Qupas Travel

Seribu Batu Songgo Langit, Wisata di Bantul yang Seolah Membawamu ke Negeri Dongeng

19 March 2020, at 02:00
Seribu Batu Songgo Langit, Wisata di Bantul yang Seolah Membawamu ke Negeri Dongeng

Kalau dulu Bantul cuma terkenal dengan Pantai Parangtritis. Beda lagi dengan sekarang. Dimana wisata di Bantul mulai dilirik wisatawan.

Seribu Batu Songgo Langit adalah salah satunya. Berada di kawasan hutan pinus, destinasi ini juga dibentuk sedemikian rupa sehingga tampak lebih kekinian. Untuk lebih jelasnya, intip deh ulasan singkat di bawah ini!

1. Bukan wisata baru di Bantul

Jembatan Jomblo Songgo Langit (Foto: instagram.com/sayyidatunnisa98)
instagram.com/sayyidatunnisa98

Sebenarnya Seribu Batu Songgo Langit bukan tempat wisata baru di Bantul. Justru destinasi ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2016 lalu.

Dulu, di kawasan ini hanya ada gazebo dan jembatan kayu. Namun seiring berjalannya waktu, pengelola makin membenahi Seribu Batu. Banyak spot foto hingga fasilitas lain yang ditambahkan sehingga membuat wisatawan semakin betah.

2. Pernah jadi lokasi syuting film horor

Seribu Batu Songgo Langit (Foto: instagram.com/rizkakhadafi)
instagram.com/rizkakhadafi

Saking cantik dan menariknya pemandangannya, wisata di Jogja ini sampai dijadikan sebagai lokasi syuting salah satu film horor Indonesia yang cukup populer, lho. Sebut saja "Keluarga Tak Kasat Mata" yang tayang sekitar 2017 lalu.

Menurut kabar, spot 'rumah kurcaci' adalah lokasi yang dijadikan sebagai area syuting. Seperti ketahui, kawasan ini memang menarik. Dimaan terdapat tujuh buah bangunan dari kayu yang ditata secara mengerucut.

Jangankan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film. Spot ini juga populer di kalangan traveler yang berburu foto.

3. Wisata yang instagenik di Bantul

Songgo Langit Seribu Batu (Foto: instagram.com/evitiosimarmata_207)
instagram.com/evitiosimarmata_207

Nama Seribu Batu Songgo Langit bukan asal disematkan. Disebut demikian karena di sekitar destinasi ini terdapat banyak batu. Sedangkan kata 'songgo langit' yang berarti penyangga langit disematkan karena di area ini terdapat bukit yang seakan akan merupakan tiang dari langit.

Berada di sini, kamu bisa menemukan banyak spot foto instagenik. Seperti rumah kurcaci yang sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film, rumah hobbit, gardu pandang, Bukit Songgo Langit, hingga 'jembatan jomblo'.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Indonesia yang Konon Bikin Hubunganmu dan Doi Makin Langgeng

4. Uji adrenalin di Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Wisata Alam Seribu Batu Songgo Langit (Foto: instagram.com/nieta_aisya)
instagram.com/nieta_aisya

Belum puas dengan sejumlah spot foto yang tersedia? Tenang saja karena di tempat wisata Bantul masih tersedia wahana yang cukup menguji adrenalin, yaitu flying fox.

Nggak jauh dari pintu masuk wisata, kamu akan menemukan arena flying fox yang dikhususkan untuk anak-anak saja. Tarifnya sekitar Rp20 ribu saja untuk sekali coba.

5. Lokasi dan tiket masuk Seribu Batu Songgo Langit

Rumah Hobbit Jogja (Foto: instagram.com/dian.aaaeyy)
instagram.com/dian.aaaeyy

Lokasi rumah hobbit Jogja ini ada di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Untuk bisa sampai ke lokasi, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke Imogiri. Nggak sulit untuk menemukannya. Apalagi sudah tersedia papan petunjuk yang akan mengarahkanmu ke Rumah Batu Songgo Langit.

Sementara untuk tiket masuk wisata alam Seribu Batu Songgo Langit cuma sekitar Rp3 ribu sampai Rp15 ribu. Info ini pun masih bisa berubah sewaktu-waktu dan tergantung kebijakan pengelola.

Well, Seribu Batu Songgo Langit memang memesona. Terlebih dengan adanya perpaduan alam dan sejumlah spot-spot foto di wisata Bantul ini, pasti bikin siapa saja jatuh cinta. Tapi sabar dulu ya, kamu bisa liburan ke Rumah Batu setelah wabah corona mulai mereda.