Sepotong Surga Dunia Tersembunyi di Kolam Laut Goa Allo Kepulauan Sombori

11 July 2019, at 04:00
0
0
Sepotong Surga Dunia Tersembunyi di Kolam Laut Goa Allo Kepulauan Sombori

Keindahan alam Indonesia memang nggak ada habisnya untuk di bahas ya! Satu lagi surga dunia yang perlu kamu tahu dari negara yang sangat beragam ini, yaitu Goa Allo yang tersembunyi di Kepulauan Sombori.

Suasana yang asri dan tentram tentu saja menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata alam yang satu ini. Apalagi jika kamu merupakan orang yang suka menjelajahi tempat yang masih sepi.

Penasaran kan apa saja yang membuat Goa Allo pantas disebut sebagai potongan surga dunia? Yuk simak beberapa hal berikut ini.

Baca Juga: Letaknya Tersembunyi, Inilah Pemandangan Gua Kristal di Kupang

1. Letak Goa Allo yang Tersembunyi

goa allo
instagram.com/itsmechand

Hal pertama yang membuat destinasi wisata alam ini menarik adalah letaknya yang tersembunyi di tengah-tengah deretan bukit karang laut Sumbori yang indah.

Sumbori sendiri sebenarnya merupakan sebuah pulau. Namun kemudian, nama tersebut diambil sebagai penyebutkan bagi kawasan konservasi seluas 147.700 hektar yang terdiri dari gugusan pulau-pulau indah.

gerbang goa allo
instagram.com/sombori_official

Jika dilihat sekilas, dari kajauhan kamu hanya akan melihat tebing-tebing indah menjulang tinggi dengan air berwarna hijau tosca.

Setelah dekat, barulah akan terlihat mulut goa yang lumayan besar dan cukup membuatmu nggak perlu menundukkan kepala untuk memasukinya.

2. Memiliki Dua Sisi Berbeda

memiliki dua sisi berbeda
instagram.com/harivalzayuka

Karena pintu masuknya langsung tersambung dengan laut, maka nggak heran kalau wisata Sulawesi yang satu ini termasuk goa basah.

Begitu masuk Goa Allo, kamu akan disambut dengan suasana tentram dan damai. Pada bagian dinding, terdapat banyak sehingga tempat tersebut juga sering disebut dengan nama Goa Kelelawar.

Uniknya, goa di perairan dengan stalaktit menyerupai kristal ini memiliki dua sisi yang berbeda. Sisi depan yang terang dan sisi belakang yang gelap gulita karena nggak ada sumber cahaya.

3. Terdapat Kolam Air Payau

kolam air payau
instagram.com/throughmywickedlenses

Selain kolam yang langsung terhubung ke laut di dekat pintu masuk bagian terang, kamu juga bisa menemukan kolam lainnya lho!

Ini merupakan salah satu keunikan dari Goa Allo yaitu kamu bisa menemukan kolam mini dengan air payau yang indah. Sayangnya, tempat tersebut terletak di sisi gelap goa sehingga sulit untuk dilihat tanpa bantuan penerangan.

Baca Juga: 5 Hotel di Raja Ampat ini Bikin Kamu Serasa Putri Duyung, Mewah Tiada Tara!

4. Biota Laut yang Unik

biota laut unik
imglogy.com

Selain panorama yang menakjubkan, Goa Allo juga memiliki biota laut yang unik yaitu teripang hitam. Warnanya yang kontras dengan jernih air laut dan pasir putih pasti berhasil mencuri perhatian.

Bahkan, data dari Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) tahun 2000 menunjukkan bahwa Indonesia, khususnya Sulawesi, merupakan penghasil teripang terbesar di dunia lho!

5. Panorama Seperti Raja Ampat dan Phi Phi Island

miniatur raja ampat
instagram.com/wisatasombori

Dianggap sebagai sepetak surga yang jatuh di lautan, keindahan alam di sekitar Goa Allo memang nggak terbantahkan lagi.

Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa kepulauan Sombori di Morowali tersebut merupakan miniatur Raja Ampat milik Sulawesi Tengah yang nggak kalah menawan karena kemiripan gugusan karangnya.

Nggak hanya itu, keindahan alam di sekitar Goa Allo ini juga disebut-sebut menyerupai Phi Phi Island yang ada di Thailand lho!

6. Cara ke Goa Allo

cara ke goa allo
instagram.com/heysaldi

Letak Goa Allo yang berada di Kepulauan Sombori bagian Selatang Teluk Tolo, Kabupaten Morowali membuat Kendari menjadi tempat terdekat untuk mengaksesnya.

Perjalanan dari Pantai Biru Kota Kendari menuju Sombori bisa ditemput selama 4 sampai 6 jam menggunakan kapal, tergantung dari cuaca dan kecepatannya.

Kamu juga bisa melakukan menempuh jalur darat ke Kabupaten Konawe Utara, kemudian dilanjutkan dengan jalur laut selama 2 jam menggunakan speed boat.

Bagaimana Sobat Qupas, berniat untuk menjadikan Goa Allo sebagai salah satu destinasi wisatamu yang selanjutnya nggak?

0 Comment