Sering Coba Tester Makeup? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Biar Nggak Kena Herpes

09 August 2019, at 11:00
0
0
Sering Coba Tester Makeup? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Biar Nggak Kena Herpes

Demi memastikan tesktur dan warna suatu produk sesuai dengan keinginan, para wanita biasanya akan mencoba tester makeup yang disediakan di counter kosmetik.

Sayangnya, dari hasil penelitian ditemukan bahwa tester makeup jadi salah satu tempat yang penuh dengan bakteri. Umumnya bakteri tersebut berasal dari tangan-tangan kotor para penjajal kosmetik.

Bahkan dalam beberapa kasus, bakteri dalam tester makeup tersebut terbukti jadi penyebab iritasi, alergi, hingga herpes lho. Mengerikan bukan?

Baca juga: Jangan Asal Coba, Ini Bahaya Tester Makeup yang Bisa Mengancam Wajah Cantikmu

Nah, supaya kamu nggak mengalami hal yang sama, simak dulu yuk 5 tips aman ketika mencoba tester makeup berikut ini!

1. Memeriksa tanggal kadaluarsa

mengamati tanggal kadaluarsa tester makeup
instagram.com/3ce_official

Meski tester makeup hanya akan kamu coba sekali, tapi tetaplah berhati-hati dan memeriksa tanggal kadaluarsanya dulu. Produk yang sudah termakan usia tentu saja nggak layak 'disentuh' lagi.

Selain tanggal kadaluarsanya, perhatikan pula kondisinya. Jangan sampai kamu mencoba tester makeup yang kotor ataupun sudah rusak.

2. Minta tester baru

tester makeup
instagram.com/elfcosmetics

Lalu bagaimana kalau produk yang tersedia sudah dalam keadaan nggak layak? Tentu saja kamu boleh meminta tester makeup yang baru.

Karena pada dasarnya tester makeup juga harus diganti secara berkala. Dan toko kosmetik yang baik pasti mau memenuhi hak pembelinya.

Baca juga: Terlalu Sering Memakai Makeup Waterproof Bisa Merusak Wajah, Hoax atau Fakta?

3. Jangan coba tester di wajah

tips aman mencoba tester makeup
lovelace.net

Jangan pernah mencoba tester makeup apapun langsung di wajah. Untuk produk base makeup seperti foundation misalnya, kamu bisa mengaplikasikannya sedikit pada leher bila ingin mengetahui tekstur serta warnanya.

Sedangkan untuk lipstik, blush, dan eyeshadow, kamu bisa swatch sedikit pada bagian punggung tangan lalu sejajarkan di samping wajah untuk memastikan warnanya cocok dengan tone kulitmu.

4. Membersihkan aplikator

memakai mascara
instagram.com/etudehouseofficial

Tips mencoba tester makeup yang aman selanjutnya adalah, bersihkan dulu aplikator, mulut botol, atau ujung dari lipstik menggunakan tisu. Begitu pula setelah selesai mencobanya.

Segeralah membersihkan produk yang menempel di leher atau punggung tangan dengan makeup remover atau tisu basah untuk mencegah risiko alergi ataupun penyebaran penyakit berbahaya.

5. Hindari produk bertekstur lembab

mencoba tester makeup
instagram.com/banilaco_official

Semua tester makeup memang berisiko mengancam kecantikan wajah. Tapi ada baiknya kamu benar-benar menghindari produk yang bertekstur lembab.

Seperti beragam produk untuk bibir dan base makeup. Tester eyeshadow atau blush bisa dibilang lebih aman buat dicoba, tapi kamu tetap harus ekstra hati-hati.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu kamu ingat sebelum mencoba tester makeup. Karena risiko yang ditimbulkan nggak cuma mengancam kecantikan wajahmu, tapi kesehatanmu juga.

0 Comment