Sering Cegukan? Kenali 6 Penyebabnya Berikut ini

17 September 2018, at 07:44
0
0
Sering Cegukan? Kenali 6 Penyebabnya Berikut ini

Cegukan adalah reaksi alamiah tubuh yang pasti dialami oleh setiap orang. Umumnya, cegukan dialami oleh bayi dan balita, namun tidak menutup kemungkinan, orang dewasa juga akan mengalaminya.

Ketika cegukan, kita akan merasakan kondisi yang sangat tidak nyaman. Rasanya itu seperti tidak bisa napas, apalagi saat cegukan sudah semakin parah. Selain itu, cegukan juga sering membuat rasa percaya diri menurun, terlebih saat berada pada tempat yang ramai, misalnya di kantor.

penyebab cegukan
ayeey.com

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan, mulai dari cara tradisional sampai menggunakan obat-obatan. Namun, daripada harus mengobati, alangkah baiknya untuk mencegah agar cegukan tidak datang, bukan?

Salah satu cara mencegahnya adalah mengetahui apa saja penyebab dari cegukan itu sendiri. Nah, dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab cegukan yang harus kamu ketahui.

Baca Juga : Tenggorokan Gatal Hampir Setiap Hari? Inilah Penyebabnya

1. Makanan Pedas

makan pedas
baca.co.id

Buat kamu yang hobi mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati. Sebab, penyebab cegukan terbesar adalah karena faktor makanan yang rasanya pedas. Hal ini terjadi karena makanan pedas memiliki sensasi panas yang bisa membuat pernapasan terganggu sehingga tanpa sadar akan menilmbukan cegukan. Untuk mengantisipasinya, kamu harus banyak minum air putih setelah mengonsumsi makanan pedas.

2. Konsumsi Alkohol

mabuk
imankristiani.com

Mungkin kamu sudah tahu, alkohol merupakan minuman yang sangat tidak baik bagi kesehatan. Ada segudang zat yang berbahaya bagi tubuh, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Salah satu efek negatifnya adalah membuat kerja syaraf lebih tidak stabil sehingga terjadi kejang ringan pada diafrgma. Alhasil, cegukan pun tidak bisa dihindarkan.

3. Makan Terlalu Cepat

makan cepat
kimiafarmaapotek.co.id

Selanjutnya, cegukan juga bisa disebabkan karena kebiasaan makan yang terlalu cepat atau tergesa-gesa. Seperti diketahui, makan dengan tergesa-gesa tidak hanya membuat lambung rusak, tapi juga membuat pasokan oksigen dalam tubuh semakin berkurang. Akhirnya, muncul peningkatan CO2 yang akan memengaruhi kinerja diafragma.

4. Mengonsumsi Minuman Dingin

air dingin
orami.co.id

Air dingin memang sangat nikmat diminum setelah makan. Sebab, air dingin bisa memberikan sensasi segar pada tenggorokan sampai perut. Namun, perlu kamu ketahui, kebiasaan ini bisa menyebabkan sistem cerna melemah. Ketika sistem cerna melemah, maka kinerja organ lain pun akan semakin buruk, termasuk diafragma sehingga terjadilah cegukan. Lebih baik kamu tidak terlalu sering mengonsumsi air dingin setelah makan.

5. Stres

stres
gulalives.co

Mungkin terdengar cukup aneh, tapi begitulah faktanya. Stres ternyata juga menjadi penyebab dari cegukan. Ketika kamu stres, maka sirkulasi darah dan oksigen akan menjadi kacau. Maka tidak heran, saat seseorang sedang stres, maka pernapasannya menjadi kembang kempis. Jika dibiarkan seperti itu, maka cegukan akan terjadi.

6. Bumbu Masakan

bumbu masak
orami.co.id

Kalau faktor yang satu ini memang tidak sama pada setiap orang. Sebab, ada orang yang alergi dengan bumbu masakan, ada pula yang kebal. Ketika kamu sering cegukan ketika berada di dapur atau memasak, bisa jadi kamu memiliki alergi bumbu masakan. Untuk itu, kenakan masker agar tidak terhirup atau masuk ke dalam tubuh saat bernapas.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab cegukan? Jangan sampai lalai lagi, ya!

0 Comment