Sering Bingung Memilih Oleh-oleh Saat Traveling? Lakukan 5 Langkah Mudah Ini

03 July 2019, at 17:00
1
0
Sering Bingung Memilih Oleh-oleh Saat Traveling? Lakukan 5 Langkah Mudah Ini

Membeli oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga dan sahabat saat melakukan traveling ke suatu tempat memang merupakan hal yang wajar dilakukan.

Meskipun demikian, nggak sedikit orang yang selalu merasa bingung saat memilih oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang.

Pasalnya, memilih buah tangan memang nggak selalu mudah. Oleh-oleh yang dibeli biasanya harus merupakan ciri khas dari tempat traveling tersebut.

Baca Juga: 4 Jenis Oleh-Oleh dari Bali yang Nggak Ada Duanya

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih oleh-oleh seperti berikut ini.

1. Siapkan Dana

siapkan dana
pexels.com/@alexandermils

Hal pertama yang paling penting dan harus kamu persiapkan adalah dana khusus untuk membeli oleh-oleh. Jangan lupa untuk menghitung berapa orang yang akan mendapatkan buah tangan tersebut.

Sebaiknya, sesuaikan harga oleh-oleh dengan dana yang telah kamu siapkan. Kalau memang banyak yang harus diberi, maka nggak masalah apabila kamu memilih oleh-oleh yang kecil dan biasa saja.

sesuaikan dana
123rf.com

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan jenis oleh-oleh. Usahakan untuk memilih yang mudah diterima oleh semua orang seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, tas kecil, dan lain sebagainya.

Akan tetapi kalau memang hanya beberapa orang saja yang akan mendapatkan buah tangan tersebut, kamu bisa membeli oleh-oleh yang agak mahal dan spesifik menurut karakter atau kesukaan mereka.

2. Tanggal Kadaluwarsa

perhatikan tanggal kadaluarsa
pexels.com/@rawpixel

Apabila tempat wisata yang kamu kunjungi memiliki makanan tertentu sebagai ciri khasnya, nggak ada salahnya kok jika kamu memilih makanan tersebut sebagai oleh-oleh.

Akan tetapi, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah tanggal kadaluwarsanya. Pastikan kamu telah memeriksa semua kemasan dan memilih yang tanggal kadaluwarsanya masih lama.

Jika makanan tersebut nggak menggunakan pengawet, pilih lah yang masih hangat atau baru dibuat. Jangan lupa juga untuk bertanya kepada penjualnya terkait ketahanan makanan tersebut apabila dijadikan sebagai oleh-oleh.

3. Ukuran atau Berat

ukuran oleh-oleh
economictimes.indiatimes.com

Selain dana, kamu juga perlu mempertimbangkan ukuran dan berat barang yang ingin kamu jadikan oleh-oleh. Apalagi jika kamu melakukan traveling dengan menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta, atau pesawat.

Tentunya kamu sudah bisa membayangkan bagaimana repotnya membawa buah tangan dengan ukuran yang besar atau yang terlalu berat, kan?

berat oleh-oleh
flickr.com

Akan tetapi jika kamu sudah terlanjur membeli oleh-oleh tanpa mempertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu, kamu bisa mencoba mengirimnya melalui pos atau jasa pengiriman serupa.

Cobalah untuk membandingkan dari segi kepraktisan dan keekonomisan, antara membawanya sendiri atau mengirimkannya melalui pos.

Baca Juga: Nggak Harus Mahal, Begini Tips Traveling Hemat yang Bisa Kamu Terapkan

4. Pengemasan

pengemasan
pexels.com/@olly

Pengemasan juga merupakan hal yang nggak kalah penting untuk dipikirkan saat memilih oleh-oleh traveling.

Kamu pasti nggak mau kan buah tangan yang telah kamu beli hancur bahkan sebelum sampai di rumah dan kamu berikan kepada orang-orang tercinta?

pertimbangkan cara membawa oleh-oleh
pexels.com/@rawpixel

Oleh sebab itu, penting untuk memikirkan pengemasan oleh-oleh tersebut, terutama saat kamu naik transportasi umum.

Belilah kardus pembungkus atau semacamnya yang kamu gunakan khusus untuk membawa oleh-oleh agar nggak tercecer dan rusak.

5. Pertimbangkan yang Disukai

pertimbangkan yang disukai
rainforestcruises.com

Agar keluarga atau sahabat yang diberi oleh-oleh merasa bahagia, kamu juga perlu mempertimbangkan apa yang mereka sukai.

Jika orang yang ingin kamu belikan buah tangan tersebut menyukai warna tertentu, cobalah untuk memberinya oleh-oleh yang sesuai dengan kesukaannya itu.

usahakan membeli yang disukai
123rf.com

Kalau kamu memilih untuk membeli oleh-oleh berupa makanan, pastikan bahwa buah tangan tersebut disukai oleh banyak orang dan nggak terlalu aneh.

Kamu juga bisa membuat daftar oleh-oleh sebelum melakukan perjalanan wisata agar buah tangan lebih tepat sasaran dan dapat memperhitungkan biaya dengan tepat.

Nah, itu dia Sobat Qupas tips memilih oleh-oleh buat kamu yang hobi traveling tapi selalu bingung saat memilih buat tangan bagi orang yang tersayang.

0 Comment