradara memilih melakukan pengambilan gambar dengan teknik one-shot.

Teknik ini memungkinkan penonton untuk melihat keseluruhan isi film dari satu sudut pandang kamera. Meski banyak sineas yang menganggap teknik ini sangat sulit, tapi ternyata, ada cukup banyak film yang menggunakan metode one-shot lho.

Nah, berikut ini Qupas sudah merangkum 5 film terbaru yang juga sukses menerapkan teknik one-shot. Tertarik buat nonton? Simak dulu yuk daftarnya!

1. Blind Spot (2018)

Film One-Shot Blind Spot (Foto: impawards.com)
impawards.com

Film one-shot buatan Norwegia ini mengangkat isu yang sekarang sedang jadi perhatian global, yaitu tentang kesehatan mental. Tayang sepanjang 98 menit, "Blind Spot" akan mengikuti kisah seorang ibu bernama Maria.

Memiliki seorang putri membuat Maria sadar kalau masalah yang dihadapi buah hatinya tersebut jauh lebih buruk dari perkiraannya. Bahkan masalah itu nggak mudah untuk dilihat atau dipahami oleh orang lain.

2. Utøya: July 22 (2018)

Film Utoya: July 22 (Foto: imdb.com)
imdb.com

Sukses memborong sederet penghargaan, cerita "Utøya: July 22" diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Norwegia pada tanggal 22 Juli 2011 lalu.

Pada saat itu, diketahui sedang ada kemah musim panas yang diadakan di Pulau Utøya. Namun tiba-tiba, acara berubah menjadi mencekam setelah teroris menyerbu tempat tersebut.

Baca juga: 5 Film Terbaru Bertema Terorisme yang Bakalan Membuatmu Ngeri Ketakutan

3. Lost in London (2017)

Film Lost in London (Foto: amazon.com)
amazon.com

Biasanya, aktor dan aktris akan melakukan beberapa kali pengambilan gambar untuk mendapatkan adegan yang pas. Tapi, pemain dan juga kru "Lost in London" justru nggak diperbolehkan melakukan itu.

Sebab, film komedi terbaru yang dibintangi oleh Woody Harrelson dan juga Owen Wilson ini langsung disiarkan secara langsung di beberapa bioskop di London. Kesalahan dalam berakting ataupun pengambilan gambar tentunya haram dilakukan.

Hmm, kira-kira seperti apa ya jadinya? Coba nonton sendiri deh biar nggak penasaran.

4. One Cut of the Dead (2017)

Film One Cut of the Dead (Foto: aftercredits.com)
aftercredits.com

Mau nonton film bertema zombie yang diliputi dengan kisah kocak? "One Cut of the Dead" yang dibuat dengan teknik one-shot ini tentunya nggak boleh kamu lewatkan begitu saja.

"One Cut of the Dead " menceritakan tentang kru film yang sedang melakukan pengambilan gambar untuk film zombie berbudget rendah. Namun siapa sangka, mereka justru diserang oleh zombie beneran.

5. King Dave (2016)

Film King Dave (Foto: gofilms.ca)
gofilms.ca

Diadaptasi dari teater Alexandre Goyette, "King Dave" menceritakan tentang kisah seorang pria muda bernama Dave. Ia yang berada di bawah pengaruh alkohol berusaha menemukan sosok yang mengajak pacarnya untuk berdansa.

Segala rintangan pun dilaluinya. Satu-satunya tujuan Dave adalah untuk membalas dendam.

Nah, itulah 5 film terbaru yang dibuat dengan teknik one-shot. Kamu sudah pernah nonton apa belum?